Melakukan Pelayanan kepada Masyarakat bersama Keluarga itu Menyenangkan

Melayani orang lain sebenarnya tidaklah sulit, asalkan kita ada niat yang tulus serta kemauan yang sungguh-sungguh. Kegiatan sekecil apa pun asalkan positif pasti dapat berguna untuk orang lain.

744 views   |   shares
  • Ketika kami kecil setiap akhir pekan saya dan kakak terbiasa diminta oleh ayah untuk membantunya melakukan beberapa pekerjaan ringan di rumah. Namun pada suatu hari, kami tiba-tiba diajak beliau untuk membantunya membersihkan selokan dan gorong-gorong di depan rumah dan beberapa gorong-gorong milik tetangga. Sebagai seorang anak kecil kami tidak memiliki pertanyaan yang aneh-aneh meskipun tahu risikonya badan bakal kotor semua dan terpaksa menahan diri dari bau yang menyenggat. Setelah beranjak dewasa, suatu hari kami berbincang menginggat kembali masa itu dan kakak mengajukan pertanyaan apakah masih mau melakukan kegiatan itu. Saya langsung menjawabnya tanpa ragu "tentu saja tidak", saya lebih baik membayar seseorang untuk melakukannya. Kakak saya menasihati bahwa apa yang dilakukan oleh ayah waktu itu semata-mata hanya untuk melayani orang lain, ayah melakukannya bukan demi untuk mendapatkan imbalan atas jasanya tapi dia melakukannya dengan senang hati dan tanpa pamrih.

  • Menyadari contoh yang pernah diteladankan oleh ayah memberi saya sebuah keinginan dalam hati untuk mau melakukan hal yang sama bagi orang lain. Melayani orang lain sebenarnya tidaklah sulit asalkan kita ada niat yang tulus serta kemauan yang sungguh-sungguh dan kegiatan sekecil apa pun asalkan positif pasti dapat berguna untuk orang lain. Sebagai alternatif kegiatan bersama keluarga yang murah meriah pada akhir pekan ini, jika Anda memiliki keinginan untuk dapat melakukan hal yang sama Anda dapat mulai mengajak seluruh anggota keluarga Anda untuk bersama-sama melakukan kegiatan yang dapat berguna untuk keluarga Anda sendiri dan orang lain. Beberapa kegiatan berikut ini pernah saya lakukan dan mungkin Anda memiliki ide-ide lain yang lebih segar serta menarik tentunya akan lebih menyenangkan:

  • 1. Membersihkan dinding dan pohon dari poster-poster, iklan dan grafiti

  • Di tempat saya tinggal dinding-dinding rumah warga yang khususnya berada di pinggir jalan raya sering dijadikan tempat untuk menempel poster, iklan dan pengumuman lainnya oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ternyata tidak hanya sampai di situ saja gambar-gambar grafiti dan coretan-coretan berbau sara serta kalimat-kalimat tidak senonoh yang dibuat dari cat semprot pernah beberapa kali menghiasi dinding rumah seorang warga. Pada sebuah rapat keluarga tanpa dihadiri kakak karena dia sudah menikah, saya dan adik-adik serta beberapa teman memutuskan pada akhir pekan ini untuk bersama-sama membersihkan dinding rumah warga tersebut dan beberapa pohon disekitarnya dari poster serta iklan-iklan yang mengotori. Akibat jumlahnya yang cukup banyak kegiatan tersebut tidak bisa kami selesaikan dalam satu hari, namun hal tersebut justru memberi keuntungan kepada kami, setelah beberapa kali melakukan kegiatan tersebut akhirnya beberapa warga ikut membantu kami sehingga pekerjaan jadi bisa cepat selesai.

  • Advertisement
  • 2. Membakar sampah dan memotong rumput

  • Kebetulan waktu itu hanya keluarga kami yang memiliki mesin pemotong rumput, kegiatan ini pernah kami lakukan ketika menjelang acara hari kemerdekaan 17 Agustus. Bersama seluruh anggota keluarga dibantu oleh warga sekitar kami membersihkan lapangan yang akan dijadikan tempat berlangsungnya acara 17-an supaya terlihat lebih bersih, rumput-rumput yang terlalu tinggi kami potong supaya rapih, sampah-sampah plastik dan organik yang berserakan kami kumpulkan lalu kami bakar.

  • 3. Mengecat trotoar

  • Pada malam hari pernah suatu kali seorang pengendara mobil nyaris celaka karena menabrak trotoar jalan di daerah pemukiman kami, entah karena dia mengantuk atau ada penyebab lainnya sehingga kurang waspada. Pada malam hari saya menyempatkan diri melewati lokasi tersebut, ternyata benar trotoar dan jalan memang sekilas tidak bisa dibedakan karena tidak ada tanda atau warna yang bisa memberi tahu para pengendara jika di situ ada trotoar. Hal tersebut saya sampaikan kepada ketua RT kami dan saya meminta dana kas RT untuk membeli cat. Pada akhir pekan saya mengajak adik dan teman-teman untuk membantu mengecat trotoar tersebut dengan warna yang sangat mencolok, harapannya pada malam hari tidak ada lagi pengendara kendaraan bermotor yang menabrak trotoar tersebut.

  • 4. Membersihkan selokan dan gorong-gorong

  • Apakah Anda bersedia melakukan kegiatan yang pernah saya lakukan ini? Selokan dan gorong-gorong adalah lokasi yang sering diabaikan karena tempatnya yang kotor dan berbau tidak sedap, tapi ketika musim penghujan tiba dan terjadi banjir yang akhirnya menyebabkan air sampai masuk ke rumah-rumah biasanya baru panik. Sebelum hal tersebut terjadi alangkah baiknya bila secara berkala selokan dan gorong-gorong dibersihkan supaya air limbah dapat mengalir dengan baik ke sungai.

  • 5. Proyek pelayanan membersihkan dan memperbaiki rumah tetangga yang kurang mampu

  • Di lingkungan tempat tinggal kami ada seorang ibu yang memiliki 3 orang anak yang masih kecil, suaminya telah meninggal beberapa tahun yang lalu karena sakit. Keadaan rumah si ibu tersebut sungguh sangat memprihatinkan, dalam rapat keluarga kami memutuskan untuk membantu memperbaiki rumahnya dengan menghimpun dana pribadi secara patungan. Setelah terkumpul pada akhir pekan kami datang secara mendadak ke rumahnya dengan membawa semua peralatan dan material yang kami butuhkan. Melihat rumahnya kembali bersih serta layak huni setelah diperbaiki membuat hati kami merasa puas, bahwa kami telah melakukan sebuah kegiatan positif yang dapat berguna untuk orang lain.

  • Advertisement
Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Melakukan Pelayanan kepada Masyarakat bersama Keluarga itu Menyenangkan

Melayani orang lain sebenarnya tidaklah sulit, asalkan kita ada niat yang tulus serta kemauan yang sungguh-sungguh. Kegiatan sekecil apa pun asalkan positif pasti dapat berguna untuk orang lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr