Disiplin Fatal

Disiplin perlu diterapkan dalam keluarga supaya rumah tangga berjalan tertib tetapi sampai sejauh mana kita harus menjalankannya?

1,416 views   |   shares
  • Seorang wanita dari Alabama, AS, Joyce Garrard, bisa dijatuhi hukuman mati gara-gara memaksa cucunya yang berusia 9 tahun, Savannah, bekerja di pekarangan selama 3 jam sebagai hukuman karena makan coklat dan tidak mengaku ketika ditanya. Savannah yang masih kecil itu meninggal karena dehidrasi. Disiplin perlu diterapkan dalam keluarga supaya rumah tangga berjalan tertib tetapi sampai sejauh mana kita harus menjalankannya?

  • Hukuman badan di AS

  • Hukum negara melarang hukuman badan. Seorang anak boleh melapor kepada polisi jika orang tuanya atau gurunya memukul dia. Teman sekelas putri saya suka tertidur di kelas, mereka sudah duduk di Madison High (setara dengan SLA). Suatu hari gurunya membangunkan anak itu dengan menggoyang-goyangkan mejanya. Guru itu dipecat dari sekolah sesudah ada pengaduan dari anak itu. Beberapa orang tua di AS tetap berpendapat bahwa anak kecil layak dipukul pantatnya bila dia nakal supaya tidak tumbuh menjadi anak yang kurang ajar.

  • Di Indonesia

  • Suami saya ketika kecil senang melihat kembang api, berhubung tidak mempunyai kembang api suatu hari dia naik pohon jambu di depan rumahnya dan membakar kapas-kapas kecil yang dijatuhkannya ke bawah. Melihat itu tetangga sebelah yang takut rumahnya kebakaran mengadu kepada ibu suami saya. Dari bawah pohon si ibu berteriak menyuruhnya turun, lengkap dengan rotan di tangan yang sudah dibasahi dengan air. Biarpun suami saya dengan tenaga anak-anaknya yang gesit berhasil lari menghindar tetapi ibunya yang juara nasional badminton itu lebih bugar lagi dan mengejar dia keliling blok sampai tertangkap. Kadang-kadang rotan yang ditakuti itu dibuang oleh suami saya, tetapi ibunya selalu dapat memperoleh penggantinya karena tetangga mereka pembuat perabot rumah tangga dari rotan! Kata orang Belanda buah apel jatuh tidak jauh dari pohonnya. Putra saya waktu di SD karena cerewet mulutnya ditutup pita perekat untuk pengepak barang oleh gurunya. Seandainya dia seperti saya yang hidungnya sering tersumbat karena alergi, dia tidak akan dapat bernapas. Tetapi dasar anak bandel dia jilat-jilat duct tape itu sehingga copot. Saya sempat protes ke sekolah karena kejadian itu. Akibatnya si bandel tidak naik kelas.

  • Hukuman alternatif

  • Karena dilarang menjatuhkan hukuman badan, sebagian besar orang tua di AS memberi anaknya hukuman alternatif. Bila anaknya tidak patuh, sudah dilarang bertengkar dengan saudaranya tapi masih saja ribut, mereka berdua disuruh masuk kamar sampai akur lagi. Mau tak mau mereka berusaha berbaikan dan bagi anak-anak hal ini tidak sulit. Daripada tidak boleh nonton teve atau main video game, mereka saling mengalah supaya boleh keluar kamar. Teman saya mempunyai anak bungsu yang bila merasa bersalah akan mengambil kursi sendiri dan duduk di sudut ruangan. Bila orang tuanya bertanya mengapa dia berbuat itu, dia akan berkata bahwa dia tidak boleh diajak berbicara karena sedang menjalani hukuman "time-out." Orang tuanya beruntung tidak perlu susah-susah menghukum dia dan mendengar tangisannya karena menolak untuk dihukum. Ada lagi orang tua yang menerapkan hukuman dengan melarang anaknya keluar rumah selama waktu tertentu (tergantung besar kecil kesalahannya) kecuali untuk ke sekolah. Tentu saja selalu ada anak yang bandel yang ketika di "grounded" masih saja keluar dari jendela kamar tidurnya (yang biasanya di tingkat atas) dan mencuri-curi keluar untuk bersenang-senang keluyuran dengan teman-temannya.

  • Advertisement
  • Apa pun hukuman yang Anda berikan kepada anak Anda hendaknya tidak berdasarkan rasa marah kepadanya melainkan keinginan untuk mendidik demi kebaikannya. Dalam kasus di atas si nenek mungkin khilaf karena cucunya tidak jujur dan tidak menyadari bahwa cucunya memiliki kondisi badan yang lemah. Saya yakin dia merasakan penyesalan yang sangat dalam karena cucunya meninggal tetapi nasi sudah menjadi bubur, dia tidak dapat membangunkan cucunya tersayang dari liang kubur.

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Disiplin Fatal

Disiplin perlu diterapkan dalam keluarga supaya rumah tangga berjalan tertib tetapi sampai sejauh mana kita harus menjalankannya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr