Hidup bersama Mertua

Buat orang Indonesia yang mementingkan hubungan keluarga ada istilah di antara orang-orang Jawa "mangan ora mangan asal ngumpul," maksudnya biar kelaparan asalkan tinggal bersama.

25,142 views   |   10 shares
  • Buat orang Indonesia yang mementingkan hubungan keluarga ada istilah di antara orang-orang Jawa "mangan ora mangan asal ngumpul," maksudnya biar kelaparan asalkan tinggal bersama. Apakah hal ini hanya berlaku bagi keluarga Anda sendiri, atau termasuk keluarga pasangan hidup Anda? Bukan rahasia lagi hubungan menantu dan mertua jarang yang akur dan damai. Bagaimana menyiasati agar hubungan ini rukun dan kalau perlu mertua Anda dapat tinggal bersama Anda?

  • Hargai mertua

  • Bagaimanapun juga mereka adalah orang tua dari pasangan hidup yang Anda cintai. Dia pasti mencintai orang tuanya dan ingin membantu mereka sebisa mungkin. Bila orang tuanya memerlukan tempat tinggal dan mereka sudah tua, tidak lagi mampu bekerja, sudah sepantasnya sebagai anak pasangan Anda ingin mengulurkan tangan membantu mereka. Hubungan yang dimulai dengan rasa hormat akan berlanjut menjadi hubungan yang baik. Janganlah karena mereka sudah tua dan tidak mampu mereka tidak lagi berharga di mata Anda. Ingatlah bahwa merekalah yang berjuang membesarkan pasangan Anda, tanpa mereka tidak akan ada orang yang sekarang Anda cintai dan mencintai Anda.

  • Karma

  • Tidaklah penting apakah Anda percaya atau tidak kepada karma, Anda suatu waktu juga akan menjadi tua dan mungkin membutuhkan bantuan anak Anda. Bagaimana kalau menantu Anda melarang anak Anda untuk membantu, apakah Anda tidak sakit hati? Atau siapa tahu orang tua Andalah yang membutuhkan bantuan tempat tinggal, bagaimana perasaan Anda bila pasangan hidup Anda menolak untuk membantu mereka karena Anda pernah menolak membantu orang tuanya?

  • Manfaat

  • Dengan membiarkan mertua Anda tinggal bersama, Anda juga memetik manfaatnya. Antara lain mereka dapat menjaga cucu-cucunya bila Anda dan pasangan Anda harus bekerja atau keluar rumah bersama. Tidak ada pengasuh anak yang lebih baik dari kakek dan nenek. Mereka sangat menyayangi cucu-cucunya dan dapat memberi pelajaran yang berharga.

  • Dengarkan petuahnya

  • Kadang-kadang orang tua suka memberi nasihat, teguran, petuah. Dengarkan saja semua itu, mereka bermaksud baik walau kedengarannya nyinyir. Anda hendaknya memberi contoh yang baik bagi anak-anak Anda. Jika Anda bersikap negatif ketika mereka memberi nasihat, anak-anak akan meniru sikap Anda ketika mereka diberi nasihat.

  • Jangan membedakan

  • Perlakuan Anda terhadap mereka hendaknya setara dengan perlakuan Anda terhadap orang tua Anda sendiri. Jangan bersikap berat sebelah, pasangan Anda akan tersinggung jika melihat sikap Anda. Dia akan merasa bahwa ayah-ibunya kurang berharga di mata Anda.

  • Advertisement
  • Bersabarlah

  • Ada orang tua yang kepribadiannya sulit diajak kompromi. Mereka keras kepala, menganggap dirinya lebih tua, jadi harus dihormati. Seandainya Anda mempunyai mertua yang seperti ini banyaklah bersabar. Sedapat mungkin hindari pertikaian karena akan menyengsarakan pasangan Anda. Dia seperti menemukan buah simalakama, dimakan ayah mati, tidak dimakan ibu mati. Sebagai orang yang terjepit di tengah-tengah dia tidak dapat berpihak kepada siapa pun. Belajarlah berembuk, bila ada perbedaan paham hendaknya dibicarakan baik-baik. Duduklah bersama dan pecahkan persoalan dengan kepala dingin. Katakanlah lebih dulu bahwa dalam pembicaraan ini tidak boleh ada yang naik darah, tersinggung atau sakit hati.

  • Satu hati

  • Sebuah keluarga, seperti sebuah organisasi, mempunyai seorang pemimpin dan mempunyai misi untuk memajukan organisasinya. Karena itu tetapkanlah siapa yang menjadi pemimpinnya, misalnya Anda sebagai kepala keluarga memimpin rumah tangga Anda. Semua anggota keluarga hendaknya mengikuti si pemimpin. Tetapkan juga misi keluarga Anda, misalnya kehidupan yang damai dan lingkungan yang nyaman untuk kebahagiaan bersama. Sebagai pemimpin Anda tidaklah memiliki kekuasaan mutlak untuk menentukan segala sesuatu. Sebaliknya Anda memakai sistem demokrasi untuk mendengarkan suara para anggota keluarga lainnya. Sebagai pemimpin Anda menghargai pendapat setiap anggota keluarga dan tidak bertindak semena-mena. Anggaplah mertua Anda sebagai penasihat Anda dengan demikian keluarga Anda akan menjadi sehati dan sepikiran.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Hidup bersama Mertua

Buat orang Indonesia yang mementingkan hubungan keluarga ada istilah di antara orang-orang Jawa "mangan ora mangan asal ngumpul," maksudnya biar kelaparan asalkan tinggal bersama.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr