Perkenalkan Musik pada Anak Anda Sejak Dini

Musik sangat baik untuk didengarkan pada anak sejak usia dini karena musik memiliki perannya yaitu sebagai hiburan, sebagai sarana mengekspresikan perasaan dan bahkan membantu dalam pembentukan karakter anak

2,735 views   |   0 shares
  • Musik sangat baik untuk didengarkan pada anak sejak usia dini karena musik memiliki perannya yaitu sebagai hiburan, sebagai sarana mengekspresikan perasaan dan bahkan membantu dalam pembentukan karakter anak.

  • Musik membawa banyak pengaruh bagi kepribadian dan kehidupan seseorang. Ketika mendengarkan musik suasana hati akan dibentuk dengan sendirinya. Misalnya ketika seseorang mendengarkan musik yang berirama lembut (slow music), hati atau perasaaannya akan ikut merasakan ketenangan, atau ketika seseorang mendengarkan musik dengan irama cepat, hati atau perasaannya akan ikut bergembira. Banyak jenis musik bermunculan hingga saat ini dan memiliki perannya masing-masing bagi pendengarnya.

  • Tahukah Anda musik sangat baik untuk perkembangan anak?

  • Musik baik untuk didengarkan bagi anak sejak masih di dalam kandungan karena musik dapat merangsang saraf-saraf otak untuk aktif dan berkembang. Otak manusia memiliki reseptor atau sinyal yang dapat diterima dari luar, anak yang masih dalam kandungan pun memiliki reseptor tersebut walaupun otaknya belum berbentuk sempurna. Sehingga ketika anak yang berada dalam kandungan mendengarkan musik anak tersebut memiliki perkembangan yang baik dan respon yang lebih aktif dibandingkan pada anak yang tidak mendengarkan musik sejak dalam kandungan. Tidak hanya itu, tanpa disadari musik pelan-pelan juga melatih insting anak dalam bertindak.

  • Musik melatih emosional anak

  • Anak yang dibiasakan mendengarkan musik sejak kecil akan tumbuh dengan kecerdasaan emosional yang lebih peka dibanding anak yang jarang mendengarkan musik. Misalnya ketika anak sedang menangis karena marah, sang ibu memutarkan musik yang lembut, dengan sendirinya, pelan-pelan anak itu akan merasa tenang. Banyak kasus yang telah membuktikan bahwa musik dapat melatih emosi seorang anak.

  • Musik dapat meningkatkan motorik pada anak

  • Selain melatih emosi pada anak, musik juga dapat meningkatkan fungsi motorik pada anak. Misalnya ketika anak mendengarkan musik lembut biasanya otaknya akan merespon untuk melakukan gerakkan menari seperti ballet atau sekedar menggeleng-gelengkan kepala bahkan seketika dapat tenang. Ketika anak mendengarkan musik yang cepat otaknya akan merespon untuk melakukan tarian yang gembira atau hanya sekedar meloncat-loncat.

  • Musik mengajarkan bahasa pada anak

  • Ketika anak sering mendengarkan lagu, dia akan lebih sering mendengarkan kata-kata sehingga kata-kata yang selalu didengarnya akan tersimpan dalam memorinya. Perdengarkanlah lagu anak-anak yang baik dan menggandung nilai pendidikan untuk anak Anda agar membantu anak Anda mengenal lebih banyak lagi kata-kata baru.

  • Advertisement
  • Musik apa yang baik didengarkan anak Anda?

  • Musik yang baik untuk didengar oleh anak adalah musik klasik. Musik klasik adalah musik barat yang menjadi asal muasal musik yang ada saat ini. Musik klasik adalah perpaduan banyak instrumen musik yang dimainkan bersamaan yang kita kenal sebagai orkestra. Musik klasik merupakan musik yang teratur dari segi tempo dan nada sehingga menciptakan harmoni yang indah.

  • Banyak dokter menyarankan ibu yang sedang mengandung untuk mendegarkan musik klasik. Terkadang bayi dalam kandungan yang mendengarkan musik klasik memberikan respon aktif (bergerak-gerak ketika mendengarkan musik).

  • Musik klasik tak hanya baik didengarkan bagi anak yang masih dalam kandungan tetapi juga baik didengarkan bagi anak usia dini karena musik klasik membantu mencerdaskan dan mengendalikan emosi pada anak.

  • Menurut Grace Sudargo, musisi dan pendidik musik mengatakan: " Dasar-dasar musik klasik secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa , karakter, bahkan raga manusia."

  • Anak yang sering mendengarkan musik klasik dibandingkan anak yang mendengarkan musik yang kurang teratur seperti musik rock atau R&B sangat terlihat beda karakternya. Anak yang mendengarkan musik klasik cenderung lebih tenang sedangkan anak yang mendengarkan musik dengan ritme yang cepat dan tidak teratur cenderung lebih emosional.

  • Jauhkan musik yang kurang tepat untuk didengarkan anak Anda misalnya lagu dewasa, atau lagu beraliran keras seperti Rock dan Metal.

  • Biasakanlah untuk memperdengarkan musik klasik untuk anak Anda sejak dini karena hal ini dapat membantu tumbuh kembang anak Anda ke arah yang lebih postif.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Perkenalkan Musik pada Anak Anda Sejak Dini

Musik sangat baik untuk didengarkan pada anak sejak usia dini karena musik memiliki perannya yaitu sebagai hiburan, sebagai sarana mengekspresikan perasaan dan bahkan membantu dalam pembentukan karakter anak
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr