Hubungan Sehat + Perilaku Hidup Sehat = Anak-Anak Sehat

Obesitas bukanlah hanya tentang makan berlebihan; ini adalah tentang kurangnya kasih sayang dan perhatian untuk waktu yang lama.

941 views   |   1 shares
  • Obesitas baik pada orang dewasa maupun anak-anak biasanya disebabkan oleh kebiasaan makan dan olahraga yang buruk. Namun, yang mungkin orang-orang butuhkan adalah hubungan yang kuat dan penuh kasih untuk menolong mereka mengubah kebiasaan mereka dan mencapai kesehatan optimal mereka.

  • “Faktor psikologis juga mempengaruhi kebiasaan makan dan obesitas. Banyak orang makan sebagai tanggapan atas emosi negatif seperti kebosanan, kesedihan, atau amarah. Orang-orang yang kesulitan mengendalikan berat badannya mungkin saja mengalami masalah yang lebih emosional dan psikologis,” menurut Webmd.com.

  • Sebagai orang dewasa, saya telah mengalami banyak hal emosional selama empat tahun terakhir sejak saya menikah, pernikahan membutuhkan kerja keras. Berat badan saya naik sekitar 25 kg. Saya tidak mengatakan ini semua karena masalah emosional dan hubungan pernikahan, tetapi itu memang bagian yang berperan besar. Sekarang, keadaan emosional saya meningkat karena hubungan yang lebih baik dengan suami saya. Menurunkan berat badan dan menjadi sehat sangatlah mudah ketika saya merasa bahagia. Berat badan saya turun sekitar 5 kg dalam sebulan karena hubungan sehat dan perilaku hidup sehat; yaitu makan dan olahraga.

  • Mengenali masalah yang sebenarnya

  • Anak-anak yang menderita obesitas dapat merasakan kebosanan, kesedihan atau amarah. Sumber masalah emosional dan psikologis paling umum bagi anak-anak dan remaja adalah kerja, hubungan dengan teman dan pacar, sekolah, pergumulan sosial dan stres dalam keluarga. Semua pemicu stres ini dapat diatasi di rumah.

  • menurut AACAP menyatakan bahwa, “kebiasaan makan yang buruk, makan atau mengemil secara berlebihan, kurang olahraga (misalnya, anak-anak yang hobi menonton TV), riwayat keluarga yang menderita obesitas, peristiwa atau perubahan hidup yang penuh stres (perpisahan, perceraian, pindah rumah, kematian, perundungan), masalah keluarga dan teman, rasa percaya diri yang rendah, depresi atau masalah emosional lainnya adalah penyebab obesitas bagi anak-anak dan remaja.”

  • Memecahkan masalah yang sebenarnya

  • Kita tahu banyak tentang bagian pertama dari alasan-alasan tersebut di atas, tetapi sisanya seringkali terlupakan karena biasanya lebih sulit diamati dan diobati. Kebanyakan orang tua mungkin saja berpikir, “Menolong anak saya makan makanan sehat dan berolahraga akan memecahkan masalah obesitas.” Namun, anak itu mungkin saja menderita rasa percaya diri yang rendah atau depresi yang menyebabkannya kehilangan hasrat untuk melakukan kehendak orang tuanya. Anak itu mungkin saja memiliki rasa percaya diri yang rendah atau kurang mampu mengendalikan nafsu makannya karena masalah emosionalnya.

  • Advertisement
  • Pantang mundur

  • Memperbaiki perilaku terlebih dahulu tidak selalu menolong. Jika bisa, perbaikilah jiwa anak dan bantulah mereka untuk benar-benar melakukan sesuatu daripada hanya mematuhi orang tuanya. Hubungan kita dengan Tuhan adalah contoh sempurna. Tuhan memberikan kita perintah-perintah untuk kita patuhi karena itu adalah baik bagi kita, tetapi Dia juga memberikan kita ajaran untuk memahaminya, agar kita dapat memotivasi diri kita sendiri untuk bertindak. menurut AACAP menyatakan, “Menurunkan berat badan secara jangka panjang hanya dapat terjadi ketika ada motivasi dari dalam diri sendiri.”

  • Orang tua perlu mendorong anak-anak

  • “Orang tua dari anak yang menderita obesitas dapat meningkatkan rasa percaya diri anaknya dengan menekankan kekuatan dan kualitas positif daripada hanya berfokus pada masalah berat badan,” menurut AACAP. Anda harus berbicara kepada anak-anak Anda dan meluangkan banyak waktu berkualitas dengan mereka, melibatkan diri dalam kehidupan sekolah mereka tanpa harus menjadi orang tua yang terlalu ikut campur. Kemudian, Anda akan tahu kekuatan dan kualitas positif anak Anda dan mampu menekankannya. Ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan kasih sayang kepada anak Anda.

  • Sebagai seorang pendidik kehidupan keluarga, saya suka melihat senyuman pada wajah anak-anak dan saya suka memberitahu mereka bahwa mereka adalah berharga dan dikasihi. Obesitas bukanlah hanya tentang makan berlebihan; ini adalah tentang kurangnya kasih sayang dan perhatian untuk waktu yang lama. Orang tua, pikirkan tentang kali terakhir Anda benar-benar terlibat dengan anak Anda, kapankah itu? Luangkan waktu untuk memecahkan masalah yang sebenarnya menyebabkan obesitas. Anak-anak Anda membutuhkan Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli “Healthy relationships + healthy behavior = fit children" karya Jiyeon Walker.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Jiyeon Walker from Pusan, South Korea, graduating from BYUI in a year.

Hubungan Sehat + Perilaku Hidup Sehat = Anak-Anak Sehat

Obesitas bukanlah hanya tentang makan berlebihan; ini adalah tentang kurangnya kasih sayang dan perhatian untuk waktu yang lama.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr