Selalu Untung

Dalam hidup ini banyak hal yang membuat stres, karena itu jika fokus kita ke hal-hal yang negatif, kita akan terkena depresi.

1,274 views   |   shares
  • Dalam hidup ini banyak hal yang membuat stres, karena itu jika fokus kita ke hal-hal yang negatif, kita akan terkena depresi. Salah satu cara untuk menghindari hal itu ialah dengan mengalihkan pikiran ke segala sesuatu yang positif. Bagaimana kita dapat menyaring pandangan yang negatif dan menggantikannya dengan yang positif?

  • Filsafah hidup

  • Tirulah filsafah orang Jawa yang selalu untung. Coba dengar ini, "Tadi mobilku mogok, untung tidak jauh dari bengkel." Lho, sudah tau mobil mogok dan ke bengkel juga tidak gratis, kok masih bisa dibilang untung. Ada lagi, "Aku sakit kepala sejak pagi, untung di warung dekat rumah jual puyer sakit kepala cap Kupu-kupu." Yah, orang sakit kepala nyut-nyutan masih dibilang untung, minum puyer kan juga pahit dan mesti keluar uang buat membelinya. Namun semua ini menunjukkan betapa orang Jawa umumnya berpikiran positif. Dalam kemalangan seperti apa pun, masih ada saja segi positif yang dapat dikemukakan untuk menghibur hati.

  • Bersyukur

  • Ada orang bijaksana yang mengatakan, "Bila tidak mempunyai sepatu, bersyukurlah karena masih mempunyai kaki." Berarti apa saja yang kita miliki itulah yang mesti kita syukuri. Semboyan ini pantas untuk kita tempel di kulkas. Janganlah mengiri akan kemujuran orang lain sehingga merasa diri sendiri malang dan celaka.

  • Melayani orang lain

  • Ingatlah orang-orang yang lebih malang dari kita, selain bersyukur bahwa kita tidak semalang mereka, cobalah membantu mereka. Dengan melupakan kesulitan kita dan menolong orang lain kita akan merasa lebih bahagia. Perasaan puas akan muncul ketika kita berbuat baik.

  • Buatlah daftar

  • Bila suatu hari Anda merasa menjadi orang yang paling malang di dunia, cepat-cepatlah ambil kertas dan tuliskan apa saja yang Anda miliki. Jangan hanya harta benda duniawi, melainkan hal-hal yang lebih penting seperti kesehatan, keluarga, teman, iman dan banyak lagi lainnya.

  • Olahraga

  • Apa hubungan olahraga dengan pandangan positif dalam hidup ini? Olahraga selain sehat untuk badan juga memproduksi dopamin dalam otak yang membuat kita merasa senang. Karena itulah ada semboyan "Dalam badan yang sehat ada jiwa yang sejahtera." Sebaiknya kita melakukan olahraga di alam terbuka di antara pepohonan yang hijau. Di kota-kota besar di mana manusia jenuh dengan hingar-bingarnya lalu lintas dan gedung-gedung yang mencakar langit, disediakan taman-taman dengan rumput dan pohon untuk bermain dan berolahraga supaya orang-orang dapat bersantai, melupakan sejenak kesibukan hidup.

  • Advertisement
  • Keseimbangan

  • Hidup ini harus seimbang. Kita perlu mengatur waktu antara bekerja dan bersantai bersama keluarga. Antara urusan duniawi dan urusan rohani. Antara kepentingan kita dan kepentingan orang lain. Contohnya, kalau kita terlalu sibuk bekerja sampai menelantarkan hubungan keluarga, suatu hari kita akan menemukan diri kita sendirian tanpa sanak saudara. Jika kita terlalu mementingkan urusan duniawi sehingga melupakan urusan rohani, jiwa kita akan tersesat. Timbangan kemanusiaan kita harus rata, jangan berat sebelah, dengan demikian kita akan berpikir lebih bijak dan tidak hanya berfokus ke hal-hal yang negatif.

  • Kebiasaan

  • Bila kita mempunyai kebiasaan yang kurang baik untuk menyimpan pemikiran yang negatif, cobalah menghilangkan kebiasaan itu. Setiap kali muncul pikiran yang negatif tentang sesuatu atau seseorang gantikan dengan pikiran yang positif. Misalnya Anda berpikir bahwa hari akan hujan, mungkin akan datang banjir dan barang-barang akan rusak kena air. Anda boleh bersiap-siap seperti menyingkirkan barang-barang yang di bawah dan menaikkannya ke atas lemari, tetapi janganlah Anda merasa bahwa dunia akan kiamat. Atau teman Anda berjanji akan datang untuk mengajak Anda menonton bioskop tetapi ternyata dia tidak jadi datang dan tidak berkata apa-apa. Anda mungkin merasa kecewa dan memutuskan untuk tidak berteman lagi dengan dia. Carilah tahu lebih dulu apa yang menyebabkan dia melanggar janji. Mungkin orang tuanya sakit dan dia mendadak harus mengantarkannya ke dokter.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Selalu Untung

Dalam hidup ini banyak hal yang membuat stres, karena itu jika fokus kita ke hal-hal yang negatif, kita akan terkena depresi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr