Kritik yang Baik

Tidak ada yang salah dengan memberi kritikan. Kritikan yang baik, yang disampaikan dengan niat baik yang tulus dapat menjadi suatu bentuk perhatian.

10,273 views   |   10 shares
  • Pada dasarnya saya adalah orang yang tidak suka mencampuri urusan orang, apalagi sampai mengkritik orang lain. Tetapi baru-baru ini saya terlibat perbincangan yang panjang dengan seorang sahabat tentang kritik-mengkritik. Dan dari perbincangan itu terbukti pemikiran saya tentang tidak mencampuri urusan orang lain adalah salah. Kita manusia sebagai mahluk sosial akan selalu berhubungan dengan manusia lain. Dan dalam proses menjalani hubungan itu, entah itu hanya kenal sepintas ataupun hubungan yang lebih dekat seperti sahabat, saudara atau bahkan pasangan, pasti akan menimbulkan hal yang baik maupun gesekan karena perbedaan. Itu pasti karena mustahil kita sebagai mahluk sosial untuk tidak peduli sama sekali dengan sesama kita kecuali kita tinggal menyendiri di hutan atau kita mengurung diri dalam rumah setiap hatinya. Dan dalam proses berhubungan dengan sesama terkadang kita disengaja atau tidak diharuskan menerima atau sebaliknya memberi kritikan.

  • Sebenarnya tidak ada yang salah dengan memberi kritikan. Kritikan yang baik, yang disampaikan dengan niat baik yang tulus dapat menjadi suatu bentuk perhatian. Dan itu bisa meningkatkan kinerja, prestasi ataupun pencapaian seseorang. Tetapi sebaliknya, kritikan yang disampaikan dengan salah akan menjadi batu sandungan bagi seseorang bahkan bisa menghancurkan orang yang bersangkutan. Di bawah ini beberapa hal yang harus diingat dalam memberikan kritikan yang baik, kritikan yang tidak membuat orang lain merasa dijatuhkan.

  • 1. Kritikan hendaknya disampaikan secara pribadi

  • Jangan mengkritik seseorang di depan umum. Kritikan yang baik bertujuan untuk membangun bukan untuk menjatuhkan. Jika Kita tulus ingin membantu seseorang berkembang kita akan memberi tahu kesalahan atau kekurangannya secara pribadi. Dengan mengkritiknya di depan orang lain itu berarti kita tidak sedang memperbaiki apalagi membangun tetapi sebaliknya kita sedang menjatuhkan orang tersebut. Alih-alih bersemangat untuk memperbaiki kesalahan kemungkinan besar orang yang bersangkutan akan merasa terpuruk dan tidak bisa menerima kritikan dengan baik. Jadi ingatlah semarah apa pun kita jangan mengkritik seseorang di depan umum. Tidak akan efektif.

  • 2. Berikan pujian dalam kritikan

  • Ini adalah cara yang pintar agar orang yang kita kritik tidak merasa tersinggung. Alih-alih terkesan menggurui atau menyalahkan alangkah lebih baik kalau kita memberikan pujian sebelum memberi kritikan. Berikan juga pujian setelah kita memberi kritikan. Mereka yang kita kritik akan menilai bahwa selain melihat kesalahan mereka, kita juga melihat kelebihan mereka. Itu akan membuat mereka merasa lebih dihargai.

  • Advertisement
  • 3. Kritik tindakannya bukan orangnya

  • Penting untuk diingat bahwa ketika kita mengkritik seseorang kita mengkritik tindakan atau hasil kerja orang tersebut. Jangan salah sasaran dengan mengkritik orang yang bersangkutan secara personal apalagi mengaitkan dengan kondisi fisik atau membawa isu rasial, agama dsb. Untuk itu pastikan untuk tidak mengkritik seseorang ketika kita sedang emosi. Terkadang emosi yang tidak terkontrol akan menyebabkan kita gelap mata dan tidak rasional termasuk dalam hal mengkritik. Alih-alih menjadikan orang yang dikritik lebih baik, hal tersebut justru akan menimbulkan dendam.

  • 4. Memberikan solusi

  • Menurut saya sebuah kritikan yang tidak memberikan solusi sangatlah tidak ada gunanya, tidak membantu sama sekali. Jadi alangkah lebih baik ketika kita hendak memberi kritik pada seseorang hendaknya kita menyiapkan solusi yang bisa membantu.

  • 5. Fokus pada satu kritikan di satu waktu

  • Siapa yang akan suka kalau dihujani kritikan dalam satu waktu? Saya tidak suka. Akan susah bagi saya untuk menerima ketika saya dikritik dengan banyak kritikan dalam satu waktu. Selain itu akan susah bagi saya untuk memahami dengan jelas secara tepat apa yang harus saya perbaiki. Alangkah lebih baik jika kita fokus menyampaikan satu kritikan dalam satu waktu. Itu akan sangat lebih efektif.

  • 6. Kritiklah sesuai dengan fakta

  • Hindari mengkritik orang hanya karena kabar yang belum pasti atau sekedar asumsi. Itu hanya akan menimbulkan pertengkaran jika ternyata kenyataannya berbeda. Oleh karena itu sebelum mengkritik haruslah kita tahu pasti dan yakin akan fakta yang sebenarnya.

  • 7. Memberi kesempatan si penerima kritik untuk berbicara

  • Ini adalah penting. Komunikasi yang berjalan dua arah jauh lebih efektif daripada yang berjalan satu arah. Hal itu berlaku juga dalam hal memberi kritikan. Berikan kesempatan si penerima kritik untuk menyuarakan pendapatnya sehingga akan tercipta pembicaraan yang seimbang dan kritikan pun akan diterima dan dipahami dengan lebih baik. Itu juga akan menghindarkan kesan mendominasi.

  • 8. Tunjukkan bahasa tubuh yang baik

  • Bahasa tubuh yang baik akan membuat percakapan lebih nyaman. Hindari bahasa tubuh yang kaku dan mengintimidasi yang hanya akan menimbulkan sikap defensif dari si penerima kritik. Tunjukkan bahwa kita bermaksud baik dengan memberi kritikan yang membangun bukan untuk menyerang orang yang bersangkutan.

  • Pada akhirnya selalu ingatlah bahwa tujuan kita memberi kritikan adalah untuk membuat orang lain menjadi lebih baik bukan sebaliknya. Jangan sampai niat baik itu dipandang sebaliknya karena kita salah menyampaikan.

  • Advertisement
Bagikan pada teman dan keluarga..

It is my sincere desire and hope that my writing will positively influence readers, and help them be better and happier.

Kritik yang Baik

Tidak ada yang salah dengan memberi kritikan. Kritikan yang baik, yang disampaikan dengan niat baik yang tulus dapat menjadi suatu bentuk perhatian.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr