Tips Memperbaiki Hubungan Keluarga yang Retak

Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti akan binasa dan setiap kota atau rumah tangga yang terpecah-pecah tidak dapat bertahan.

27,083 views   |   75 shares
  • "Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh", sebuah pepatah yang menggambarkan bahwa persatuan dalam segala hal adalah mutlak adanya, bahwa pertikaian sekecil apa pun bila tidak segera diselesaikan lama kelamaan akan menjadi besar dan akhirnya dapat menghancurkannya. Di dalam sebuah negara modal utama agar bisa menjalankan roda perekonomian dengan baik adalah persatuan di antara para rakyatnya, sangat mustahil bila sebuah negara yang rakyatnya tidak dapat bersatu dapat melangsungkan roda perekonomiannya dengan aman serta lancar. Begitu pula dalam keluarga sebagai unit terkecil di dalam sebuah negara, keluarga-keluarga memiliki peranan sangat penting dalam melahirkan, membesarkan serta mendidik para generasi penerus bangsa agar dapat menjadi orang-orang yang dapat berguna bagi bagsa dan negaranya. Namun, apa yang akan terjadi bila fungsi keluarga tidak dapat berjalan dengan semestinya, apa yang akan terjadi bila tidak ada persatuan di dalam keluarga, hal-hak buruk dipastikan akan segera terjadi. Kekacauan di dalam masyarakat akan terjadi di mana-mana, imbas yang lebih luas sebuah negara akan menjadi tidak aman dan bila hal tersebut akhirnya tidak tertangani dan dibiarkan tanpa ada usaha pencegahan, maka kehancurannya dapat segera diprediksi.

  • Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti akan binasa dan setiap kota atau rumah tangga yang terpecah-pecah tidak dapat bertahan. Di dalam masyarakat sendiri perpecahan di dalam keluarga banyak terjadi, peristiwa-peristiwa memilukan di mana seorang anak membunuh orang tuanya atau seorang ayah merundung anak-anak dan istrinya, adalah beberapa contoh nyata di mana iblis sedang berusaha dengan giat ingin segera menghancurkan manusia melalui keluarga-keluarga daripada secara perorangan. Persatuan di dalam keluarga adalah sangat penting, namun bila ada di antara Anda saat ini sedang mengalami konflik di dalam keluarga Anda berusahalah dengan sekuat tenaga untuk tidak larut dalam perselisihan tersebut, bangkit dan jadilah seseorang yang mengusahakan sebuah perubahan, yakinkan diri Anda bahwa keluarga yang Anda miliki adalah sangat berharga, bahwa Anda tidak menginginkan kehancuran terjadi menimpa keluarga Anda.

  • Untuk membantu mengatasi permasalah yang Anda sedang hadapi, simaklah beberapa tips berikut ini supaya dapat membangkitkan kembali semangat Anda untuk menyelamatkan keluarga Anda dari ujung tanduk kehancuran:

  • 1. Hindari perselisihan

  • Dalam hidup bersama dengan keluarga setiap orang tidak akan bisa lepas dari perselisihan, entah besar atau kecil skalanya perselisihan yang terjadi pasti akan dialami. Namun, sebenarnya perselisihan tersebut sesungguhnya dapat semakin mempererat atau justru menghancurkan hubungan keluarga tergantung pada bagiamana masing-masing individu meresponnya. Setiap keluarga memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang sangat sensitif merespon perselisihan ada juga yang sangat toleran terhadap perselisihan. Bila Anda tinggal di dalam keluarga yang sensitif terhadap perselisihan, maka satu-satunya cara adalah dengan menghindari penyebab perselisihan tersebut, seperti contohnya utang-piutang.

  • Advertisement
  • 2. Jangan mudah marah

  • Emosi seseorang dalam merespon setiap permasalahan dapat berbeda-beda, ketersingungan terhadap ucapan pedas yang menyakitkan hati umumya menjadi penyebab utama seseorang menjadi marah. Di sini Anda harus bisa menahan diri untuk tidak mudah marah, jangan terprovokasi oleh hal-hal yang dapat menyulut kemarahan Anda, jadilah seseorang yang penyabar dan lemah lembut, setiap manusia dikaruniai oleh Tuhan kemampuan untuk mengendalikan amarahnya, oleh karena itu latihlah dalam setiap saat kehidupan Anda.

  • 3. Toleransi dalam menerima perbedaan

  • Perbedaan paham atau keyakinan seseorang seringkali menjadi penyebab utama perselisihan dalam keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu, bila di dalam keluarga Anda terdapat perbedaan keyakinan atau perbedaan lainnya tumbuhkanlah dalam diri Anda masing-masing sikap toleransi, janganlah memaksakan kehendak, yakinkan dalam diri Anda dan seluruh anggota keluarga Anda bahwa perbedaan itu indah, perbedaan dapat memperkaya keluarga Anda, perbedaan seharusnya tidak dijadikan alasan untuk berselisih satu sama lain, perbedaan seharusnya dapat semakin memperkuat hubungan Anda sebagai keluarga.

  • 4. Mudah saling memaafkan

  • Ingatlah bahwa tidak ada seorang manusia pun yang sempurna, kesalahan baik besar atau kecil tetaplah kesalahan, namun ketika ada seorang anggota keluarga Anda berbuat kesalahan disadari bahwa hal paling sulit adalah memaafkannya. Memaafkan membutuhkan kebesaran hati Anda, dengan memaafkan Anda dapat segera memutus akar kepahitan dalam permasalahan dalam keluarga, jadi bila Anda ingin kembali merasakan kedamaian dan sukacita dalam hubungan keluarga Anda belajarlah melatih diri untuk mudah memaafkan.

  • 5. Jangan menjadi pendendam

  • Dendam yang dirasakan sebenarnya merugikan diri sendiri karena menguras energi serta pikiran. Bila dendam menguasai kehidupan Anda - Anda tidak akan pernah merasakan kedamaian, jadilah sabar, jadilah murah hati, mulailah secara perlahan menghilangkan dendam dalam diri Anda, dan sebagai makhluk yang beragama Anda pasti sudah memahami bahwa Tuhan sendiri sangat membenci umat-Nya yang pendendam.

  • 6. Membiasakan diri untuk mulai bekerja sama

  • Bila selama ini Anda merasa tidak membutuhkan bantuan dari saudara-saudara Anda, mulailah membuka diri, hilangkanlah kekerasan hati, mulailah menerima atau meminta bantuan dari saudara-saudara Anda, dan mulai tingkatkanlah komunikasi yang lebih intim dengan keluarga Anda.

  • 7. Hindari penggunaan kata-kata kasar

  • Advertisement
  • Ada beberapa keluarga yang memang terbiasa dalam penggunaan kata-kata kasar dan jorok dalam komunikasi sehari-harinya. Jika Anda mulai menyadari bahwa hal tersebut salah, maka saat ini adalah tugas Anda untuk bisa menasihati mereka serta memberi teladan kepada mereka untuk tidak lagi menggunakan kata-kata kasar dalam komunikasi sehari-hari. Jika Anda konsisten dan sungguh-sungguh mengharapkan perubahan terjadi dalam keluarga Anda, maka mulailah dari diri Anda terlebih dahulu untuk merubahnya sebelum Anda dapat membantu orang lain untuk berubah.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Tips Memperbaiki Hubungan Keluarga yang Retak

Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti akan binasa dan setiap kota atau rumah tangga yang terpecah-pecah tidak dapat bertahan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr