Melatih Diri Makan Makanan Sehat

Apa pun makanan yang lezat bagi Anda, Anda dapat membuatnya menjadi sehat dan melatih diri Anda untuk menyukai makanan sehat.

2,732 views   |   0 shares
  • Sudah menjadi kecenderungan manusia untuk makan makanan enak, sesuatu yang terasa lezat di lidah kita akan membuat nyaman perasaan kita. Walaupun yang disebut makanan enak itu relatif, tergantung dari mana asal kita. Orang Indonesia umumnya menyukai makanan pedas yang bagi orang Barat mungkin membuat sakit perut. Bahkan lain propinsi lain selera, orang Jawa menyukai masakan yang agak manis, orang Sunda menyukai masakan yang asin, orang Padang menyukai bumbu yang pedas, dan seterusnya. Apa pun makanan yang lezat bagi Anda, Anda dapat membuatnya menjadi sehat dan melatih diri Anda untuk menyukai makanan sehat.

  • Apa makanan sehat itu?

  • Bila kita berpikir tentang makanan sehat, yang nomor satu muncul di benak kita adalah sayuran. Sayur-mayur memang menjadi sumber vitamin bagi tubuh kita, tetapi selain itu untuk menjadi sehat kita juga membutuhkan banyak hal lain seperti karbohidrat untuk menguatkan badan, protein untuk membentuk daya ingat, insulin dan banyak lagi. Keseimbangan dari semua inilah yang menjadikan makanan kita sehat. Kita tidak boleh makan sayuran melulu, seperti yang dilakukan para super model, tetapi kita juga tidak boleh makan daging melulu. Karena itulah kita dianjurkan mengatur menu kita menjadi empat sehat lima sempurna.

  • Bagaimana membuat makanan sehat?

  • Anda atau anak Anda boleh jadi menggemari ramen atau mi instan. Kita banyak mendengar tentang keburukan makanan ini. Konon telah ditemukan melalui eksperimen yang dilakukan terhadap tikus-tikus yang diberi makan ramen saja. Hewan-hewan ini rontok bulunya, kukunya dan mengalami banyak masalah kesehatan. Korea Selatan adalah negara yang paling banyak mengkomsumsi ramen, sebanyak lebih dari 3 milyar pak ramen dimakan penduduknya dalam satu tahun. Menurut penyelidikan mereka wanita yang makan ramen seminggu dua kali akan mengalami metabolyc syndrome walaupun sering berolah raga dibanding wanita yang jarang atau tidak pernah makan ramen. Metabolyc syndrome mengakibatkan gangguan kesehatan antara lain seperti sakit jantung, stroke, diabetes. Membaca ini apakah Anda akan memutuskan berhenti makan ramen sama sekali? Sebetulnya yang membuat ramen kurang sehat adalah kandungan sodium dan lemah jenuhnya yang tinggi. Biasakanlah untuk menyajikan ramen dengan mengurangi bumbunya dan menambahkan sayuran serta telur sehingga anak Anda sejak kecil suka sayuran.

  • Peran buah-buahan

  • Buah-buahan memegang peranan penting dalam melengkapi makanan sehat dan Indonesia adalah negeri tropis yang terkenal memiliki begitu banyak ragam buah. Bila di AS kita melihat hanya ada dua macam mangga dan empat macam pisang, di Indonesia kita mengenal lebih dari sepuluh macam mangga dan pisang. Menurut para pakar buah-buahan seperti anggur, strawberry, raspberry dan sejenisnya dapat membantu melawan unsur radikal yang membunuh sel-sel tubuh. Karena itu usahakan untuk selalu menyediakan buah-buahan di kulkas.

  • Advertisement
  • Makanan kecil

  • Anak-anak, dan juga orang dewasa, paling gemar makan cip kentang. Kebiasaan ini menambah timbunan lemak di tubuh yang berarti bukan kebiasaan baik. Konon berondong jagung alias pop corn lebih sehat karena tidak mengandung karbohidrat sebanyak cip kentang sehingga cocok untuk para penderita diabetes juga asalkan tidak diberi garam atau mentega banyak-banyak. Kita boleh makan cip kentang sesekali sebagai pengganti krupuk sehingga kita tidak cenderung makan terlalu banyak seperti kalau kita sedang menonton teve misalnya.

  • Makanan cepat layan

  • Sesekali tidak ada salahnya makan ke restoran cepat layan asalkan kita memilih menu yang sehat. Di AS di mana banyak orang yang beratnya sangat berlebihan, dan menganggap restoran cepat layan sebagai biang keladinya, sekarang hampir semua restoran itu mencantumkan kalori pada menunya. Dengan demikian orang-orang yang makan di situ dapat menjaga berapa banyak kalori yang masuk ke tubuhnya. Disediakan juga pilihan menu yang lebih sehat dengan menyertakan sayuran pada sandwich dan jus buah. Orang-orang yang biasanya menyantap ayam goreng dapat memilih ayam panggang sebagai gantinya.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Melatih Diri Makan Makanan Sehat

Apa pun makanan yang lezat bagi Anda, Anda dapat membuatnya menjadi sehat dan melatih diri Anda untuk menyukai makanan sehat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr