Kencan Keluarga Itu Perlu

Kegiatan kencan tidak hanya cocok dilakukan oleh mereka yang belum berkeluarga tetapi juga dapat dijadikan kegiatan penting bagi keluarga.

2,830 views   |   shares
  • Kencan adalah sebuah kegiatan yang sering dilakukan remaja hingga orang dewasa yang berstatus lajang. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh dua orang atau lebih dan mereka akan menentukan kencan mereka seperti: makan malam bersama, nonton bersama, membuat tugas bersama, rekreasi bersama atau kegiatan lain yang sejenis. Tujuannya agar mereka bisa melakukan obrolan yang banyak guna mengetahui sifat atau karakter orang lain secara lebih dalam.

  • Kegiatan kencan ini tidak hanya cocok dilakukan oleh mereka yang belum berkeluarga tetapi juga dapat dijadikan kegiatan penting bagi keluarga. Anda dapat mencoba untuk mulai menerapkannya dalam keluarga Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan keakraban dalam keluarga Anda dalam sebuah kencan keluarga:

  • Sepakatilah waktu yang tepat

  • Dalam seminggu setiap anggota keluarga pasti mempunyai aktivitas sendiri sesuai dengan kewajiban masing-masing. Dan waktu untuk berkumpul dan bercerita dengan seluruh anggota keluarga secara utuh dalam sehari mungkin hanya sedikit. Tingkatkan quality time Anda bersama keluarga dengan menentukan satu hari dalam seminggu sebagai waktu berkencan bersama keluarga Anda.

  • Pilihlah kegiatan kencan yang menyenangkan

  • Setelah menyepakati waktu yang tepat, diskusikan kepada seluruh anggota keluarga Anda untuk memilih tempat yang menyenangkan dan kondisikan dengan keadaan keluarga Anda juga. Cobalah untuk memberikan kesempatan untuk setiap anggota keluarga mengeluarkan saran dan keinginan mereka, agar mereka merasakan partisipasi atau kerjasama yang baik dalam keluarga. Kegiatan yang cocok untuk melakukan kencan bersama keluarga misalnya, makan malam bersama, piknik bersama atau apa pun kegiatan yang bisa membuat Anda dan keluarga nyaman untuk bercengkrama satu terhadap yang lain. Buatlah obrolan yang menyenangkan atau jika bisa lakukan permaian yang mudah yang bisa membangun kekompakan dalam keluarga serta membuat keluarga Anda senang.

  • Berbagi pengalaman bersama

  • Ketika Anda melakukan kencan bersama keluarga, sediakan waktu untuk membagikan pengalaman dari setiap anggota keluarga. Misalnya, orang tua menanyakan kepada anak-anaknya bagaimana sekolah mereka dalam seminggu ini, bagaimana kegiatan sosial mereka bersama temen-teman atau apa kendala mereka dalam seminggu ini. Buatlah obrolan yang menyenangkan, dengan begitu anak-anak akan merasa lebih diperhatikan dan Anda juga dapat melihat perkembangan anak Anda lebih dalam. Tidak hanya anak-anak, orang tua juga dapat membagikan pengalaman yang sama, Anda bisa menceritakan bagaimana pekerjaan Anda, apa kendala-kendala yang Anda alami atau apa hal-hal positif yang Anda lakukan dalam seminggu. Dengan membagikan pengalaman bersama setiap anggota keluarga akan merasakan kedekatan lebih dalam dan lebih memahami satu sama lain.

  • Advertisement
  • Saling memberikan motivasi yang membangun

  • Saling memberikan motivasi adalah hal yang sangat penting dari kegiatan kencan keluarga ini. Ketika salah satu anggota keluarga memiliki masalah atau tantangan sebaiknya kita mampu memberikan kritik dan saran yang positif yang dapat menjadikan motivasi baik bagi setiap anggota keluarga. Dalam memberikan motivasi ini, gunakanlah kata-kata yang bijaksana misalnya jika seorang anak bercerita tentang pengalamannya yang diganggu oleh teman sekolahnya dan dia melawan untuk melindungi diri. Kita sebaiknya tidak perlu langsung menegurnya karena berbuat salah melainkan ingatkan dia untuk meningkatkan kasih pada sesama dan lebih sabar sehingga itu akan memotivasi dia untuk lebih berhati-hati lagi dalam bertindak. Sering-seringlah berbagi motivasi karena itu akan membantu setiap anggota keluaga meningkatkan standar prilaku yang baik bagi keluarga maupun lingkungan sekitarnya.

  • Menciptakan goal dalam seminggu

  • Dalam seminggu, setiap anggota keluarga pasti memiliki banyak goal yang ingin dicapainya, namun terkadang ada yang tidak bisa dicapai karena lupa atau ada kendala. Nah, bahas ini dalam kencan keluarga Anda, upayahkan setiap anggota keluarga menulis setiap goal mereka dan bagaimana cara mencapainya, biarkan semua anggota keluarga tahu setiap target dari anggota keluarganya. Tujuannya agar semuanya dapat saling mengingatkan dan mendukung satu dengan yang lain agar semuanya bisa terwujud.

  • Kencan keluarga sangat baik untuk dijadikan kegiatan wajib keluarga Anda. Kasih akan terungkap dengan sendirinya jika setiap anggota keluarga saling memahami, mendukung ke arah hal-hal positif satu sama lain dan menjadi kompak dalam segala hal.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Kencan Keluarga Itu Perlu

Kegiatan kencan tidak hanya cocok dilakukan oleh mereka yang belum berkeluarga tetapi juga dapat dijadikan kegiatan penting bagi keluarga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr