Tips Menenangkan Anggota Keluarga yang Sedang Marah

Dalam keluarga, kesalahpahaman sering kali terjadi antara anggota keluarga yang mengakibatkan emosi. Ketika salah satu anggota keluarga Anda menjadi marah tak terkendali upayakanlah untuk menenangkannya.

15,665 views   |   12 shares
  • Dalam keluarga, kesalahpahaman sering kali terjadi antara anggota keluarga yang mengakibatkan emosi sehingga menimbulkan amarah, adu bicara, bahkan pemberontakan karena saling menyalahkan. Jika seorang anggota keluarga emosi, mereka terkadang sulit mengkontrol kata-kata yang diucapkannya bahkan tindakannya. Akibat dari emosi ini sering kali membuat anggota keluarga lain sakit hati atau kecewa dan berujung pada kesalahpahaman. Berikut adalah cara menenangkan anggota keluarga yang sedang emosi dalam keluarga:

  • Ucapkan kata maaf walaupun Anda tidak merasa bersalah

  • Seseorang ketika marah cenderung malu untuk mengalah dan mengucapkan kata maaf saat emosinya sedang pada tingkat tinggi. Padahal kata maaf ini penting diucapkan untuk meredahkan emosi seseorang yang sedang marah. Karena orang yang sedang marah selalu merasa diri mereka benar. Jadi ketika salah satu anggota keluarga marah jangan pernah gengsi untuk bilang maaf dengan kata-kata kasih yang bisa membuatnya tenang, misalnya, ketika seorang anak marah dan memberontak kepada ibunya, sang ibu meminta maaf kepada anaknya dengan berkata "maafkan ibu ya, anakku yang cantik, baik hati dan penyabar" dengan suara lembut sambil tersenyum. Ketika orang yang sedang emosi melihat respon kita yang malah tersenyum dan mengucapkan kata maaf biasanya dia akan luluh dan sadar.

  • Siapkan di rumah Anda tempat menenangkan diri atau tempat hukuman

  • Saya dan suami saya pernah pergi ke sebuah seminar keluarga, dalam seminar itu kami mendapatkan masukan untuk membuat sebuah tempat untuk menenangkan diri dalam rumah kami. Tujuannya ketika ada anggota keluarga yang sedang emosi dapat menenangkan pikirannya sebelum emosinya semakin memuncak. Dan kami sepakat untuk menjadikan salah satu sudut rumah kami sebagai tempat menenangkan diri atau kami sebut tempat hukuman, karena peraturannya ketika kita berada di tempat itu kita harus diam dan hanya boleh beranjak dari tempat hukuman jika kita sudah tenang. Ini sangat membantu kami karena ketika kami sudah sangat emosi dan tidak bisa bicara dengan baik, kami akan bilang "time out" dan kami akan ke tempat hukuman dan duduk diam sambil sesekali mengatur nafas hingga tenang dan ketika kami tidak lagi emosi dengan sendirinya kami akan saling meminta maaf dan saling mengklarifikasi kesalahan masing-masing.

  • Jadilah pendengar yang baik

  • Anak-anak remaja sering kali gampang menjadi sensitif dan ingin lebih dimengerti. Orang tua pun yang sibuk dengan pekerjaan baik pekerjaan rumah maupun kantor juga mengalami hal yang sama. Saat seseorang menjadi emosional, marah atau bahkan menangis jangan mengatakan hal-hal yang menjatuhkannya misalnya: "Ah, Kamu gampang menyerah," "Kamu lemah", "Cuma segitu kemampuan kamu?" atau "Itukan hanya hal kecil". Cobalah untuk diam dan membiarkan dia meluapkan semua emosinya. Buatlah dia merasa bahwa Anda juga ikut merasakan kesedihannya. Itu akan membantu menenangkan orang yang sedang emosi.

  • Advertisement
  • Ubahlah keadaan menjadi menyenangkan

  • Terkadang dalam suasana yang menegangkan karena salah satu anggota keluarga baik ayah atau ibu atau anak sedang emosi keadaan dalam keluarga bisa berubah menjadi tidak biasa, ada kecanggungan karena adanya emosi, sehingga anggota yang lain biasanya akan diam karena takut untuk berbicara atau membuat suasana rumah menjadi semakin panas. Jika hal ini terjadi, berusahalah untuk mencairkan keadaan dengan mengubah keadaan itu menjadi menyenangkan. Misalnya seorang ayah salah paham terhadap istrinya sehingga menimbulkan emosi, seorang anak sebaiknya menjadi penenang bagi orang tuanya, dengan cara berkata "Ayah, ibu jadi jelek jika kalian saling menyakiti, tapi jika kalian saling mengasihi kalian terlihat semakin cantik dan tampan seperti waktu muda dulu." sambil tersenyum dan dengan nada yang menenangkan. Atau misalnya seorang anak yang marah terhadap ayahnya karena sang ayah melupakan janji untuk pergi berbermain bola bersama. Sebaiknya Anda mengubah keadaan dengan memberikan anak itu hadiah atau mengajaknya ke suatu tempat yang lebih menyenangkan dari sekadar bermain bola, dengan sendirinya anak yang sedang emosi itu akan luluh dan menjadi tersenyum karena merasakan perhatian dan kasih sayang Anda.

  • Ketika salah satu anggota keluarga Anda menjadi marah upayakanlah untuk menenangkannya. Jadilah penenang yang baik yang penuh dengan kasih. Mengalahlah demi kebaikan jika memang itu dibutuhkan dan ciptakanlah kedamaian dalam keluarga Anda.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Tips Menenangkan Anggota Keluarga yang Sedang Marah

Dalam keluarga, kesalahpahaman sering kali terjadi antara anggota keluarga yang mengakibatkan emosi. Ketika salah satu anggota keluarga Anda menjadi marah tak terkendali upayakanlah untuk menenangkannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr