Cinta di Hari Tua

Apakah cinta hanya milik orang muda? Orang yang sudah tua tidak berhak jatuh cinta lagi?

3,973 views   |   9 shares
  • Apakah cinta hanya milik orang muda? Orang yang sudah tua tidak berhak jatuh cinta lagi? Di negeri Timur pandangan orang berbeda dengan di negeri Barat. Belum lama ini nenek atasan saya meninggal dunia. Dia menyebutkan bahwa pacar neneknya sangat kehilangan. Saya berpikir "Wah, dalam usia 70 tahun dia masih mempunyai pacar." Hal ini bukan sesuatu yang aneh di Amerika namun terdengar janggal di benak Asia saya. Masihkah cinta singgah di hari tua dan pantaskah itu?

  • Dalam film barunya, And So It Goes, Michael Douglas berperan sebagai makelar yang ingin menjual rumahnya sendiri. Istrinya meninggal sesudah dia merawatnya selama dua tahun dengan telaten. Anak lelakinya yang selama ini kurang dekat dengannya tiba-tiba harus masuk penjara karena kesalahan majikannya. Michael diminta mengurus cucu perempuannya berusia 10 tahun yang belum pernah dilihatnya. Semula dia bersikeras untuk tidak menggubrisnya sehingga tetangganya, Diane Keaton, yang juga sudah berusia lanjut, terpaksa menampung si cucu. Michael yang merasa terbeban menyewa seorang detektif untuk mencari ibu anak itu. Sesudah menemukannya dia langsung membawa anak itu ke rumah ibunya. Ternyata ibu anak itu masih terpengaruh obat-obatan terlarang sehingga Michael membatalkan niatnya dan membawa kembali anak itu ke rumahnya.

  • Ketika mengetahui bahwa anaknya sebetulnya tidak bersalah, Michael menyewa seorang pengacara untuk membebaskannya. Sementara itu hubungannya dengan cucunya dan Diane bertambah akrab, tanpa disadarinya cinta menyelusup di hatinya yang sudah tertutup rapat sejak kematian istrinya. Diane sendiri yang profesinya sebagai penyanyi di restoran setiap kali teringat suaminya yang sudah meninggal, menangis di tengah-tengah lagunya. Michael memberinya nasihat agar jangan mengingat orang mati ketika menyanyi. Dia bahkan menjadi agen Diane dan menemukan pekerjaan menyanyi dengan bayaran yang lebih tinggi baginya. Film ini berakhir dengan kebahagiaan bagi semua orang. Sebelum menyanyi Diane bercerita tentang cinta pertamanya, katanya dia menyangka tidak akan memiliki perasaan bagi orang lain, tetapi "Hidup ini kadang-kadang lebih panjang dari cinta, aku tidak menyangka akan jatuh cinta lagi." Michael juga menyadari bahwa dia tidak dapat hidup tanpa Diane karena itu membatalkan niatnya untuk pindah ke negara bagian lain.

  • Dalam kehidupan nyata cinta di usia senja tidaklah selalu mulus seperti dalam film ini. Kadang-kadang keluarga tidak setuju antara lain karena kuatir warisan akan jatuh ke tangan orang lain jika ayah/ibu menikah lagi. Kebanyakan dari mereka akan menulis lebih dulu surat warisan yang menyatakan bahwa si istri/suami baru tidak akan memperoleh pembagian harta bila mereka bercerai atau jika si pemilik harta meninggal terlebih dulu. Saya mengenal pasangan suami istri yang usianya berbeda jauh. Si istri dari Asia baru berumur 50-an, si suami warga AS dan sudah berumur 90. Si suami mempunyai harta cukup banyak walau tidak sampai jutaan dolar. Ketika suaminya meninggal si istri mendapat setengah dari rumah mereka. Karena itu akhirnya rumah itu dijual dan setengah dari nilainya diberikan kepada si istri yang kini sudah menjadi janda itu. Tidak jarang yang menjadi kekuatiran keluarga ialah perilaku pasangan hidup yang baru. Orang yang sudah tua mempunyai kelemahannya sendiri, entah sudah pikun, entah sudah paranoid, atau gampang tersinggung. Kadang sulit buat menyesuaikan diri dengan orang yang belum lama dikenalnya.

  • Advertisement
  • Tidak ada salahnya jatuh cinta di usia senja asalkan semua berjalan dengan wajar dan baik. Maksudnya jangan sampai ada pihak ketiga yang merasa dirugikan. Mengenai anak cucu yang keberatan, seharusnya mereka menyadari bahwa selain diri mereka ayah/ibu atau kakek/neneknya membutuhkan seseorang yang dapat memahami perasaan kesepiannya. Seseorang yang mengerti apa artinya rasa takut karena ajal sudah mendekat. Seseorang yang dapat berbagi rasa dan mendampinginya setiap saat. Betapa pun besarnya perhatian yang diberikan anak cucunya, mereka mempunyai kesibukannya masing-masing sehingga tidak dapat selalu berada di dekatnya.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Cinta di Hari Tua

Apakah cinta hanya milik orang muda? Orang yang sudah tua tidak berhak jatuh cinta lagi?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr