Mobil Adalah Senjata Berbahaya

Senjata bukan hanya berupa senjata api, senapan atau pisau, mobil juga merupakan senjata berbahaya di tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh pengendara mobil yang lalai dan tidak sedikit yang fatal.

1,335 views   |   shares
  • Senjata bukan hanya berupa senjata api, senapan atau pisau, mobil juga merupakan senjata berbahaya di tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh pengendara mobil yang lalai dan tidak sedikit yang fatal. Apa saja yang dapat menyebabkan kita lalai?

  • Pengendara remaja

  • Di usia muda pengendara mobil sedang demam-demamnya memakai kendaraan. Ada rasa bangga dapat mengemudi sendiri walau mobil itu milik orang tua. Sudah menjadi rahasia umum anak muda gemar ngebut, mereka lupa bahwa mereka bukan kucing yang memiliki 9 nyawa, sekali mereka melakukan kesalahan ada kemungkinan mereka bertemu sang malaikat pencabut nyawa. Para orang tua hendaknya memastikan bahwa anak-anaknya memperoleh SIM dengan sah bukan dari membeli. Yakini bahwa mereka memahami rambu-rambu lalu lintas dan membawa kendaraaan dengan penuh tanggung jawab. Sekali saja mereka melakukan kesalahan orang tua perlu mengambil tindakan tegas, mungkin dengan mencabut izin membawa kendaraan selama satu atau dua bulan tergantung besar kecilnya pelanggaran. Tanamkan dalam diri mereka bahwa mobil adalah senjata berbahaya, mereka dapat menyebabkan orang lain atau diri sendiri mati akibat kelalaian mereka.

  • Minuman keras dan obat

  • Jangan sekali-kali mengendarai mobil ketika Anda sedang dipengaruhi minuman keras atau obat. Pada kemasan obat-obatan sering tertera pernyataan agar Anda tidak mengemudi sesudah minum obat tersebut. Banyak obat seperti obat batuk, obat alergi, obat sakit kepala yang mengandung obat tidur. Obat ini akan mengakibatkan pengendara mobil mengantuk tanpa disadarinya dan ini sama bahayanya dengan mengendarai mobil ketika di bawah pengaruh alkohol. Bila Anda pergi minum-minum bersama teman, mintalah teman yang tidak minum untuk membawa mobil. Alkohol akan membuat pikiran Anda tidak mampu melihat dan menilai jarak dengan benar.

  • Ponsel

  • Bila Anda harus menelepon atau menerima telepon atau mengirim teks, berhentilah lebih dulu di tepi jalan, jangan melakukannya sambil mengemudi. Selain Anda melanggar peraturan Anda juga bisa terlibat dalam kecelakaan. Di Indonesia sejak 2010 digalakkan larangan mengirim teks sembari mengemudi http://www.thejakartapost.com/news/2010/12/02/texting-while-driving-police-will-get-you.html Menurut penelitian Universitas Harvard di tahun 2003 pemakaian ponsel ketika berkendara menyebabkan 2600 kecelakaan fatal dalam setahun dan 330.000 kecelakaan yang berakibat cedera ringan dan serius. Berikut ini sebuah video lucu tentang tes mengemudi di Belgia di mana instruktur meminta orang-orang yang menjalani tes mengirim teks http://www.youtube.com/watch?v=HbjSWDwJILs. Orang-orang itu merasa tidak mampu dan mengira mereka tidak lulus.

  • Advertisement
  • Ngantuk

  • Sama bahayanya dengan mengendarai mobil di bawah pengaruh alkohol. Bila Anda merasa sangat lelah atau ngantuk sebaiknya berhenti di tempat yang aman dan tidur sebentar karena bila dipaksakan Anda akan jatuh tertidur tanpa disadari dan satu menit saja dapat berakibat fatal bagi Anda sendiri maupun orang lain. Suatu hari adik saya pergi ke luar kota bersama iparnya. Biasanya bila ibu saya yang menemani pergi beliau akan selalu mengajak bercakap-cakap supaya adik saya tidak mengantuk. Siang itu sehabis bersantap di sebuah rumah makan mereka berdua meneruskan perjalanan. Rupanya mereka mengantuk, tanpa disadari mobil yang dikendarai adik saya menabrak mobil angkot sehingga mobil itu rusak total. Untungnya tidak ada jiwa yang melayang. Pengalaman ini mengajarkan adik saya untuk tidak makan kekenyangan sewaktu berkendara ke luar kota, sebaliknya lebih baik membawa makanan kecil yang dapat dinikmati sambil mengemudi sehingga mengurangi kantuk.

  • Lengah

  • Tidak saja pengendara mobil, pejalan kaki juga sebaiknya waspada. Bahkan ketika menyeberang di zebra cross kita harus menengok ke kiri dan kanan. Dua tahun lalu terjadi beberapa kecelakaan yang agak aneh namun nyata di Las Vegas akibat kelengahan. Seorang ibu mengambil surat di kompleks perumahannya. Mungkin karena merasa aman dia berjalan melenggang ke arah kotak pos. Tanpa di sangka-sangka mobil pengantar paket menabrak dia. Kecelakaan itu terjadi di siang bolong, entah bagaimana keduanya tidak saling melihat. Ada lagi seorang anak perempuan turun dari bus sekolah dan berjalan di depan bus itu, sopir bus yang ingin belok ke kanan tidak melihat anak itu dan menabraknya. Dalam kedua kasus ini kedua korban meninggal dunia.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mobil Adalah Senjata Berbahaya

Senjata bukan hanya berupa senjata api, senapan atau pisau, mobil juga merupakan senjata berbahaya di tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh pengendara mobil yang lalai dan tidak sedikit yang fatal.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr