Kegiatan Remaja yang Menyenangkan dan Bermanfaat

Anda dapat membantu anak remaja Anda dan teman-temannya aktif terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat yang menggali bakat dan keterampilan mereka.

38,438 views   |   59 shares
  • Pada umumnya, usia remaja adalah usia ketika anak Anda menjadi semakin aktif dan berani dalam mencari identitas diri sendiri. Pada masa remaja, pergaulan dengan teman sebaya sangat penting bagi mereka. Anak remaja Anda menjadi sangat rentan terhadap pergaulan yang buruk yang dapat menuntun mereka melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain, misalnya kongkow-kongkow sambil merokok dan minum minuman keras.

  • Namun, tidak semua pergaulan remaja harus menjadi destruktif seperti ini. Anda dapat membantu anak remaja Anda dan teman-temannya aktif terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat yang menggali bakat dan keterampilan mereka. Berikut adalah beberapa saran kegiatan yang dapat dilakukan.

  • Olahraga

  • Olahraga beregu atau perorangan sangat menyehatkan bagi tubuh dan pikiran. Dengan berolahraga, anak remaja Anda akan dapat mengenali dan menghargai kekuatan yang tubuh mereka miliki. Olahraga juga memicu produksi hormon endorfin yang membuat mereka merasa lebih baik dan lebih percaya diri. Olahraga beregu yang paling umum dilakukan, misalnya futsal, basket, voli dan softball. Olahraga perorangan dapat dilakukan bersama-sama, misalnya jogging bersama di taman atau stadion olahraga maupun berenang di waterpark atau kolam renang umum.

  • Keterampilan tangan

  • Kegiatan ini terkesan hanya untuk remaja putri, tetapi remaja putra juga dapat belajar berbagai keterampilan tangan. Remaja putri dapat belajar cara menjahit, mulai dari menjahit sederhana (memasang kancing yang lepas dari blus atau menambal bagian yang sobek) atau jika mereka benar-benar berminat, mereka dapat belajar membuat pakaian untuk diri sendiri dengan menggunakan pola yang ada. Kegiatan lainnya mencakup memasak atau memanggang kue.

  • Sedangkan remaja putra dapat belajar keterampilan bertukang, seperti membuat meja sederhana. Keterampilan mengutak-atik kendaraan akan sangat berguna di masa depan, setidaknya mereka dapat belajar mengganti ban kendaraan. Keterampilan lainnya mencakup memperbaiki alat-alat elektronik rumah tangga, mengecat atau memperbaiki atap rumah yang bocor.

  • Sebenarnya, keterampilan di atas dapat diajarkan tanpa memandang jenis kelamin anak remaja Anda. Itu bahkan akan lebih menantang dan menarik perhatian mereka. Alangkah membanggakannya jika remaja putra Anda dapat memasak nasi goreng untuk sekeluarga atau remaja putri Anda dapat mengganti ban mobil yang kempes di tengah jalan.

  • Advertisement
  • Bela diri

  • Kehidupan di kota dan pergaulan bebas semakin meningkatkan kekhawatiran orang tua yang memiliki anak remaja. Remaja putra terancam terseret dalam tawuran antar sekolah sedangkan remaja putri sangat rentan terhadap pelecehan dan pemerkosaan. Anda dapat mengajarkan atau mendaftarkan anak remaja Anda di kelas-kelas bela diri baik bergabung dengan klub bela diri atau belajar di pusat karang taruna di lingkungan Anda. Kegiatan bela diri yang umumnya diajarkan mencakup pencak silat, karate, taekwondo, dsb. Remaja putra dan putri akan sangat bersyukur ketika mereka dibekali dengan keterampilan bela diri ini.

  • Keterampilan bertahan hidup

  • Ajaklah anak remaja Anda pergi melakukan kegiatan di alam bebas. Ketika masih berusia sekolah dasar mungkin mereka pernah ikut Pramuka dan sangat suka jika diajak pergi berkemah, tetapi sekarang mereka mungkin sudah merasa terlalu dewasa untuk itu. Tantanglah anak remaja Anda untuk meninggalkan telepon genggam, video games, dan laptop mereka. Ajari mereka cara mendirikan tenda, mengikat tali simpul, keterampilan P3K, dan mengenali tanaman yang dapat dimakan atau beracun. Mudah-mudahan anak remaja Anda akan dapat menyukai dan menghargai keindahan alam lebih dari mall atau bioskop favorit mereka.

  • Bermusik

  • Apabila anak remaja Anda bisa bermain alat musik, mereka dapat bergabung dan membentuk sebuah band. Ajari mereka untuk membuat musik yang membahagiakan dengan lirik yang membangun, bukan musik yang memancing kebencian atau kesedihan. Apabila anak remaja Anda lebih suka musik klasik, mereka dapat bergabung dengan orkestra remaja. Ajari juga anak remaja untuk memainkan dan menghargai alat musik tradisional warisan bangsa, seperti angklung, kolintang atau sasando. Apabila anak remaja Anda suka menyanyi, ajaklah mereka bergabung dengan kelompok paduan suara.

  • Apabila anak remaja Anda tidak bisa atau tidak berminat bermusik, Anda masih dapat membantu mereka mengenali dan menghargai karya musik berkualitas. Ajaklah mereka menghadiri konser musik atau drama musikal yang sering diadakan di pusat-pusat kebudayaan atau di kampus-kampus. Satu contoh bagus adalah mengajak anak remaja menyaksikan pertunjukan drama musikal 'Les Miserables'. Beberapa hari sebelum pertunjukan, Anda dapat belajar bersama anak remaja Anda tentang latar belakang drama musikal ini. Setelah pertunjukan, Anda dapat mengulas kembali dan menanyakan kesan-kesan yang anak remaja Anda peroleh dari pertunjukan itu. Dengan demikian, wawasan anak remaja Anda akan semakin terbuka terhadap karya musik berkualitas.

  • Advertisement
  • Masih banyak kegiatan positif yang menyenangkan yang dapat anak remaja Anda lakukan bersama teman-teman mereka. Mereka dapat ikut kelas menari tradisional atau modern. Mereka dapat belajar menggambar, melukis, atau memahat. Mereka dapat belajar berlakon untuk pertunjukan di sekolah. Mereka juga dapat belajar mencintai lingkungan sekitar dengan ikut kerja bakti membersihkan fasilitas umum atau menaman pohon di taman kota.

  • Anda sebagai orang tua hendaknya berkoordinasi dengan remaja Anda, sekolah, tempat peribadatan Anda, atau organisasi-organisasi terkait dalam merencanakan dan melakukan kegiatan-kegiatan remaja yang positif tersebut di atas. Apa pun pilihan Anda bersama, pastikan anak remaja Anda bersenang-senang sambil belajar hal-hal positif ini.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Kegiatan Remaja yang Menyenangkan dan Bermanfaat

Anda dapat membantu anak remaja Anda dan teman-temannya aktif terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat yang menggali bakat dan keterampilan mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr