Pengobatan Alternatif

Orang yang sakit akan menjalani apa saja supaya dapat sembuh. Kalau pengobatan secara ilmiah tidak berhasil menyembuhkan, mereka akan mencari cara pengobatan lain yang mungkin membantu.

1,690 views   |   shares
  • Orang yang sakit akan menjalani apa saja supaya dapat sembuh. Kalau pengobatan secara ilmiah tidak berhasil menyembuhkan, mereka akan mencari cara pengobatan lain yang mungkin membantu. Di sinilah pengobatan alternatif mengambil peran penting. Apa saja yang dilakukan orang-orang untuk mendapat kesembuhan?

  • Dukun

  • Di negeri kita masih banyak orang yang percaya bahwa dukun bisa menyembuhkan dengan kesaktiannya. Seorang dukun yang tersohor mempunyai banyak pengikut. Orang-orang yang percaya berduyun-duyun mendatangi tempatnya berpraktek. Biasanya dukun seperti ini menjadi kaya karena walau dia tidak menarik bayaran, orang yang berhasil disembuhkan akan dengan suka rela menyumbangkan sejumlah besar uang.

  • Toko obat China

  • Sewaktu saya masih kecil ibu saya selalu pergi ke klenteng bila anak-anaknya sakit. Dari situ beliau mendapat resep obat yang kemudian dibawanya ke toko obat di daerah Pecinan. Saya ingat betapa tajamnya bau obat-obatan tradisionil di toko itu meski semuanya disimpan rapi di laci-laci kecil yang membentuk lemari besar. Di toko itu saya melihat banyak ramuan eksotik, dari akar pohon sampai kuku macan. Sinshe (alias dokter dalam bahasa China) meracik obat-obat itu, sebagian ada yang ditumbuk di tempat kuningan, lalu semua itu dibungkus dengan kertas. Setiba di rumah obat itu direbus sampai airnya tinggal setengah gelas. Warnanya biasanya coklat gelap dan pahitnya minta ampun. Saya paling enggan minum obat tersebut, hidung harus dijepit supaya obat tertelan masuk.

  • Ginseng

  • Orang-orang Asia sudah lama percaya bahwa ginseng atau sang dalam bahasa Inggris, yang akarnya berbentuk seperti tubuh manusia, sangatlah berkhasiat untuk kesehatan. Tanaman ginseng yang tumbuh secara alami di hutan-hutan Carolina Utara, AS, merupakan salah satu tanaman yang terancam punah dan dilindungi negara. Beberapa orang ditangkap karena mencuri umbi ginseng yang bila dijual laku $900 atau sekitar Rp11.250.000 setengah kilo. Tanaman ini dibudidayakan di China namun konon khasiatnya tidak sebesar yang tumbuh liar. Banyak orang menganggap ginseng dapat membuat orang awet muda, panjang umur, serta menyembuhkan berbagai penyakit.

  • Air suci

  • Lourdes, sebuah kota di Perancis Barat Daya, menjadi terkenal sejak seorang gadis berusia 14 tahun, Bernadette Soubirous, menyatakan bahwa dia melihat Bunda Maria menampakkan diri sebanyak delapan belas kali. Orang-orang Katolik berbondong-bondong ziarah ke kota itu dan mengambil air yang berasal dari mata air keramat itu. Mereka memberikan air itu untuk diminum orang sakit. Banyak yang berhasil disembuhkan karena kepercayaannya. Pada tanggal 11 Pebruari 2008, di Lourdes diadakan misa untuk merayakan ulang tahun ke 150 penampakan Bunda Maria. Misa itu dihadiri 45.000 orang peziarah.

  • Advertisement
  • Jamu

  • Orang Indonesia sangat menggemari jamu. Jamu Jago, Jamu Nyonya Meneer, jamu gendong banyak dipakai untuk menyembuhkan penyakit maupun untuk menjaga kesehatan. Saya ingat bagaimana setiap pagi kami sekeluarga minum jamu gendong. Anak-anak tentu saja cuma mau minum jamu yang manis seperti jamu kencur, saya sendiri minum jamu kunyit campur kencur. Kami tidak pernah minum jamu daun pepaya yang pahitnya bukan main.

  • Kerokan

  • Dari zaman dulu nenek-nenek kita paling senang kerokan. Konon dengan mengerok badan, pori-pori membesar dan tubuh memperoleh lebih banyak oksigen sehingga terasa lebih nyaman.

  • Banyak lagi cara dan bahan yang dipakai untuk pengobatan alternatif. Ada yang percaya bahwa air seduhan benalu pohon teh dapat menyembuhkan penyakit kanker. Semua ini dilakukan karena obat dokter sudah tidak dapat membantu lagi. Atau orang takut terlalu banyak minum obat-obatan yang dapat menjadi racun bagi tubuh. Apa pun yang terjadi, manusia berusaha Tuhan menentukan. Usia ada di tangan Sang Pencipta, kalau sudah masanya kembali ke alam baka, tak ada obat yang dapat membantu. Namun selama hayat masih di kandung badan tentu saja manusia tidak akan berhenti berusaha.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Pengobatan Alternatif

Orang yang sakit akan menjalani apa saja supaya dapat sembuh. Kalau pengobatan secara ilmiah tidak berhasil menyembuhkan, mereka akan mencari cara pengobatan lain yang mungkin membantu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr