4 Cara Mengecilkan Perut

Lemak yang bertimbun akan menyebabkan banyak macam penyakit antara lain diabetes, sakit jantung, dan kanker.

291,440 views   |   211 shares
  • Setiap tahun di AS bila Anda mempunyai asuransi kesehatan, Anda diwajibkan menjalani biometrik untuk menemukan data-data kesehatan Anda. Selain diukur tekanan darah tinggi dan ditimbang berat badan, lingkaran perut Anda juga akan diukur. Bila melebihi 35 inci (87 1/2 cm) bagi wanita dan 40 inci (100 cm) bagi pria Anda wajib mengikuti program bimbingan penurunan berat badan. Banyak pria yang gemar minum bir memiliki ukuran perut berlebihan dan begitupun kaum wanita tidak jarang yang perutnya besar. Selain dari segi keindahan, perut besar menandakan bahaya bagi kesehatan, karena itulah perusahaan asuransi berusaha keras memerangi hal ini supaya mereka tidak perlu membayar biaya dokter atau rumah sakit yang mahal. Lebih baik mencegah daripada menyembuhkan. Kita sendiri sebaiknya juga memperhatikan hal yang mungkin kita anggap sepele ini. Bagaimana kita dapat mengecilkan perut?

    Setiap orang memiliki lemak, ini perlu untuk melindungi organ-organ tubuh, namun lemak yang berlebihan akan disimpan di bagian-bagian tertentu dari tubuh, seperti perut misalnya. Lemak yang bertimbun akan menyebabkan banyak macam penyakit antara lain diabetes, sakit jantung, dan kanker.

  • 1. Gerak badan

    Anda perlu berjalan cepat paling tidak 30 menit sehari, 4 x seminggu untuk membakar lemak tubuh Anda. Bila Anda orang yang kurang aktif, misalnya yang duduk bekerja di kantor, Anda perlu berjalan kaki di pagi hari dengan langkah cepat sebelum Anda masuk kerja. Selain berjalan kaki Anda dapat memakai alat olahraga seperti mesin treadmill atau sepeda statik. Anda juga dapat bermain bola atau badminton dengan anak-anak Anda. Bekerja di kebun, membersihkan rumah atau halaman, merupakan kegiatan yang mampu menunjang kesehatan Anda. Anda dapat menaruh sepeda statik di depan teve dan berolahraga sambil menikmati tayangan teve. Dengan demikian Anda juga mengajarkan keluarga Anda untuk tidak selalu bermalas-malasan duduk di sofa.

  • 2. Diet

    Biasanya bila berat Anda berkurang, perut anda akan ikut mengecil. Jagalah makanan Anda agar mengandung banyak serat dan sayur. Nasi putih memang lebih enak tetapi nasi merah mengandung lebih banyak serat, ini akan membantu pencernaan Anda. Bila Anda tidak terbiasa makan nasi merah dan mengalami sakit perut bila memakannya, lakukanlah secara bertahap. Ketika memasak nasi, campurkan beras merah ke beras putih. Pertama-tama mungkin cuma seperempat bagian beras merah, secara bertahap tambahkan porsinya sampai perut (dan mulut) Anda terbiasa.

  • 3. Tidur

    Tampaknya tidak begitu penting tetapi hal ini membantu menjaga kesehatan tubuh. Menurut sebuah penelitian, orang yang tidur 6 - 7 jam setiap malam berat badannya lebih stabil dibanding orang yang tidur 5 jam atau kurang. Begitu pula tidur berlebihan tidaklah membantu mengurangi berat badan. Ini masuk akal karena dengan tidur berlebihan Anda menjadi kurang aktif. Bangun tidur mungkin Anda malah merasa badan pegal-pegal, kepala pusing. Sebaliknya bila Anda bangun pagi dan berjalan kaki cepat Anda akan merasa lebih sehat.

  • 4. Stres

    Faktor stres juga berperan besar dalam mengendalikan berat badan. Anda mungkin tidak bisa menghindari stres. Semua orang pasti mengalaminya, baik di rumah maupun di tempat kerja. Bisa disebabkan oleh anak-anak yang bandel atau merongrong, bisa juga karena atasan yang menekan atau teman kerja yang malas sehingga pekerjaan Anda bertimbun. Tetapi Anda harus tahu cara mengatasinya dan tidak membiarkan stres menggerogoti pikiran serta perasaan Anda. Carilah waktu santai bersama teman atau keluarga untuk mengurangi stres. Olah raga juga bagus untuk memerangi stres. Ketika berolah raga otak Anda menghasilkan zat kimia seperti serotonin dan dopamin yang membuat Anda merasa bahagia, dengan demikian stres berkurang. Selain itu olahraga juga mengurangi berat badan, dengan begitu Anda memperoleh dua keuntungan, kata nenek sambil menyelam minum air.

    Sumber: Web MD

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

4 Cara Mengecilkan Perut

Lemak yang bertimbun akan menyebabkan banyak macam penyakit antara lain diabetes, sakit jantung, dan kanker.
Advertisement
Bergabung dengan jutaan lainnya di seluruh duniamenuju fondasi keluarga yang lebih kuat
-------------------------- atau --------------------------
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr