Mengurangi Kegemukan pada Anak-Anak

Orang senang melihat anak balita yang gemuk. Akibatnya yang sering menjadi korban adalah anak-anak itu sendiri. Orang tua memaksa atau membiarkan mereka makan banyak tanpa memikirkan dampaknya.

2,989 views   |   shares
  • "Iiih lucu ya, gemeeees deh!" Kalimat ini sering diluncurkan oleh kaum ibu atau remaja putri bila melihat anak balita yang gemuk dengan pipi montok. Tak jarang mereka mencubit pelan pipi anak itu. Kesan seperti ini menunjukkan pandangan kebanyakan orang tentang anak balita. Akibatnya yang sering menjadi korban adalah anak-anak itu sendiri. Orang tua memaksa atau membiarkan mereka makan banyak tanpa memikirkan dampaknya. Penulis kadang-kadang melihat anak kecil yang begitu gemuknya sampai berjalan saja susah dan napasnya terengah-engah. Sungguh patut dikasihani anak-anak seperti ini, mereka terancam beragam penyakit, antara lain diabetes, sakit jantung, dan asma. Berikut ini beberapa saran untuk mengurangi kemungkinan-kemungkinan buruk ini.

  • Ajarkan sejak dini

  • Ketika cucu saya yang berusia 5 tahun mengunjungi kami sesudah hampir setahun tidak bertemu, dia memberitahu saya berapa kalori yang terkandung dalam snack yang sedang kami nikmati. Saya takjub mendengarnya (nenek mana yang tidak membanggakan cucunya), dan memuji ibunya yang sudah mengajarkan kepadanya hal yang penting itu. Begitu anak Anda dapat membaca tidak ada salahnya mengajarkan kepada mereka cara mengenali kalori yang terkandung dalam makanannya dengan membaca petunjuk nutrisi, misalnya yang tertera di kardus sereal.

  • Penjelasan sederhana

  • Anda tidak perlu menerangkan secara rinci bagaimana makan terlalu banyak bisa menyebabkan kegemukan. Mungkin sulit bagi mereka untuk memahami apa itu metabolisme dan sebagainya. Beri saja penjelasan sederhana dan masuk akal yang dapat dicerna otak anak balita. Sebaiknya mereka diberi pengertian bahwa makanan yang terlalu banyak akan diolah tubuh menjadi lemak. Anak yang terlalu gemuk akan menjadi remaja yang terlalu gemuk, bahkan sampai dewasa. Selain mengganggu kesehatan, kegemukan juga membuat anak-anak menjadi rendah diri dan menghambat kemampuan sosial mereka.

  • Biasakan makan sayur dan buah

  • Anak kecil sulit makan sayur, namun ini justru penting bagi kesehatannya. Serat yang dikandung sayuran membantu pencernaan dan mengurangi kegemukan. Selain serat, sayur dan buah-buahan mengandung vitamin yang memberi mereka kekebalan tubuh. Usahakan untuk selalu menyediakan sayur dan buah dalam porsi yang cukup setiap harinya. Paling tidak Anda dapat membuat jus dari sayur dan buah supaya mudah ditelan.

  • Kurangi karbohidrat dan gula

  • Ada orang yang makan nasi tiga kali sehari dan dalam jumlah yang banyak. Dengan menggunakan pedoman empat sehat lima sempurna, kita hendaknya menyusun menu yang seimbang. Cara yang sederhana untuk ini ialah membagi piring kita dalam tiga bagian. Bagian pertama berisi nasi, bagian ke dua lauk pauk, bagian ke tiga sayuran. Sebagai pelengkap kita sediakan buah dan susu. Jangan membiasakan mereka minum soda, makan permen dan keripik kentang.

  • Advertisement
  • Kegiatan

  • Ajaklah anak-anak ke taman di sore hari untuk membiarkan mereka bersepeda, main kejar-kejaran, memanjat-manjat, dan menikmati kegiatan lainnya yang dapat melatih tubuh mereka. Janganlah mereka dibiarkan duduk di depan TV sepanjang hari. Kegiatan di luar membantu tubuh supaya bugar dan mengurangi lemak.

  • Anda dapat memasukkan nama anak Anda di situs www.feedingyourkids.com dan mengetahui berapa kalori yang seharusnya dimakan menurut usia dan berat badan anak. Program ini gratis dan tidak disponsori iklan. Mantan presiden AS, Bill Clinton, memberi penghargaan kepada program ini dan menulis "Program Feeding Your Kids (Memberi Makan Anak Anda) mengatasi kegemukan yang berlebihan di kalangan anak-anak dan remaja dengan memberi cara-cara yang konkrit untuk membantu keluarga makan lebih sehat dan merupakan contoh yang luar biasa tentang bagaimana anggota masyarakat kita berusaha memperbaiki kehidupan di seluruh dunia."

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mengurangi Kegemukan pada Anak-Anak

Orang senang melihat anak balita yang gemuk. Akibatnya yang sering menjadi korban adalah anak-anak itu sendiri. Orang tua memaksa atau membiarkan mereka makan banyak tanpa memikirkan dampaknya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr