Berikan Tugas kepada Anak Sesuai dengan Usianya

Seseorang yang sejak kecil telah terbiasa dilatih oleh orang tuanya untuk mengerjakan sendiri tugas-tugasnya akan mudah untuk diajar dan memiliki tanggung jawab yang lebih baik daripada mereka yang tidak pernah dilatih melakukannya.

4,377 views   |   15 shares
  • Di dalam rumah tangga peran anak sebagai anggota keluarga tidak boleh diabaikan, ketika anak sudah mulai beranjak besar dan mampu melakukan sebuah tugas pekerjaan, orang tua tidak perlu lagi mengerjakan segala sesuatunya seorang diri. Anak-anak perlu dilibatkan dalam segala aktivitas di dalam rumah tangga untuk melatihnya bertanggung jawab dan membiasakan diri dengan pekerjaan-pekerjaan yang kelak dapat berguna untuk dirinya ketika sudah dewasa nanti.

  • Orang tua dapat mulai membagi tugas kepada anak-anak, namun terlebih dahulu sesuaikan tugas yang akan mereka kerjakan apakah itu cocok untuk usia mereka atau tidak, jangan memaksakan diri untuk memberikan tugas yang belum dapat mereka kerjakan karena itu justru dapat membahayakan diri mereka atau pekerjaan tidak dapat diselesaikannya dengan baik. Tugas-tugas berikut ini telah dikelompokkan berdasarkan usia anak dari yang terkecil hingga yang paling besar, semoga dapat membantu Anda untuk memilih memberikan tugas apa yang cocok untuk anak-anak seusia mereka.

  • Anak usia 2 tahun

  • Anak pada usia 2 tahun biasanya telah memiliki kemampuan untuk berjalan yang baik, kaki-kakinya telah kuat dan sensor motorik serta gerak refleksnya telah mengalami kemajuan dengan pesat. Mereka pada usia 2 tahun telah bisa dimintai bantuan untuk melakukan beberapa tugas kecil seperti: Membersihkan makanannya yang jatuh di lantai dan menaruh kembali mainannya pada tempatnya.

  • Anak usia 3 – 5 tahun

  • Pada usia 3 tahun seorang anak oleh orang tuanya biasanya telah dimasukkan ke playgroup atau PAUD, baru ketika menginjak usia 5 tahun anak-anak biasanya telah memasuki bangku taman kanak-kanak. Ada semakin banyak pekerjaan yang dapat mereka kerjakan pada kisaran usia ini, antara lain: Membersihkan dan merapihkan kembali tempat tidurnya, merapihkan meja belajarnya, mengosok gigi atau mandi sendiri, menaruh kembali maianannya pada tempatnya, mengelap meja dari debu, dan sebagainya.

  • Anak usia 5 – 7 tahun

  • Kini anak-anak telah tumbuh semakin besar, pada usia 5-7 tahun umumnya anak-anak akan memasuki bangku sekolah dasar, orang tua harus lebih sering memberikan tugas-tugas ringan kepada mereka supaya mereka terbiasa dan mampu mandiri untuk mengerjakannya seorang diri, tugas-tugas yang cocok untuk anak seusia mereka antara lain: Merapikan kembali tempat tidurnya, mencuci peralatan makannya, makan sendiri tidak boleh disuapi, membersihkan sendiri sepatu sekolahnya dan menaruhnya kembali pada tempatnya, mandi serta mengosok gigi sendiri, membersihkan rumah serta perabotnya dari debu, dan sebagainya.

  • Advertisement
  • Anak usia 7 – 13 tahun

  • Tugas-tugas pekerjaan dari sekolah atau kegiatan ekstrakulikuler di luar sekolah, seharunya tidak menghalangi atau justru membuat mereka tidak memiliki waktu untuk mengerjakan sendiri tugas-tugasnya di dalam rumah. Mereka hendaknya sudah mulai dibiasakan diri untuk: Mencuci sendiri baju sekolahnya, mencuci peralatan makannya segera setelah digunakan, Menyapu atau mengepel lantai, membersihkan jendela rumah yang kotor karena debu, memotong rumput, membuang sampah pada tempatnya, dan sebagainya.

  • Anak usia 13 – remaja

  • Pada usia remaja anak-anak telah bisa diberi tanggung jawab yang lebih besar berkaitan dengan pekerjaan di dalam rumah yang membutuhkan keahlian, seperti: Menanak nasi, menguras kamar mandi, membersihkan langit-langit rumah dari sarang laba-laba, mengepel lantai, belanja ke pasar, mengantar – jemput adiknya ke sekolah, mencuci kendaraan, membayar tagihan-tagihan, menjaga rumah dan adik-adiknya ketika Anda pergi bekerja, menganti lampu yang putus, dan sebagainya.

  • Seseorang yang sejak kecil telah terbiasa dilatih oleh orang tuanya untuk mengerjakan sendiri tugas-tugasnya akan mudah untuk diajar dan memiliki tanggung jawab yang lebih baik daripada mereka yang tidak pernah dilatih melakukannya. Libatkanlah anak-anak Anda untuk merawat tempat tinggalnya, latihlah mereka untuk mampu mengurus dirinya sendiri, bantu mereka untuk disiplin serta didiklah mereka tentang hakikat bekerja keras. Anak-anak adalah penolong yang telah Tuhan berikan kepada Anda, jadi ketika mereka telah mampu untuk membantu Anda manfaatkanlah kemampuan mereka tersebut, dengan demikian tugas serta tanggung jawab Anda sebagai orang tua di dalam keluarga Anda akan terasa lebih ringan karena kehadiran mereka.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Berikan Tugas kepada Anak Sesuai dengan Usianya

Seseorang yang sejak kecil telah terbiasa dilatih oleh orang tuanya untuk mengerjakan sendiri tugas-tugasnya akan mudah untuk diajar dan memiliki tanggung jawab yang lebih baik daripada mereka yang tidak pernah dilatih melakukannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr