Manfaatkan Hobi Kita untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Hobi Anda dalam bidang seni kerajinan sebaiknya jangan hanya menjadi minat Anda sendiri tapi cobalah menjualnya dengan membuka showroom, atau membuka kursus kerajinan dengan begitu Anda akan bisa menghasilkan uang.

3,886 views   |   4 shares
  • Apakah Anda memiliki hobi? Setiap orang tentunya memiliki hobi, tapi apakah Anda pernah berpikir untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi Anda atau justru menjadikankannya sebagai sumber penghasilan utama Anda?

  • Hobi adalah kegiatan yang sengaja dilakukan secara berulang-ulang yang ditujukan sebagai aktivitas hiburan bagi seseorang. Setiap orang memiliki hobi yang berbeda, namun ternyata ada juga yang sama; seperti ada yang suka membaca, memainkan alat musik, olahraga, menulis, memancing dan masih banyak lagi. Perlu Anda ketahui bahwa hobi disamping sebagai kegiatan hiburan, ternyata bagi beberapa orang yang kreatif hobinya dapat dimanfakan untuk mendatangkan penghasilan tambahan dan bahkan ada pula yang bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama bagi diri sendiri dan keluarganya.

  • Simaklah beberapa ulasan berikut ini mengenai beberapa jenis hobi yang ternyata dapat Anda manfaatkan untuk dapat menjadi sumber lain pendapatan Anda:

  • 1. Memancing

  • Memancing dapat dikategorikan sebagai olahraga, bagi Anda yang memiliki hobi memancing ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar hobi Anda tersebut tidak hanya bisa membuat Anda senang tetapi juga dapat mendatangkan keuntungan bagi Anda. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan diantaranya: Menjual peralatan memancing, bila Anda memiliki lahan kosong yang luas Anda dapat memanfaatkannya sebagai kolam pemancingan, menjadi instruktur memancing yang handal, membuat acara televisi yang menayangkan kegiatan memancing, ikut serta dalam lomba memancing.

  • 2. Olahraga

  • Ada banyak jenis olahraga, namun bila ternyata Anda tidak ingin terlalu serius menjadi atlet dalam menggeluti salah satu jenis olahraga tapi Anda tetap ingin bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi olahraga Anda, beberapa hal berikut dapat Anda pertimbangkan untuk lakukan: Menjual pernak-pernik peralalatan olahraga (sepatu, jersey, dan lain-lain), menjadi guru olahraga, menjadi pelatih, menjadi komentator olahraga, menjadi wartawan olahraga.

  • 3. Menulis

  • Bila Anda memiliki hobi menulis di buku harian Anda atau Anda memiliki situs blog pribadi, Anda dapat memanfaatkan keahlian atau hobi Anda tersebut untuk bisa mendatangkan uang. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadi kontributor lepas untuk beberapa surat kabar, majalah, atau situs-situs internet dengan menulis artikel-artikel tentang resep masakan, kesehatan, keluarga, dan lain-lain. Bila Anda seorang blogger dan tulisan-tulisan Anda sangat diminati oleh khalayak serta ramai pengunjung, maka Anda dapat menawarkan untuk pemasangan iklan di blog Anda kepada para pengunjung blog Anda, dengan demikian Anda bisa tetap menikmati hobi Anda sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi Anda tersebut.

  • Advertisement
  • 4. Otomotif

  • Banyak anak muda yang suka memodifikasi kendarannya, terutama sepeda motor. Bila Anda adalah yang termasuk menggilai bidang otomotif, maka taka ada salahnya bila Anda fokus untuk mengembangkan hobi Anda tersebut supaya tidak hanya sekedar hobi tapi bisa menghasilkan uang. Caranya beragam Anda dapat membuka bengkel perbaikan, bengkel variasi, bengkel plat nomor kendaraan, menjual onderdil kendaraan, dan sebagainya.

  • 5. Kerajinan

  • Hobi Anda dalam bidang seni kerajinan sebaiknya jangan hanya Anda nikmati sendiri tapi cobalah menjualnya dengan membuka showroom, atau membuka kursus kerajinan dengan begitu Anda akan bisa menghasilkan uang. Jenis seni kerajinan seperti kerajinan dari bambu, rotan dan tanah liat sudah memiliki pangsa pasar tersendiri di dalam maupun luar negeri, namun bila Anda memiliki ide lain selain ketiga bahan di atas, maka segeralah perkenalkan kepada masyarakat.

  • 6. Seni dan budaya

  • Hobi dalam seni dan budaya memiliki banyak peminat. Bila Anda memiliki keahlian tertentu dalam hal seni dan budaya, maka Anda sangat beruntung. Anda bisa menjadi instruktur di sekolah atau sanggar seni, menjadi fotografer, membuat pernak-pernik atau kostum pentas, menyewakan alat-alat pertunjukan seni, dan sebagainya. Bila Anda hobi menyanyi dan memiliki suara bagus atau Anda mahir memainkan alat-alat musik Anda dapat menjadi seorang artis terkenal nantinya.

  • 7. Bermain game

  • Bermain game bagi banyak orang dianggap sebagai kegiatan yang hanya menyia-nyiakan uang dan waktu, namun bila Anda mau berpikir kreatif dan positif Anda sebenarnya bisa mendapatkan uang dari hobi Anda tersebut. Anda dapat membuat tempat yang menyewakan game, menjual CD atau DVD game, menjual atribut game, bahkan saat ini ada beberapa orang yang telah bisa menulis buku petunjuk cara memainkan game-game tertentu supaya bisa selalu menang dalam tiap levelnya.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Manfaatkan Hobi Kita untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Hobi Anda dalam bidang seni kerajinan sebaiknya jangan hanya menjadi minat Anda sendiri tapi cobalah menjualnya dengan membuka showroom, atau membuka kursus kerajinan dengan begitu Anda akan bisa menghasilkan uang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr