6 Langkah agar Mudah Tersenyum

Untuk bisa selalu merasakan kegembiraan dan kebahagiaan ada satu cara mudah yang setiap orang bisa lakukan, yaitu dengan tersenyum.

14,365 views   |   10 shares
  • Hati yang gembira adalah obat, tapi semangat yang patah keringkan tulang. Sebuah kalimat yang menjelaskan kepada kita bahwa sesungguhnya kesehatan jiwa dan raga berasal dari dalam diri masing-masing orang, karena seberapa pun berat beban masalah yang sedang dihadapi bila orang tersebut mampu bahagia dalam hatinya serta berpikir positif, maka niscaya tak ada masalah yang tak dapat diselesaikan.

  • Untuk bisa selalu memiliki hati yang gembira apa yang bisa kita lakukan, atau bagaimana mungkin seseorang yang penuh dengan masalah bisa memiliki hati yang gembira, ataukah itu hanya sekadar kata-kata kiasan belaka? Seseorang yang telah putus asa dan kehilangan semangat dia tidak akan mampu memahami hal ini, tapi bagi seseorang yang memiliki semangat dan mampu berpikir secara positif dia akan dapat memahaminya. Untuk bisa selalu merasakan kegembiraan dan kebahagiaan ada satu cara mudah yang setiap orang bisa lakukan, yaitu dengan tersenyum. Tersenyum adalah sebuah usaha paling mudah, paling sederhana, paling murah serta paling menyenangkan untuk dilakukan, namun kenyataannya tetap saja ada orang-orang tidak mampu untuk melakukannya.

  • Beban pekerjaan, beban keluarga, masalah pribadi, dan sebagainya terkadang dapat menyita waktu kita untuk bisa sejenak tersenyum dan mensyukuri apa yang telah kita miliki. Segera mengubah cara kita menghadapi permasalahan dan berusahalah untuk bisa tersenyum sebanyak mungkin. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan agar mudah untuk tersenyum:

  • 1. Berpikirlah secara positif

  • Berpikir positif adalah kemampuan seseorang dalam memasukkan pikiran, kata-kata, atau ide-ide yang bersifat membangun bagi dirinya dan orang-orang di sekitarnya. Berpikirlah secara positif dalam menyikapi setiap permasalahan dalam kehidupan ini, dengan demikian kita akan selalu bisa memiliki alasan untuk tersenyum.

  • 2. Hiduplah dengan sehat

  • Hindarilah bergaya hidup yang tidak sehat, seperti sering begadang, mengonsumsi narkoba, alkohol, rokok, dan sebagainya serta perbanyaklah olahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Jika kita mampu menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, maka kita akan dapat selalu tersenyum untuk mensyukuri kesehatan tubuh kita.

  • 3. Hindari masalah

  • Jangan berhutang, jangan berkelahi, menyelesaikan tugas tepat waktu, tidak melakukan perundungan kepada keluarga, tidak menyinggung perasaan orang lain, menggunakan kata-kata yang sopan dan sebagainya. Ketika kita berusaha sebaik mungkin untuk menjauhi sumber-sumber masalah, maka dapat dipastikan kita akan senantiasa jauh dari masalah sehingga dapat selalu tersenyum untuk menikmati hidup ini.

  • Advertisement
  • 4. Seimbang dalam menjalani aktivitas

  • Dalam kehidupan ini harus selalu ada keseimbangan, ada pria ada wanita, ada siang ada malam, ada tua ada muda, dan sebagainya. Dalam hal pekerjaan pun haruslah demikian, bila Anda telah bekerja keras selama seminggu penuh, maka pada akhir pekan luangkanlah waktu untuk bisa bersantai sejenak dan menenangkan diri. Ajaklah serta seluruh anggota keluarga Anda untuk dapat mengisi waktu luang tersebut dengan kegiatan rekreasi yang sehat atau melakukan kegiatan-kegiatan hobi keluarga lainnya yang bermanfaat, dengan cara demikian Anda akan dapat lebih banyak tersnyum dan tertawa sehingga masalah-masalah yang sedang Anda hadapi di tempat kerja atau di tempat lain dapat Anda lupakan sejenak.

  • 5. Selalu bersyukur

  • Apa pun kondisi Anda saat ini berusahalah untuk selalu mensyukurinya karena masih ada banyak orang di luar sana yang tidak seberuntung dengan Anda. Hindarilah memiliki sifat selalu merasa kurang, dengan selalu mensyukuri apa yang sudah Anda miliki saat ini, itu akan bisa membuat Anda selalu tersenyum menjalani kehidupan.

  • 6. Menolong orang lain yang sedang kesusahan

  • Latihlah rasa empati kita terhadap kondisi orang lain yang tidak seberuntung dengan keadaan kita, kita bisa mengunjungi panti jompo, rumah sakit, YPAC, memberikan bantuan ke orang lain yang tidak mampu, dan sebagainya. Cara ini dapat melatih mata hati kita untuk bisa memahami bahwa dalam setiap permasalahan yang sedang kita hadapi seberapa pun itu beratnya, ada yang sedang mengalaminya lebih berat dari yang kita sedang alami. Rasa puas dalam hati setelah menolong saudara kita yang sedang kesusahan bisa tidak tergambarkan dan itu akan bisa membuat kita tersenyum secara tulus.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

6 Langkah agar Mudah Tersenyum

Untuk bisa selalu merasakan kegembiraan dan kebahagiaan ada satu cara mudah yang setiap orang bisa lakukan, yaitu dengan tersenyum.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr