Tips Sukses dalam Membangun Karier

Dalam bekerja pastinya Anda tidak ingin selamanya menjadi pegawai biasa. Jangan pernah putus asa dan teruslah berusaha untuk mencapai impian karier yang Anda inginkan, karena setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi sukses.

6,273 views   |   shares
  • Seseorang yang mengawali kariernya dengan bekerja di sebuah perusahaan selalu dimulai dari bawah. Jarang sekali seseorang yang baru bergabung dengan sebuah perusahaan langsung menjadi atasan, kecuali perusahaan itu adalah milik keluarga. Pastinya Anda tidak ingin selamanya menjadi pegawai biasa dalam karier bekerja Anda. Jangan pernah putus asa dan teruslah berusaha untuk mencapai impian karier yang Anda inginkan, karena setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi sukses. Berikut adalah tips menggapai kesuksesan dalam berkarier.

  • 1. Kenali kemampuan Anda

  • Jika Anda ingin memulai berkarier, Anda perlu mengenali terlebih dahulu kemampuan yang Anda miliki. Kemampuan ini bisa didapatkan dari bakat atau dari ilmu yang telah Anda dapatkan saat bersekolah atau kuliah. Cara mengenali kemampuan Anda adalah:

  • Pertama, ketahuilah hal apa yang membuat waktu Anda banyak terpakai, misalnya dalam sehari waktu Anda banyak terpakai untuk 'berbicara' tentang apa saja, mungkin bakat Anda ada kaitannya dengan hal seperti Presenter atau Marketing. Kedua ingatlah bakat alami yang Anda miliki dari kecil, misalnya dari kecil Anda suka menggambar, mungkin Anda bisa menjadi seorang arsitek. Setiap manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ketika Anda menguasai dan menyukai apa yang Anda lakukan di situlah kemampuan Anda berada.

  • 2. Memilih pekerjaan yang sesuai kemampuan Anda

  • Dalam memilih pekerjaan Anda perlu bijaksana. Setelah Anda mengenali kemampuan yang telah Anda miliki sebaiknya Anda memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Janganlah terburu-buru mengambil keputusan agar kelak Anda tidak menyesal. Banyak contoh orang-orang yang salah memilih pekerjaan karena tidak memperhitungkan kemampuan yang dimilikinya sehingga di tengah perjalanan mereka harus berhenti dari pekerjaan mereka dan kembali menata karier mereka lagi dari awal. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda, yang Anda kuasai dan Anda sukai. Dengan begitu Anda akan lebih mudah menggapai kesuksesan dalam karier bekerja Anda.

  • 3. Perlihatkan kemampuan Anda di setiap kesempatan

  • Banyak orang ketika bekerja di suatu perusahaan tidak berkesempatan untuk naik jabatan. Salah satu penyebabnya adalah karena mereka tidak mau berusaha meperlihatkan kemampuan yang mereka miliki, atau mungkin karena mereka malu atau karena mereka malas untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar. Jika Anda ingin sukses dalam berkarir, jangan pernah menjadi seperti itu. Anda perlu bersikap aktif dan produktif walaupun Anda masih karyawan biasa. Sesekali jadilah orang yang show off dalam hal positif yaitu mengupayakan agar orang lain dapat melihat kemampuan Anda dan bergantung pada Anda sehingga Anda juga dapat diperhitungkan dalam pekerjaan Anda.

  • Advertisement
  • 4. Berani menerima tantangan

  • Ketika Anda bekerja pasti tantangan-tantangan akan selalu ada. Jangan pernah bilang tidak ketika Anda diberikan pekerjaan yang lebih besar. Anda harus berani menerima tantangan karena ketika Anda dapat menyelesaikan tantangannya, Anda berhasil meningkatkan dan memperlihatkan kemampuan Anda.

  • 5. Jangan mudah menyerah

  • Dalam dunia kerja pasti selalu ada kendala-kendala yang kadang membuat Anda putus asa. Ada banyak penyebab yang dapat membuat Anda putus asa dalam pekerjaan Anda, misalnya karena tekanan dari atasan atau rekan kerja yang selalu menyalahkan pekerjaan Anda atau Anda diberikan pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan mudah putus asa, tetaplah positif dan terus memotivasi diri, bahwa Anda ingin menjadi orang yang sukses dalam karier Anda. Memang terkadang walaupun Anda telah merasa bekerja keras dan menunjukkan kemampuan Anda secara maksimal, kesempatan untuk naik jabatan dalam pekerjaan Anda sangatlah sulit. Tetapi jika Anda belum berhasil berarti Anda perlu bekerja lebih keras lagi.

  • 6. Komitmen dalam bekerja

  • Ketika Anda bekerja, perasaan bosan, lelah atau jenuh sering kali menghampiri pikiran Anda. Jangan lemah dan teruslah semangat menjalani apa yang telah Anda pilih karena ketika orang ingin menjadi sukses dalam berkarier ada tahapannya dan salah satu cara untuk menggapai itu adalah dengan berkomitmen pada pekerjaan yang telah Anda pilih. Jangan menjadi orang yang selalu berpindah-pindah pekerjaan karena tidak memiliki komitmen dalam bekerja.

  • 7. Bersabar dan berdoa

  • Bersabar dan berdoa merupakan salah satu kunci dari kesuksesan Anda. Dalam melewati banyak tantangan dalam pekerjaan diperlukan kesabaran. Bersabar saat Anda ditegur, bersabar ketika Anda lelah, bersabar karena waktu Anda terkuras banyak untuk bekerja dan teruslah bersabar dalam segala hal. Selain bersabar Anda juga perlu untuk berdoa agar setiap usaha Anda selalu diberkati oleh Tuhan dan percaya bahwa setiap usaha Anda tidak akan pernah sia-sia.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Tips Sukses dalam Membangun Karier

Dalam bekerja pastinya Anda tidak ingin selamanya menjadi pegawai biasa. Jangan pernah putus asa dan teruslah berusaha untuk mencapai impian karier yang Anda inginkan, karena setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi sukses.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr