Menerima Kenyataan

Mau menerima kenyataan atau seperti kata orang Jawa "nrimo" berarti tidak memiliki banyak tuntutan.

1,508 views   |   0 shares
  • Harry, cucu Ratu Elizabeth dari Inggris, baru-baru ini pada ulang tahunnya yang ke-30 berhak menerima warisan mendiang ibunya, Putri Diana, yang berjumlah milyaran dolar. Bayangkan pria lajang, tampan, kaya raya, dan bergelar pangeran! Bila Anda seorang pria mungkin Anda berpikir "Seandainya saya Harry..." Mungkin Anda menyesali nasib karena tidak dilahirkan sebagai pangeran Inggris. Kalau pikiran ini tidak menjadi obsesi, penyesalan Anda baik-baik saja. Tetapi bila pikiran seperti ini mengganggu Anda sampai Anda merasa sangat tidak beruntung dan depresi, Anda harus berusaha keras untuk mengenyahkannya dan belajar menerima kenyataan.

  • Mau menerima kenyataan atau seperti kata orang Jawa "nrimo" berarti tidak memiliki banyak tuntutan. Saya adalah orang yang paling nrimo kata kakak perempuan saya dulu. Mungkin karena sejak kecil saya tidak pernah menuntut banyak. Sikap nrimo ini membantu banyak pada saat seseorang berada dalam keadaan kekurangan. Bagi saya sikap nrimo ini mengajar saya menjadi kreatif. Ketika usaha ibu saya mundur dan kami harus mengencangkan ikat pinggang, saya mempelajari keahlian menjahit. Sebelum itu saya pernah dua kali mengambil kursus menjahit tetapi tidak memahaminya sama sekali. Entah karena keadaan yang menuntut atau otak saya terbuka sejalan dengan bertambahnya usia, saya tiba-tiba mampu membuat baju hanya dengan melihat pola di majalah. Walaupun saya tidak menjadi perancang dunia yang sekaliber Coco Channel, karya saya banyak disukai orang-orang lokal yang melihat baju-baju yang saya pakai.

  • Orang yang mau menerima kenyataan memetik manfaat dari sikapnya ini. Mereka tidak sering mengalami stres dan lebih sabar yang berarti tidak terkena penyakit darah tinggi. Sebaliknya mereka mungkin kurang ambisius dan tidak mengejar kedudukan yang lebih baik. Sedangkan orang yang berpikir "seandainya..." tentu jauh lebih banyak berusaha mengejar impiannya. Kalau orang itu memang rajin dan mempunyai bakat atau ketrampilan mungkin dia akan sukses, tapi bagaimana kalau dia malas dan hanya bermimpi di siang bolong? Contohnya seorang istri yang berpikir seandainya dia punya mobil sebagus mobil tetangganya tentu dia akan bangga. Tetapi karena dia tidak mempunyai kepandaian untuk mengejar impiannya dan jalan yang tergampang adalah merongrong suami, tentu hasilnya malah merugikan rumah tangga. Kemungkinan suaminya tidak kuat dirongrong dan untuk memenuhi permintaan istrinya dia korupsi, akhirnya ketika ketahuan dia masuk penjara.

  • Menerima kenyataan bukan berarti menyerah kepada nasib. Bukan berarti bila anak-anak Anda kelaparan karena Anda tidak mempunyai pekerjaan Anda akan berpangku tangan. Menerima kenyataan hanyalah berlaku pada sesuatu yang tidak dapat Anda ubah. Misalnya Anda tidak dapat mengubah kenyataan bahwa Anda lahir di tengah-tengah keluarga yang sederhana, bukan keluarga kerajaan. Tetapi Anda dapat berjuang untuk tumbuh menjadi seseorang yang mampu mengatasi kekurangan keluarga Anda. Orang-orang Yahudi di kamp tawanan Nazi dulu yang mampu bertahan hidup adalah orang-orang yang menerima kenyataan yang tidak dapat diubahnya. Mereka mencari damai dalam hatinya, berserah kepada Allahnya.

  • Advertisement
  • Contoh luar biasa dari menerima kenyataan adalah Lacey Buchanan, ibu Christian yang lahir cacat berat, matanya hanya berupa rongga kosong dan langit-langit mulutnya terbuka lebar. Namun anak ini memberi kebahagiaan kepada keluarganya, dia bermain seperti anak-anak lain yang berusia 2 tahun. Dia mempunyai ratusan ribu penggemar di Facebook dan ibunya diundang berbicara di rapat kelompok yang menentang pengguguran bayi. Si ibu tahu bahwa dia harus menerima kenyataan bahwa anaknya terlahir cacat, tetapi dia ingin anaknya tumbuh senormal mungkin seperti anak-anak lain. Dia menerima kenyataan bahwa meskipun anaknya menjalani operasi dia akan tetap cacat, tetapi dia tidak menyerah begitu saja kepada nasib. Dia berjuang keras supaya anaknya dapat menjalani kehidupan ini sebaik mungkin.

  • Bila Anda jatuh cinta namun cinta Anda tidak terbalas Anda harus menerima kenyataan ini. Anda tidak mungkin memaksakan agar perasaan orang itu berubah. Kemampuan Anda untuk menerima kenyataan akan membantu Anda mengatasi patah hati Anda dan mengalihkan perhatian Anda kepada orang lain.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Menerima Kenyataan

Mau menerima kenyataan atau seperti kata orang Jawa "nrimo" berarti tidak memiliki banyak tuntutan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr