Wanita Hilang Ditemukan Melalui Facebook

Ternyata dengan makin populernya Facebook ditemukan cara lain untuk mencari orang yang hilang.

2,524 views   |   2 shares
  • Di AS foto anak-anak yang hilang dipasang di toko-toko besar seperti Walmart dengan harapan banyak orang akan melihatnya dan memberi informasi yang dapat membantu ditemukannya anak-anak itu. Ternyata dengan makin populernya Facebook ditemukan cara lain untuk mencari orang yang hilang. Media sosial yang beranggotakan ratusan juta orang di seluruh dunia itu tidak saja menjadi ajang pergaulan tetapi juga memiliki sisi-sisi lain yang bermanfaat.

  • Wanita hilang

  • Cynthia Adams, seorang wanita berusia 52 tahun dari Boise, Idaho, AS meninggalkan rumahnya untuk pergi ke dokter. Menurut suaminya dia sehat-sehat saja, hanya perlu melakukan check-up rutin. Tetapi dia tidak pulang ke rumah sampai keesokan harinya, suaminya melapor ke polisi. Hari berikutnya dia belum juga kembali sehingga suaminya makin gelisah. "Dia tidak mungkin kabur dari rumah," kata suaminya, "kami tidak pernah bertengkar."

  • Orang yang ditemuinya

  • Sementara itu seorang wanita lain, Elizabeth Singleton, yang tinggal di Mississippi dekat perbatasan negara bagian Alabama, terkejut melihat Cynthia tiba-tiba muncul di rumahnya. Sejak kecil mereka memang saling mengenal namun sudah puluhan tahun dia tidak pernah melihat Cynthia. Yang terakhir ini menanyakan rumah ayahnya yang dulu berdiri di dekat gereja, ayahnya memang pendeta di gereja itu. Dia ingat keluarganya dan orang-orang yang dikenalnya puluhan tahun yang lalu, tetapi dia tidak ingat siapa keluarganya sekarang.

  • Peran Facebook

  • Elizabeth mencari nama Cynthia di Facebook dan mengetahui bahwa keluarganya di Boise sedang mencari-cari dia. Elizabeth meminta bantuan yang berwenang untuk menghubungi keluarga Cynthia di Boise. Ketika sherif bertanya kepada Cynthia tentang jati dirinya dia tidak dapat menjawab, tetapi dia ingat kejadian-kejadian di masa silam. Dia juga tidak ingat bagaimana dia sampai di Mississippi. Suaminya yang berusaha melacaknya menemukan bahwa dia mengambil uang tiga kali dari kartu debitnya dalam perjalanannya yang menempuh ribuan kilometer itu.

  • Komentar orang

  • Banyak orang yang berkomentar tentang kejadian aneh ini. Ada yang mengatakan bahwa penyakit Alzheimer, yang membuat ingatan orang terhapus, bisa muncul di usia setengah baya, tidak selalu terjadi pada orang-orang yang sudah lanjut usia saja. Ada yang mengatakan bahwa Cynthia kemungkinan mengalami stroke, pecahnya pembuluh darah di otak yang bisa mempengaruhi daya ingat. Ada pula yang memperkirakan bahwa Cynthia secara psikologi berusaha mencari kembali masa mudanya yang bahagia untuk menanggulangi depresi yang dialaminya. Apa pun yang terjadi padanya dan alasan medis yang berusaha menjelaskan semua itu, Cynthia masih mampu membawa dirinya dengan selamat menyeberangi benua Amerika dari sisi Barat ke sisi Timur. Selama berhari-hari dia mengemudikan mobil sendiri melewati lalu lintas yang sibuk di jalur bebas hambatan.

  • Advertisement
  • Manfaat media sosial

  • Di sini digambarkan salah satu manfaat Facebook, selain keburukan pengaruhnya yang sudah diketahui umum. Jika Elizabeth Singleton tidak pernah memakai Facebook, dia mungkin tidak akan berpikir mencari nama Cynthia di situ. Paling-paling dia akan menelepon polisi yang mungkin akan kebingungan mencari asal usul wanita dari Boise itu. Mereka harus mengontak aparat di Boise dan mencaritahu tentang Cynthia. Facebook merupakan jalan pintas yang memudahkan semua prosedur ini. Saya sendiri mencari teman-teman lama saya melalui Facebook. Rasanya senang dapat berhubungan kembali sesudah sekian tahun tidak pernah berbicara. Seandainya tidak ada Facebook pasti rasanya janggal tiba-tiba menelepon seseorang yang sudah puluhan tahun tidak bertemu, itu pun kalau punya nomor teleponnya.

  • Kecanggihan teknologi di abad modern ini dapat dianggap sebagai rahmat dan karunia Allah yang memudahkan kehidupan dan menyatukan umat manusia secara global, namun dapat pula disalahgunakan oleh sementara orang untuk kepentingan diri sendiri. Jangan menyalahkan ajangnya, yang perlu disalahkan adalah pribadi masing-masing. Seperti banyak media sosial lain, Facebook dapat bermanfaat, dapat pula berpengaruh buruk.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Wanita Hilang Ditemukan Melalui Facebook

Ternyata dengan makin populernya Facebook ditemukan cara lain untuk mencari orang yang hilang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr