Bagaimana Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Ketika melamar pekerjaan baru kita tentunya membutuhkan surat lamaran kerja. Bagaimana menyusun surat-surat yang diperlukan itu?

7,232 views   |   1 shares
  • Kita semua pernah mengalami ingin pindah kerja atau perlu pekerjaan baru, mungkin karena tempat kerja kita akan ditutup atau sudah tidak menyenangkan lagi atau kita perlu pekerjaan tambahan. Ketika melamar pekerjaan baru kita tentunya membutuhkan surat lamaran kerja. Bagaimana menyusun surat-surat yang diperlukan itu? Di bawah ini ada beberapa hal penting yang dapat kita pakai untuk merangkai surat lamaran kerja yang akan membawa sukses.

  • Surat pengantar

  • Sepotong surat pendek yang isinya secara ringkas menerangkan bahwa Anda berminat mengisi lowongan yang Anda lihat di koran, di situs perusahaan atau dengar dari teman Anda. Tidak perlu panjang lebar berbasa-basi karena ini bukan lomba mengarang dan calon majikan tidak akan punya waktu membaca karangan Anda. Dua hal yang perlu Anda kemukakan, dari mana Anda mengetahui adanya lowongan dan mengapa Anda berminat mengisinya. Apakah Anda perlu mencantumkan foto? Tergantung dari permintaan yang tertera di iklan lowongan perusahaan itu. Bila diminta, sertakan foto setengah badan Anda yang berukuran 4 x 6 cm dalam pose memandang ke depan. Pakailah baju yang rapi ketika berfoto, kalau bisa baju putih. Bagi pria jangan memakai kaos T shirt yang bergambar.

  • CV Curriculum Vitae atau data-data tentang diri Anda.

    • Nama. Pertama-tama tentunya nama Anda, dalam huruf cetak tebal, di tengah halaman atau di tepi kiri atau kanan tidak menjadi soal.

    • Alamat. Di bawahnya alamat, nomor telepon dan email Anda. Bila Anda mengetik nama Anda di tengah halaman, ketiklah semua ini di tengah halaman juga. Begitu pula bila Anda mengetik nama Anda di tepi kiri atau kanan, cantumkan semua ini di tepi kiri atau kanan halaman juga.

    • Tujuan. Berilah paling sedikit dua spasi sebelum mencantumkan tujuan atau gol Anda. Misalnya "Memakai keahlian yang saya miliki untuk menunjang kemajuan perusahaan dalam bidang teknologi." Tentu saja ada tujuan pribadi seperti membantu orang tua atau memberi makan keluarga, yang ini tidak perlu disebutkan karena calon majikan tidak akan tertarik menerima Anda bekerja kalau cuma demi alasan pribadi. Setiap orang memiliki alasan seperti itu. Anda harus menonjolkan kelebihan Anda daripada orang lain, sesuatu yang akan menjadi aset bagi perusahaan itu.

    • Pendidikan. Anda lulusan dari perguruan tinggi atau sekolah kejuruan mana dan nilai-nilai yang Anda peroleh. Mungkin Anda perlu mencantumkan fotokopi dari ijazah Anda. Di AS orang tidak perlu mencantumkan fotokopi semacam ini. Karena itu kebanyakan orang menaikkan gelarnya, bila dia bergelar Sarjana Muda dia akan mencantumkan S1, bila dia bergelar S1 dia akan mencantumkan S2 dan begitu seterusnya. Ada perusahaan yang melacak keterangan ini tetapi lebih sering mereka percaya saja. Pokoknya bila Anda diterima, Anda mendapat waktu 3 bulan untuk membuktikan kemampuan Anda.

    • Pengalaman kerja. Cantumkan setiap pengalaman kerja dalam satu paragraf. Dimulai dengan yang paling baru. Nama perusahaan, tanggal mulai dan akhir Anda bekerja di tempat itu. Apa saja tugas Anda, jelaskan secara singkat namun rinci. Misalnya saja Anda bekerja di bank, janganlah menulis bahwa Anda menerima dan mengeluarkan uang, itu terlalu global. Sebutkan bahwa Anda membantu nasabah melakukan deposito, membayar rekening tagihan, mengambil uang gaji, memindahkan uang ke tabungan, mengirim uang ke keluarga atau membuka kartu kredit baru. Kalau Anda bekerja di toko di pusat perbelanjaan, jangan hanya mencantumkan membantu pelanggan. Rincikan sebagai membantu pelanggan menemukan barang yang cocok, merapikan barang-barang di toko, memberikan pelayanan yang ramah, menolong pelanggan memecahkan persoalan yang berkaitan dengan pembelian, menerima telepon dan seterusnya.

    • Penghargaan. Sebutkan semua penghargaan yang pernah Anda terima walau kedengarannya remeh tetapi itu menunjang prestasi Anda. Misalnya menjadi pegawai teladan bulan itu, meraih penghargaan sebagai penjual barang terbanyak tahun itu, tidak pernah terlambat masuk kerja dan sebagainya.

  • Advertisement
Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bagaimana Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Ketika melamar pekerjaan baru kita tentunya membutuhkan surat lamaran kerja. Bagaimana menyusun surat-surat yang diperlukan itu?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr