Tips Mendapatkan Uang Tambahan Sebagai Ibu Rumah Tangga

Setiap wanita memiliki kesempatan untuk bisa mencari uang tambahan jika memiliki niat dan semangat. Jadilah seorang supermom yang bisa melakukan segala hal yang berguna.

56,644 views   |   77 shares
  • Seorang ibu rumah tangga pada umumnya identik dengan perannya sebagai seorang istri yang bertugas untuk merawat anak, membersihkan rumah, atau menyiapkan makanan untuk anggota keluarganya. Banyak yang berpendapat bahwa tugas seorang ibu adalah tugas yang mulia. Ibu berkorban menghabiskan seluruh waktu dalam sehari-harinya untuk melakukan hal yang sama setiap harinya tanpa mendapatkan imbalan apa pun.

  • Banyak ibu yang sebelumnya memiliki pekerjaan harus berhenti untuk mengurus keluarga mereka. Banyak ibu yang memiliki tingkat pendidikan tinggi dan tidak mempergunkan ilmunya karena tidak dapat bekerja. Dan banyak ibu yang harus rela mengubur impiannya karena harus menjadi ibu rumah tangga.

  • Namun sekarang para ibu, zaman telah berubah. Banyak hal yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa perlu bekerja di kantor. Banyak hal yang bisa Anda kerjakan tanpa perlu meninggalkan keluarga Anda dan Anda tetap mengurus keluarga. Berikut adalah tips mendapatkan uang tambahan bagi Anda para ibu rumah tangga:

  • 1. Kenali bakat Anda

  • Tentu saja setiap manusia memiliki bakat yang berbeda-beda. Kenali bakat Anda terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk berbisnis atau bekerja. Cari tahu apa yang bisa Anda kerjakan di rumah. Misalnya jika Anda menguasai bahasa asing Anda bisa menjadi seorang penerjemah, atau jika Anda suka memasak Anda bisa berbisnis catering di rumah, atau jika Anda memiliki bakat menulis mungkin Anda bisa menjadi seorang penulis buku atau artikel atau jika Anda bisa membuat kerajinan tangan seperti membuat tas, sepatu, kalung, anting atau sejenisnya mungkin Anda bisa berbisnis itu, dan masih banyak lagi yang dapat Anda lakukan sesuai kelebihan atau bakat Anda di bidang tertentu. Ketika Anda telah mengetahui apa bakat Anda cobalah untuk fokus dan mulai merencanakan usaha Anda ke depan.

  • 2. Membuat rencana usaha

  • Ketika Anda telah mengetahui bakat Anda, buatlah sebuah rencana. Biasanya rencana sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin membuat usaha dibandingan mereka yang ingin bekerja sampingan di rumah. Misalnya: ketika Anda ingin membuat usaha di rumah anda perlu mengetahui apa saja perlengkapan yang Anda butuhkan, berapa modal yang Anda butuhkan, dan bagaimana cara memasarkannya dan terakhir berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Hal-hal ini harus dituangkan dalam sebuah proposal perencanaan, karena dengan begitu Anda pasti akan lebih tahu langkah-langkah apa yang dapat Anda lakukan ke depannya.

  • Jika Anda tidak ingin usaha namun Anda ingin bekerja sampingan di rumah, Anda tetap perlu membuat rencana. Misalnya Anda ingin bekerja sebagai apa, di mana dan Anda dapat mencari pekerjaan. Anda perlu membuat sebuah rencana atau daftar untuk mengetahui langkah-langkah apa yang dapat Anda lakukan ke depan, sehingga Anda memiliki arah yang tepat.

  • Advertisement
  • 3. Manfaatkan teknologi yang ada

  • Saat ini semua kemudahan telah ditawarkan oleh media sosial. Anda bisa membeli apa saja langsung dari telepon genggam Anda tanpa perlu mengeluarkan tenaga untuk pergi ke toko untuk membeli barang yang Anda inginkan. Anda juga dapat melakukan hal yang sama jika Anda ingin membuat usaha, gunakan media sosial misalnya facebook, twitter, instagram untuk mempromosikan usaha Anda, Anda dapat berbisnis online dengan melakukan segala transaksinya melalui laptop atau telepon genggam Anda, dan sewa jasa pengiriman online untuk mengantarkan jualan Anda ke konsumen. Tidak hanya keuntungan yang akan Anda dapatkan namun Anda juga dapat menghemat tenaga dan biaya.

  • Jika Anda ingin bekerja freelance, carilah lowongan pekerjaan yang bisa memungkinkan Anda untuk kerja di rumah dengan segala fasilitas teknologi yang dapat membantu Anda. Sekarang banyak perusahan yang membuka lowongan pekerjaan freelance di internet. Pekerjaan freelance ini dapat Anda lakukan di rumah, kemudian mengirimnya lewat email atau aplikasi yang telah disediakan perusahaan. Kemajuan teknologi ini sangat membantu kita untuk melakukan banyak hal secara lebih ringkas. Manfaatkanlah teknologi yang ada untuk Anda memulai pekerjaan atau usaha Anda di rumah. Kemudahan ini akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda, tidak hanya material yang akan Anda dapatkan, namun Anda tetap bisa selalu dekat dan mengurus keluarga Anda.

  • Setiap wanita memiliki kesempatan untuk bisa mencari uang tambahan jika memiliki niat dan semangat. Jadilah seorang supermom yang bisa melakukan segala hal yang berguna.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Tips Mendapatkan Uang Tambahan Sebagai Ibu Rumah Tangga

Setiap wanita memiliki kesempatan untuk bisa mencari uang tambahan jika memiliki niat dan semangat. Jadilah seorang supermom yang bisa melakukan segala hal yang berguna.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr