Persaingan

Ada persaingan yang baik, ada persaingan yang buruk. Persaingan yang baik akan memacu kita menjadi lebih maju, sedangkan persaingan yang buruk membuat kita melarat.

1,479 views   |   2 shares
  • Ada persaingan yang baik, ada persaingan yang buruk. Persaingan yang baik akan memacu kita menjadi lebih maju, sedangkan persaingan yang buruk membuat kita melarat. Secara alami manusia memiliki naluri untuk bersaing, hal inilah yang membuat kita mempertahankan keberadaan kita di jagad raya ini. Marilah kita simak di bawah ini bagaimana persaingan berpengaruh dalam hidup kita.

  • Dalam keluarga

  • Persaingan antar saudara adalah yang paling umum terjadi dalam keluarga. Putra saya merasa terancam kedudukannya sebagai satu-satunya anak tersayang ketika adiknya lahir. Ketika masih kecil, anak-anak saya selalu bersaing untuk memperebutkan kasih orang tua. Bila saya menceritakan dongeng sebelum tidur, yang satu menggenggam tangan saya yang kanan, yang satu lagi tangan yang kiri. Kata saya bagaimana kalau saya mempunyai 4 anak, mungkin yang ketiga memegang kaki kiri saya dan yang keempat kaki kanan saya.

  • Dalam pekerjaan

  • Persaingan perlu untuk membuat orang mempunyai keinginan untuk maju. Di toko tempat saya kerja, sering diadakan lomba berhadiah untuk para pegawainya. Di antaranya, Penjual Terbanyak Bulan Ini, Pengumpul Data Pelanggan Terbanyak, Pemenang Survey dan lain sebagainya. Dengan adanya lomba itu para pekerja di situ dipacu untuk memberikan yang terbaik dari kemampuannya, keluar sebagai pemenang dan meraih hadiahnya. Tanpa saya sadari saya mempunyai jiwa bersaing, tak mau kalah, dan ini memacu saya untuk menjadi pemenang. Bukan saja hadiahnya yang membuat saya mau bersaing keras, namun juga perasaan puas karena mengetahui bahwa saya adalah yang terbaik di suatu bidang.

  • Dalam olahraga

  • Ada peribahasa Latin yang mengatakan mens sana in corpore sano. Maksudnya dalam tubuh yang bugar terdapat jiwa yang sehat. Karena itu banyak lomba olahraga diadakan seperti Thomas Cup untuk badminton, pertandingan tenis dunia di Wimbledon atau Davis Cup, dan yang paling beken tentu saja Olympiade. Di situ para atlit berjuang memperebutkan medali emas, perak dan perunggu. Persaingan dalam pertandingan olahraga diatur menurut hukum-hukum tertentu. Wasit dipakai untuk mengatur jalannya beberapa pertandingan supaya para peserta bermain sesportif mungkin dan peraturan diterapkan seadil-adilnya. Sebelum pertandingan kepada para atlit dilakukan tes untuk mengetahui bahwa mereka tidak memakai steroid atau obat-obatan lain untuk melambungkan prestasi mereka. Kalau ketahuan memakai obat-obatan mereka dilarang bertanding atau bila diketahui sesudah kemenangan dicapai, gelarnya akan dicopot. Salah satu yang terkenal dalam kasus ini ialah Lance Armstrong, pemenang beberapa lomba balap sepeda antara lain Tour de France. Ketika ditemukan bahwa dia memakai obat-obatan untuk mendorong kemampuan tubuhnya, dia didiskualifikasi dan akhirnya dicabut gelar-gelarnya.

  • Advertisement
  • Di sekolah

  • Adanya berbagai macam beasiswa yang ditawarkan di sekolah-sekolah selain untuk membantu para siswa yang kurang mampu juga untuk mendorong supaya mereka berprestasi tinggi. Persaingan yang sehat dianjurkan di sekolah-sekolah supaya menghasilkan murid-murid yang jempolan. Ada bermacam-macam lomba yang diadakan antar sekolah, dalam tingkat daerah maupun tingkat nasional.

  • Di dunia hiburan

  • Anda pasti tahu apa itu Oscar, piala ini dihadiahkan kepada orang-orang yang menunjukkan bakat menonjol di bidang perfilman dan juga film-film yang dinilai sukses. Selain Oscar ada banyak penghargaan lain diberikan kepada orang-orang yang berprestasi di dunia musik maupun film. Ada pula banyak lomba yang diadakan untuk mencari bakat seperti Idol, Indonesia's Got Talent, Stand Up Comedy Indonesia dan lain-lain.

  • Semua yang di atas adalah persaingan sehat, tetapi ada pula persaingan kurang sehat seperti yang terjadi di antara tetangga. Bu Ramli mempunyai mobil Toyota, Bu Samsul tak mau kalah dia minta suaminya membeli mobil Mercy. Pak Zulkifli mempunyai teve 40 inci, Pak Dani membeli teve 50 inci, begitu seterusnya. Persaingan seperti ini tentunya membuat kantong kosong, salah-salah jadi banyak hutang, menimbulkan stres yang tidak seharusnya ada.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Persaingan

Ada persaingan yang baik, ada persaingan yang buruk. Persaingan yang baik akan memacu kita menjadi lebih maju, sedangkan persaingan yang buruk membuat kita melarat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr