Cara Menghilangkan Komedo Hitam

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan komedo hitam, mulai dari cara murah meriah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah atau cara yang agak mahal dengan mengunjungi klinik kecantikan.

101,625 views   |   79 shares
  • Komedo adalah pori-pori kulit wajah yang tersumbat oleh kotoran atau debu. Komedo biasanya muncul di hidung dan berbentuk bintik-bintik kecil hitam. Jika dibiarkan, komedo dapat berinteraksi dengan bakteri dan menyebabkan jerawat. Komedo hitam atau yang disebut juga blackheads adalah jenis komedo yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang, mulai dari usia remaja hingga dewasa, terutama pada kulit wajah yang berminyak. Memang komedo tidak terlihat begitu mencolok seperti jerawat yang berukuran lebih besar dan berwarna kemerahan yang bisa tumbuh di mana saja pada wajah Anda. Namun, komedo hitam pada hidung tetap mengganggu kecantikan kulit wajah Anda.

  • Jadi, bagaimana cara menghilangkan dan mencegah komedo? Berikut adalah beberapa cara menghilangkan komedo hitam, mulai dari cara murah meriah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah atau cara yang agak mahal dengan mengunjungi klinik kecantikan.

  • 1. Mencuci wajah dengan air bersih

  • Memang terdengar sepele, tetapi salah satu penyebab munculnya komedo adalah malas mencuci wajah. Jika Anda menggunakan kosmetik wajah, sering berkeringat atau sering beraktivitas di luar ruangan, cucilah wajah Anda segera setelah Anda beraktivitas. Debu dan sisa-sisa kosmetik yang tidak dibersihkan dengan baik akan memicu munculnya komedo hitam.

  • Uap air panas dapat membuka pori-pori kulit wajah. Dekatkan wajah Anda pada baskom yang berisi air panas. Setelah beberapa menit, Anda dapat mulai memencet keluar komedo. Selanjutnya, Anda dapat membersihkan wajah Anda dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Air hangat akan membuka pori-pori kulit dan garam akan membantu melepas komedo dari kulit wajah. Bilas wajah dengan air dingin kemudian tepuk-tepuk wajah Anda dengan handuk bersih.

  • Cara ini gratis dan mudah dilakukan dilakukan sendiri di rumah. Anda dapat melakukan ini setiap hari untuk mencegah komedo muncul kembali pada wajah Anda.

  • 2. Menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah

  • Ternyata ada bahan-bahan yang sehari-hari kita temui di rumah yang dapat digunakan sebagai obat penghilang komedo, beberapa di antaranya adalah putih telur, irisan lemon dan pasta gigi.

  • Dengan putih telur, Anda dapat mencampurkannya dengan sedikit madu dan mengusapkannya pada wajah, biarkan mengering. Biasanya ini akan memakan waktu sekitar 15 menit. Setelah kering, cucilah wajah Anda dengan air dingin.

  • Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi yang dapat mengurangi kadar minyak pada wajah dan melepaskan sel-sel kulit dan kotoran yang menumpuk. Dengan irisan lemon, setelah Anda membersihkan wajah, balurkan irisan lemon di seluruh wajah terutama pada bagian yang terkena komedo. Pijat wajah Anda sampai irisan lemon tersebar merata. Diamkan sampai mengering kemudian bilas wajah dengan air dingin.

  • Advertisement
  • Dengan pasta gigi, setelah Anda membersihkan wajah, oleskan campuran pasta gigi dan garam pada bagian wajah yang paling banyak komedonya. Sikat perlahan bagian yang sudah dioleskan campuran dengan sikat gigi berbulu halus selama 5-10 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air dingin.

  • Ketiga cara ini lumayan murah meriah karena Anda hanya menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Anda dapat melakukan salah satu dari ketiga cara ini dua kali seminggu.

  • 3. Menggunakan produk pembersih wajah

  • Scrub wajah, masker wajah dan pore strip (atau disebut juga nose clean pack atau pore pack) adalah beberapa produk pembersih wajah yang praktis dan terbukti ampuh menghilangkan komedo. Baca dan ikuti aturan pakai pada kemasan. Jika Anda memiliki banyak komedo hitam, pilihlah pore strip untuk pria karena ini dapat menarik lebih banyak komedo. Jika Anda ingin sekalian membersihkan noda hitam dan jerawat pada wajah, masker tanah liat atau clay mask adalah pilihan yang tepat. Produk-produk ini lumayan terjangkau dan Anda dapat membelinya di toko kecantikan, apotek atau mini market terdekat. Anda dapat menggunakan produk pembersih wajah 1-2 kali seminggu.

  • 4. Mengunjungi klinik kecantikan

  • Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas dan masih belum puas dengan hasilnya, Anda dapat mengunjungi klinik kecantikan. Di sana ada beragam pilihan untuk membersihkan komedo dari wajah Anda. Salah satunya adalah facial. Facial adalah perawatan kecantikan kulit wajah yang dapat Anda lakukan sekali sebulan. Metode ini cukup terjangkau tetapi agak menyakitkan karena komedo Anda akan dipencet keluar satu per satu. Jika Anda tidak tahan dengan proses yang menyakitkan dan agak lama ini, Anda dapat memilih metode yang agak lebih mahal, yaitu peeling. Peeling adalah perawatan wajah dengan cara mengelupas sel-sel kulit mati. Walaupun tidak begitu sakit, peeling akan menyebabkan kulit wajah Anda sedikit sensitif sehingga Anda akan perlu melindungi wajah Anda dari paparan sinar matahari atau debu. Hindari juga penggunaan kosmetik wajah selama beberapa hari. Peeling dapat dilakukan sekali dalam tiga bulan.

  • Apa pun pilihan Anda dalam upaya menghilangkan komedo pada wajah, pastikan Anda melakukannya secara rutin. Selain itu, Anda juga harus tetap rajin membersihkan dan melindungi wajah dari debu dan kotoran. Hindari terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak atau yang banyak mengandung lemak agar kulit wajah Anda tetap mulus dan bercahaya.

  • Advertisement
Bantu kami menyebarkan

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan komedo hitam, mulai dari cara murah meriah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah atau cara yang agak mahal dengan mengunjungi klinik kecantikan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr