6 Cara agar Keluarga Anda tidak Mudah Terserang Diare

Dengan selalu membawa cairan antiseptik Anda akan terbebas setidaknya meminimalkan potensi untuk terserang diare.

2,141 views   |   0 shares
  • Menjadi orang tua tidaklah cukup sekadar memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga Anda, hal-hal lain seperti menjaga kebersihan serta kesehatan seluruh anggota keluarga juga harus menjadi perhatian utama Anda. Diare adalah penyakit yang sering menyerang manusia diakibatkan kurangnya kesadaran seseorang untuk menjaga kebersihan, terutama makanan yang akan dikonsumsinya. Di dalam keluarga anak-anak adalah anggota keluarga yang paling rentan untuk terserang diare karena daya tahan tubuh mereka masih lemah dan belum bisa memahami dengan baik tujuan menjaga kebersihan. Oleh karena itu, agar keluarga Anda senantiasa terhindar dari penyakit yang meresahkan ini, maka ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mereka, di antaranya adalah:

  • 1. Mengajarkan untuk selalu menjaga kebesihan

  • Umumnya anak-anak ketika bermain mereka tidak peduli dengan apa yang disentuhnya. Sebagai orang tua adalah tugas Anda untuk mengajarkan kepada mereka supaya selalu menjaga kebersihan tubuh mereka. Mintalah mereka untuk tidak sembarangan menyentuh sesuatu yang kotor atau tidak bermain di tanah/pasir. Namun bila Anda ragu, mintalah mereka untuk mencuci tangannya dengan sabun selama beberapa detik sebelum mengkonsumsi makanan, ini adalah cara tepat yang dianjurkan untuk mengurangi bakteri serta virus yang melekat di tangan mereka.

  • 2. Melarang jajan sembarangan

  • Sebagai orang tua kita tidak pernah tahu makanan apa yang dimakan oleh anak-anak kita ketika mereka berada di luar rumah atau ketika berada di sekolah, kita juga tidak tahu apakah si penjual makanan telah memastikan makanan yang diproduksinya telah aman serta higienis untuk dikonsumsi oleh orang lain. Untuk mengatasinya Anda dapat memberikan informasi yang benar kepada anak-anak Anda tentang bahaya membeli makanan di luar rumah atau Anda juga dapat meminta pasangan Anda untuk mau melakukan hal yang sama sebagai contoh kepada anak-anak Anda, solusinya Anda dapat membawakan mereka bekal dari rumah yang Anda masak sendiri karena itu akan jauh lebih aman untuk dimakan, dengan cara demikian Anda dapat melindungi serta memastikan keluarga Anda akan senantiasa terhindar dari penyakit diare.

  • 3. Mencuci bersih seluruh peralatan makan

  • Setelah digunakan jangan dibiasakan menumpuk peralatan makan dan membiarkannya selama beberapa saat di tempat cucian, segeralah cuci dengan sabun dan air bersih yang mengalir kemudian keringkan. Jangan menggunakan air yang sama untuk mencuci seluruh peralatan makan sehingga bakteri dan kuman tidak memiliki kesempatan untuk berkembang biak.

  • Advertisement
  • 4. Mengepel lantai

  • Anak-anak kecil paling suka bermain di lantai, meskipun lantai rumah Anda telihat bersih namun bila hanya disapu saja cara itu tidak akan membunuh bakteri dan kuman-kuman jahat penyebab diare. Mengepel lantai secara rutin dengan cairan atiseptik adalah cara yang tepat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah diare menyerang mereka.

  • 5. Membawa selalu cairan antiseptik

  • Ketika bepergian bersama keluarga atau mengendarai angkutan umum bersama anak Anda jangan lupa untuk membawa selalu cairan antiseptik yang banyak di jual di toko-toko, karena ketika berada di tempat umum tangan kita tidak bisa tidak bersentuhan dengan tempat-tempat yang memungkinkan bakteri penyebab diare berkembang dengan baik. Dengan selalu membawa cairan antiseptik Anda akan terbebas setidaknya meminimalkan potensi untuk terserang diare.

  • 6. Menghindari air yang tercemar untuk memasak dan MCK

  • Khususnya di perkampungan yang padat penduduknya dengan tidak tersedianya fasilitas air bersih umumnya masyarakat menggali tanah untuk membuat sumur. Sumur-sumur yang dibuat di perumahan padat penduduk umumnya tidak jauh bahkan berdekatan satu sama lain dengan tempat pembuangan tinja atau septic tank.Hal inilah yang dapat menyebabkan air sumur menjadi tercemar dan menjadi tempat favorit bagi bakteri dan kuman-kuman penyebab diare untuk berkembang biak. Sebisa mungkin hindari untuk mengkonsumsi air tersebut meskipun Anda telah memasaknya. Bila Anda tinggal di daerah yang tandus dan minim tersedia air bersih sedapat mungkin gunakan air galonan yang terpercaya untuk kebutuhan memasak Anda, larang anak-anak Anda untuk mandi di aliran sungai yang tercemar yang sekaligus dijadikan tempat untuk memandikan hewan ternak, mencuci pakaian dan kakus.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

6 Cara agar Keluarga Anda tidak Mudah Terserang Diare

Dengan selalu membawa cairan antiseptik Anda akan terbebas setidaknya meminimalkan potensi untuk terserang diare.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr