Tips Merawat Lensa Kontak Anda

Ketika Anda memakai lensa kontak, Anda harus memperhatikan perawatan mata dan lensa kontak Anda. Ini termasuk cara penggunaan, kebersihan, dan cara menyimpan lensa kontak yang tepat.

2,842 views   |   1 shares
  • Lensa kontak adalah alat bantu penglihatan yang semakin populer di Indonesia. Lensa kontak praktis untuk digunakan dan dapat mempercantik penampilan pemakainya. Lensa kontak dapat dipakai baik oleh pria maupun wanita, tua maupun muda. Lensa kontak hadir dalam berbagai pilihan warna, kadar air, jangka waktu pemakaian, dan harga.

  • Ketika Anda memakai lensa kontak, Anda harus memperhatikan perawatan mata dan lensa kontak Anda. Ini termasuk cara penggunaan, kebersihan, dan cara menyimpan lensa kontak yang tepat. Apabila Anda lalai atau malas merawat lensa kontak, mata Anda akan merasakan akibatnya. Iritasi ringan, mata merah, infeksi mata, bahkan kebutaan dapat terjadi jika Anda tidak memakai, membersihkan, dan merawat lensa kontak dengan baik dan benar.

  • Jadi, bagaimana cara memilih, memakai, merawat lensa kontak sehingga aman dan nyaman dipakai? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

  • Memilih lensa kontak

    1. Pilihlah lensa kontak yang berkadar air tinggi. Ini penting bagi pemakai yang menggunakannya sebagai pengganti kacamata.

    2. Pilihlah lensa kontak dengan jangka waktu pemakaian yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda butuh lensa kontak sekali pakai? Apakah Anda butuh lensa kontak yang tahan lama hingga 6 bulan atau setahun? Jangka waktu pemakaian lensa kontak sangat mempengaruhi perawatannya. Lensa kontak sekali pakai membutuhkan perawatan minimum tetapi hindari memakainya lebih dari sekali pakai. Lensa kontak tahan lama lebih hemat tetapi membutuhkan perawatan ekstra dalam kebersihan dan penyimpanannya.

    3. Jika Anda tidak yakin merek dan jenis lensa kontak mana yang cocok untuk mata Anda, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mata Anda.

    4. Hindari memilih lensa kontak dekoratif karena ini biasanya cenderung merusak mata Anda secara permanen.

  • Memakai lensa kontak

    1. Sebelum memakai lensa kontak, pastikan tangan dan jari-jari Anda bersih. Cucilah tangan dengan sabun dan bilas sampai bersih dengan air. Pastikan tidak ada busa sabun yang tersisa dan keringkan tangan dengan handuk atau tisu lembut.

    2. Usap dan bilas lensa kontak dengan cairan pembersihnya bukan dengan air keran, air minum, atau air liur Anda. Lensa kontak membutuhkan cairan pembersih isotonik yang steril sedangkan air keran, air minum atau air liur mengandung banyak bakteri dan mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi mata. Teteskan 1-2 tetes cairan pembersih pada lensa kontak untuk membuatnya tetap basah sebelum memasukkannya pada mata Anda.

    3. Gunakan obat tetes mata khusus lensa kontak jika mata Anda terasa kering. Hindari memakai obat tetes mata biasa ketika Anda masih menggunakan lensa kontak. Ketika mata Anda merah karena iritasi, pastikan Anda melepaskan lensa kontak terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tetes mata biasa.

    4. Pakailah lensa kontak sebelum Anda memakai hairspray atau make-up pada wajah. Lepaskan lensa kontak sebelum Anda membersihkan make-up. Hal ini untuk menghindari kontaminasi pada lensa kontak yang akan menyebabkan iritasi pada mata.

    5. Hindari ruangan berasap atau berdebu agar mata Anda tidak iritasi. Jika Anda seorang perokok, ini alasan yang baik untuk berhenti merokok. Jika Anda pengendara sepeda motor, pastikan Anda memakai kacamata hitam atau kacamata biasa untuk melindungi lensa kontak Anda.

    6. Hindari memakai lensa kontak ketika berenang di kolam renang, berendam di bak mandi, atau berjemur di pantai. Ketika berenang, pakailah kacamata renang terlebih dahulu. Air kolam renang dan bak mandi mengandung bakteri yang berbahaya jika terkontaminasi pada lensa kontak Anda. Ketika berjemur di pantai, angin laut yang kencang dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi. Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan kacamata hitam.

    7. Hindari tidur dengan lensa kontak masih terpasang di mata Anda. Ini akan menyebabkan iritasi akut dan infeksi mata.

    8. Hindari memakai lensa kontak apabila mata Anda merah, perih, buram, atau gatal. Istirahatkan mata Anda dan pakailah kacamata untuk sementara.

    9. Hindari pemakaian lensa kontak yang sobek atau yang telah kedaluwarsa.

  • Advertisement
  • Merawat lensa kontak

    1. Bersihkan lensa kontak setelah melepaskannya. Usap dan bilas selama 5-10 detik dengan cairan pembersihnya sebelum menyimpan di wadah khusus. Jangan menggunakan wadah selain wadah penyimpanan khusus lensa kontak.

    2. Rendam lensa kontak Anda di dalam wadahnya selama minimal 6 jam. Jika Anda tidak memakai lensa kontak setelah itu, pastikan Anda mengganti cairan pembersih di dalam wadah setiap 12 jam.

    3. Ganti cairan pembersih di dalam wadah penyimpanan lensa kontak setiap kali Anda menyimpan lensa kontak. Hindari menggunakan cairan pembersih yang sama atau hanya menambahkan padanya.

    4. Jangan pernah berbagi lensa kontak dan wadah penyimpanannya dengan orang lain, bahkan anggota keluarga Anda sendiri.

    5. Ganti wadah penyimpanan lensa kontak minimal 3 bulan sekali. Hindari menggunakan wadah yang rusak atau bocor.

    6. Segera tutup wadah penyimpanan dan botol cairan pembersih rapat-rapat untuk menghindari kontaminasi. Hindari menyentuh bagian ujung botol pembersih untuk alasan yang sama.

    7. Baca dan patuhi aturan pakai yang tertera pada botol cairan pembersih lensa kontak Anda.

    8. Perhatikan tanggal kedaluwarsa lensa kontak dan cairan pembersihnya. Hindari penggunaan melebihi tanggal tersebut.

    9. Simpanlah wadah penyimpanan dan botol cairan pembersih di tempat yang sejuk dan jauh dari jangkauan anak-anak.

    10. Periksakan mata Anda ke dokter mata minimal setahun sekali.

  • Dengan pemakaian dan perawatan yang tepat dan sesuai aturan, Anda akan dapat merasakan manfaat dari lensa kontak. Anda akan dapat melihat dengan lebih baik dan merasa lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Tips Merawat Lensa Kontak Anda

Ketika Anda memakai lensa kontak, Anda harus memperhatikan perawatan mata dan lensa kontak Anda. Ini termasuk cara penggunaan, kebersihan, dan cara menyimpan lensa kontak yang tepat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr