4 Hal Wajib Dimiliki Seseorang agar Dapat Menginspirasi Orang Lain

Budi pekerti adalah akar dari semua etika, perilaku dan tata krama dalam bersosialisasi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari.

10,423 views   |   22 shares
  • Pernahkah Anda mengidolakan seseorang, atau mendapatkan inspirasi dari keteladannya? Ada contoh seorang yang dulunya hidup miskin, tiba-tiba dia bangkit dari keterpurukannya karena mendapatkan semangat dan dorongan dari sahabatnya. Kisah-kisah yang diceritakan oleh sahabatnya telah mengispirasinya bahwa dia tidak boleh pasrah terhadap nasib, bahwa nasib seseorang bisa berubah asalkan dia mau berusaha dengan sekuat tenaga mengupayakannya.

  • Demikian pula dengan kita, masing-masing dari kita adalah orang-orang hebat yang sebenarnya memiliki potensi untuk berubah. Menjadi inspirasi bagi orang lain adalah jauh lebih baik daripada memiliki keinginan untuk merubah orang lain tetapi diri sendiri belum bisa berubah. Oleh karena itu, janganlah melihat selumbar di mata saudara kita tetapi balok di mata sendiri kita tidak kelihatan.

  • Berikut ini hal-hal yang patut kita upayakan untuk memilikinya dan bila kita konsisten melaksanakannya, maka tujuan akhirnya adalah supaya hal tersebut dapat menginspirasi orang lain untuk mau melakukan hal yang sama seperti yang telah kita lakukan:

  • 1. Integritas

  • Integritas adalah sesuatu yang berharga yang tak semua orang mampu memilikinya. Dalam kehidupan saat ini sangat sulit bahkan bisa dibilang sangat jarang menemukan seseorang yang memiliki integritas murni. Ketika masih kecil orang tua kita pasti telah mengajarkan kepada kita agar selalu berbuat jujur dalam segala hal, selalu menepati janji yang telah dibuat. Namun kenyatannya, ketika telah tumbuh dewasa saat dihadapkan dengan berbagai macam persoalan hal-hal baik yang telah kita pelajari sejak kecil lambat laun akan terkikis dengan sendirinya dan akhirnya kita mulai terbiasa untuk melanggarnya. Selalu berbuat jujur dalam segala hal, menepati janji, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan integritas memang sangat tidak mudah, namun bila kita dapat mulai melakukannya dimulai dari hal yang terkecil namun konsisten, maka hal tersebut akan jauh sangat berguna dan malahan dapat menginspirasi orang lain untuk mau melakukan hal yang serupa.

  • 2. Budi pekerti

  • Pengertian budi pekerti secara umum bisa dijelaskan sebagai moral atau kelakuan baik dalam menjalani kehidupan. Budi pekerti adalah akar dari semua etika, perilaku dan tata krama dalam bersosialisasi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya, apa yang saat ini marak terjadi adalah pengikisan moral telah terjadi dimana-mana. Kekerasan seksual, pornografi, pembunuhan, perundungan, anak melawan orang tuanya, adalah beberapa contohnya. Oleh karena itu, bila setiap orang telah menyadarinya, maka penanaman kembali budi pekerti hendaknya segera dimulai kepada setiap orang ketika mereka masih kanak-kanak. Orang tua wajib memberikan teladan-teladan yang baik kepada anak-anaknya, dimulai dari setiap masing-masing keluarga dalam masyarakat. Orang lain akan melihat hasil yang telah kita capai, tidak perlu memaksa orang lain untuk mau melaksanakan hal yang sama, hanya melalui teladan yang bisa kita tunjukkan dalam kehidupan sehari-hari, hal tersebutlah yang akan menginspirasi mereka.

  • Advertisement
  • 3. Kebajikan

  • Menurut kamus besar bahasa Indonesia arti kata kebajikan adalah sesuatu yang mendatangkan kebaikan, keselamatan, keberuntungan, dan sebagainya. Sebagai ciptaan Tuhan yang telah dibekali dengan kemampuan paling istimewa, perbuatan kebajikan wajib diperbuat oleh setiap manusia kepada semua makhluk. Menjalankan dengan sebaik mungkin ajaran-ajaran agama yang masing-masing orang imani adalah salah satu cara yang setiap orang dapat memulai untuk mengupayakannya. Marilah dimulai dari diri kita masing-masing untuk dengan senang hati menjalankan kebajikan dalam kehidupan sehari-hari kita.

  • 4. Kreativitas

  • Manusia memiliki kemampuan untuk menciptakan dalam kehidupan ini. Alat-alat transportasi, alat komunikasi, alat-alat tulis, peralatan dapur, dan sebagainya adalah wujud dari kreativitas yang dimiliki oleh manusia. Dalam kehidupan sehari-hari kita, ataupun dalam pekerjaan kita, kita dituntut untuk selalu memiliki kreativitas, karena hal ini dapat membuat kehidupan kita ini jadi lebih berwarna dan menyenangkan. Tunjukkanlah bakat kreativitas kita janganlah kita "konsumsi" untuk diri sendiri. Kreativitas seseorang seringkali menjadi inspirasi untuk orang lain.

  • Tak ada hal yang mustahil dalam kehidupan nyata ini, semua orang dapat ikut andil dalam mengupayakan kehidupan yang lebih baik setiap harinya. Masih ada banyak hal baik lain tentunya yang dapat kita lakukan untuk dapat menginspirasi orang lain, namun kita perlu ingat bahwa inspirasi dapat datang dari mana saja, setiap orang dapat mencarinya. Sekali lagi, marilah menjadi pembawa perubahan dimulai dari diri kita masing-masing terlebih dahulu.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

4 Hal Wajib Dimiliki Seseorang agar Dapat Menginspirasi Orang Lain

Budi pekerti adalah akar dari semua etika, perilaku dan tata krama dalam bersosialisasi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr