Mengubah Citra

Tidak gampang mengubah citra buruk yang terlanjur menempel di nama Anda. Tetapi bila Anda berusaha sungguh-sungguh Anda pasti akan berhasil.

837 views   |   shares
  • Karena pengaruh usia atau situasi Anda mungkin pernah melakukan sesuatu hal kurang baik yang akhirnya melekat pada diri Anda. Bila orang menyebutkan nama Anda yang akan terbayang di benak mereka adalah kesalahan Anda itu. Tidak gampang mengubah citra buruk yang terlanjur menempel di nama Anda. Tetapi bila Anda berusaha sungguh-sungguh Anda pasti akan berhasil. Apa saja yang harus Anda lakukan untuk membersihkan nama Anda?

  • Tahap pertama: Mengenali

  • Seperti banyak hal tidak baik yang ingin Anda ubah, entah itu penyakit atau kebiasaan buruk atau dalam hal ini citra buruk, pertama-tama Anda harus mengenali apa keburukan itu. Sama juga jika Anda tidak mengenali penyakit Anda bagaimana Anda ingin menyembuhkannya? Paling tidak Anda harus bisa menyebutkannya kepada dokter bagian mana yang sakit sehingga dokter dapat mengira-ngira apa penyakit itu. Begitu pula bila Anda tidak menyadari bahwa rumah Anda kotor Anda tidak memiliki keinginan untuk membersihkannya sampai ibu atau mertua Anda datang dan berteriak "Astaga jorok amat kamar mandi ini, sudah berapa bulan tidak kamu bersihkan, sayang?" Dengan tersipu-sipu (kalau Anda tahu malu) Anda akan mengambil alat dan bahan pembersih untuk menyikatnya. Anda mempunyai kebiasaan buruk misalnya mencongkel gigi di depan umum, tetapi Anda tidak menyadarinya sampai seseorang menegur Anda. Barulah Anda berhenti melakukan kebiasaan buruk itu.

  • Tahap kedua: Mempunyai keinginan berubah

  • Percuma saja Anda menyadari citra buruk Anda namun tidak memiliki keinginan untuk mengubahnya. Seperti juga Anda tidak berbuat apa-apa sesudah ibu Anda menegur dengan menunjukkan betapa joroknya kamar mandi Anda. Anda cuma berkilah "Maklum kamar mandi bujangan." Atau teman Anda sudah menegur kebiasaan buruk Anda tetapi Anda membenarkan kebiasaan itu dengan alasan "gigiku renggang-renggang jadi makanan suka menyelip, tidak enak makan dengan gigi seperti itu." Anda tidak mempunyai keinginan untuk mengubah citra Anda. Anda tidak menganggap hal itu penting dalam hidup Anda sehingga harus diubah.

  • Tahap ketiga: Berusaha keras berubah

  • Penyanyi Miley Cirus adalah mantan pemain film seri Disney di teve. Citranya waktu itu sebagai Hanna Montana sangat baik di mata orang tua yang mengizinkan anak-anaknya menonton tayangan tersebut. Begitu menginjak usia 16 dia mulai ingin meninggalkan citra bintang anaknya. Dia mulai berpose sensual dengan hanya bertutup kain seprei untuk majalah. Dia berusaha keras mengubah citranya. Rambut panjangnya dipotong pendek sekali dan ketika bernyanyi di panggung bersama seorang penyanyi pria dia berdansa seronok sehingga mempopulerkan gaya baru yang disebut twerking. Dalam album barunya dia menyanyi tanpa busana di atas bola raksasa berantai. Dia berhasil menjadi lebih populer dan meninggalkan citra bersih Hanna Montana.

  • Advertisement
  • Namun entah angin apa yang bertiup tiba-tiba dia berkata bahwa dia sudah bosan dengan twerking. Mungkin juga dengan usia yang sudah menginjak akil balik dia ingin meninggalkan kegilaannya di usia remaja. Tiba-tiba dalam malam pemberian piala MTV ketika video lagu barunya memenangkan nominasi dia memberi ilham kepada pencipta video itu untuk menyampaikan ketrenyuhan mereka terhadap ratusan ribu tuna wisma muda di California. Miley Cirus terlihat mengusap air matanya yang menetes ketika mendengar anjuran pencipta videonya guna membantu para penganggur tersebut. Dia sendiri memiliki badan amal yang bertujuan menyalurkan anak-anak muda tuna wisma itu. Dalam sekejap pandangan saya terhadap Miley Cirus berubah, dari anak remaja ugal-ugalan yang mencari sensasi menjadi seorang muda yang ingin menggunakan kesuksesannya untuk mengubah dunia menjadi tempat lebih baik bagi sesamanya.

  • Gunakanlah segala kesempatan untuk mengubah citra Anda. Bila semua sudah Anda lakukan semoga orang lain melihat hasrat Anda untuk berubah dan menghargainya. Jika tidak, jangan putus asa, teruslah berusaha menjaga citra Anda yang baik, Anda akan merasa puas atas keberhasilan Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mengubah Citra

Tidak gampang mengubah citra buruk yang terlanjur menempel di nama Anda. Tetapi bila Anda berusaha sungguh-sungguh Anda pasti akan berhasil.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr