Penipuan di Internet

Banyak manfaat internet, dari menjembatani jarak, menyatukan dunia, membagikan pelajaran dan hiburan sampai membantu usaha peri kemanusiaan. Namun ada juga keburukannya, antara lain penipuan yang dilakukan orang-orang tak bertanggung jawab.

2,367 views   |   shares
  • Banyak manfaat yang diberikan internet kepada kita, dari menjembatani jarak, menyatukan dunia, membagikan pelajaran dan hiburan sampai membantu usaha peri kemanusiaan. Namun ada juga keburukannya, antara lain penipuan yang dilakukan orang-orang tak bertanggung jawab. Marilah kita amati bagaimana modus operandinya supaya kita lebih waspada dan tidak mudah terperangkap dalam jaring-jaringnya.

  • Hadiah dan lotre

  • Anda melihat sebuah tulisan besar-besar di layar komputer Anda yang mengatakan bahwa Anda adalah orang kesejuta yang membuka situs itu. Sebagai akibatnya Anda berhak menerima hadiah sebesar lima juta dolar AS. Atau Anda menerima email yang menyatakan Anda sebagai pemenang lotre yang berhadiah sebanyak sepuluh juta dolar. Anda setengah percaya setengah tidak. Anda baca berulang kali email itu, akhirnya Anda memutuskan untuk menjawabnya. Ternyata untuk mendapatkan hadiah tersebut Anda harus mengirim uang lebih dulu sebagai ongkos pembayaran pengacara, ongkos kirim dan lain-lain. Sampai di sini Anda harus curiga. Memang uang ongkos itu tidak seberapa bila dibanding besarnya hadiah. Tetapi bila Anda mengirim ongkos sebesar seribu dolar dan uang jutaan dolar itu tidak pernah Anda terima, tentu ongkos tadi mendadak terasa sangat besar, bukan?

  • Warisan

  • Email seperti ini banyak dikirim dari Nigeria. Dengan berlagak sebagai pejabat penting orang yang mengirim email bertutur bahwa seorang wakilnya mati mendadak dan meninggalkan warisan sangat besar. Berhubung tidak ditemukan pewarisnya, Anda diminta mengelola harta itu untuk sementara supaya tidak disita pemerintah. Nantinya harta itu akan diambil kembali oleh pengirimnya dan Anda akan mendapat pembagian keuntungan lumayan banyak. Dia minta Anda mengirimkan data-data diri Anda dan nomor rekening bank Anda disertai ongkos untuk mengurus semua itu. Lebih baik Anda simpan uang Anda yang tidak seberapa dan tidak memimpikan warisan orang lain yang mungkin cuma khayalan belaka.

  • Romantika

  • Para penipu itu pandai mempermainkan perasaan orang. Mereka tahu orang yang sedang jatuh cinta tidak segan-segan berkorban demi kekasihnya. Dalam hal ini yang menjadi mangsa sasarannya ialah wanita yang kesepian. Sesudah berkenalan dan menjalin hubungan romantis lewat kata-kata yang merdu merayu, si pria yang konon menjadi pekerja asing di salah satu negara Afrika berjanji untuk berkunjung. Pada saat hari kunjungan sudah dekat dia mengalami kesulitan mencairkan uang gajinya. Dia minta agar si wanita mengirim dulu uang tiket supaya dia tidak harus membatalkan kunjungannya. Demi pertemuan romantis yang telah diimpikannya sejak lama, si wanita memenuhi permintaan kekasihnya. Celakanya, jangankan muncul di bandara, sejak itu si pria tidak pernah lagi membalas emailnya.

  • Advertisement
  • Memanfaatkan kenyataan

  • Baru-baru ini seorang wanita mengirim email kepada saya menyatakan bahwa saya terpilih untuk menerima hadiah dari sebuah yayasan. Saya diminta menulis email kepada yayasan itu. Saya tanya dulu kepada mbah Google apakah betul ada yayasan tersebut. Memang ada dan yayasan itu didirikan oleh seorang Kanada pemenang lotre puluhan juta dolar. Demi istrinya yang sudah meninggal dia membagikan hartanya kepada orang-orang yang menderita. Namun kepopulerannya telah disalahgunakan oleh para penipu ulung. Saya sengaja membalas email itu untuk mengetahui apa tindak lanjut para penipu. Luar biasa, mereka menyebutkan situs-situs yang dapat saya klik untuk mengetahui apa dan siapa pendiri yayasan itu. Sekali lagi Google memberi peringatan dalam warna merah untuk waspada terhadap email itu.

  • Amal

  • Para penipu juga tahu bahwa manusia biasanya lunak hatinya bila berurusan dengan amal. Seorang janda mengirim email kepada saya menuturkan bahwa ajalnya sudah dekat akibat kanker yang dideritanya. Dia ingin saya mengurus harta warisan suaminya yang kaya raya. Dia memberi saya kepercayaan untuk membagikan harta itu kepada badan-badan amal yang saya pilih. Sungguh licik cara penipuan ini, ingin membuat saya merasa bersalah bila tidak menanggapinya. Sayangnya saya bukan manusia yang serakah.

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Penipuan di Internet

Banyak manfaat internet, dari menjembatani jarak, menyatukan dunia, membagikan pelajaran dan hiburan sampai membantu usaha peri kemanusiaan. Namun ada juga keburukannya, antara lain penipuan yang dilakukan orang-orang tak bertanggung jawab.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr