7 Cara Menyembuhkan Patah Hati

Dalam menjalani kehidupan, hampir semua orang pernah mengalami patah hati karena hubungan percintaan yang gagal. Ada yang mengakhiri hubungan, ada yang terpaksa menerima kenyataan pahit bahwa hubungan yang selama ini dibina telah berakhir.

13,572 views   |   4 shares
  • Dalam menjalani kehidupan, hampir semua orang pernah mengalami patah hati karena hubungan percintaan yang gagal. Ada yang mengakhiri hubungan, ada yang terpaksa menerima kenyataan pahit bahwa hubungan yang selama ini dibina telah berakhir.

  • Hubungan yang berakhir mungkin terjadi karena perselingkuhan, cemburu berlebihan, kebosanan, masalah keuangan, ketidakcocokkan, takut berkomitmen, merasa terlalu dibebani pasangan, merasa pasangan terlalu mandiri, terlalu sering menghabiskan waktu jauh dari satu sama lain, dan masih banyak lagi alasan lainnya.

  • Bagi Anda yang diputuskan oleh pasangan Anda, rasa sakit hati yang Anda rasakan sangatlah wajar dan Anda tidak sendirian. Pada awalnya, Anda mungkin akan merasa kecewa, sedih, rendah diri dan tidak layak untuk memiliki kekasih. Anda perlu mengingat bahwa akhir hubungan Anda berdua bukan berarti akhir dunia bagi Anda. Bahkan, akhir dari hubungan Anda adalah awal baru dari perjalanan luar biasa untuk menemukan kekasih sejati Anda. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan patah hati, antara lain:

  • 1. Membicarakannya dengan seorang teman terpercaya yang peduli dan mahir dalam menghibur

  • Sebaiknya curhat dengan teman yang menawarkan bahu sandaran untuk kita menangis sepuasnya daripada dengan teman yang malah akan menertawakan kesedihan kita. Tetapi ini jangan sering-sering. Sekali-dua kali tidak apa-apa, lebih dari itu tidak bagus untuk kesembuhan hati Anda dan juga akan merepotkan teman Anda.

  • 2. Mencoba suasana baru

  • Usahakan untuk pergi ke tempat baru, terlibat dalam kegiatan baru, bertemu teman-teman baru, atau apa pun yang baru dan berbeda untuk membantu Anda melupakan kenangan bersama kekasih lama. Misalnya, jika sebelumnya Anda bermain gitar berduaan dengan mantan kekasih, sekarang untuk sementara, Anda dapat berhenti bermain gitar dulu dan menekuni hobi lain.

  • 3. Melakukan kegiatan kemanusiaan

  • Obat paling mujarab untuk menghilangkan hati yang sedih adalah dengan menghilangkan kesedihan orang lain. Pergilah meringankan beban hidup orang lain, misalnya membantu mengasuh anak tetangga, mengunjungi panti asuhan, ikut kerja bakti atau berpartisipasi dalam proyek kemanusiaan lainnya.

  • 4. Jangan membicarakan hal-hal negatif tentang mantan Anda

  • Walaupun Anda dikecewakan atau disakiti oleh mantan Anda, bukan berarti Anda berhak menjelek-jelekkan dia. Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ketika hubungan Anda gagal, bukan berarti dia atau Anda orang yang jahat. Biarlah orang lain menilai sendiri tentang kepribadian mantan kekasih Anda.

  • Advertisement
  • 5. Bangkitkan rasa percaya diri Anda

  • Tetaplah berpikiran positif. Anda mungkin bukanlah segalanya yang mantan Anda inginkan, tetapi Anda jauh lebih berharga daripada yang layak dia dapatkan. Anda berhak mendapatkan cinta, perhatian dan pengabdian yang lebih baik. Anda tidak perlu membangun dinding yang menjauhkan Anda dari kemungkinan kisah cinta baru memasuki hidup Anda. Sebaliknya, Anda perlu menjadi lebih terbuka terhadap pilihan yang ada di sekitar Anda. Kegagalan hubungan terdahulu dapat Anda jadikan pembelajaran untuk hubungan masa depan Anda.

  • 6. Jangan tergesa-gesa memulai hubungan yang baru

  • Memang bagus jika banyak yang mengantri ingin menjadi kekasih baru Anda, tetapi janganlah tergesa-gesa mencari pengganti kekasih lama Anda. Biarlah luka lama Anda sembuh. Jangan membanding-bandingkan yang baru dengan yang lama, apalagi menghakimi kekasih baru Anda atas kesalahan yang dilakukan mantan Anda terhadap Anda.

  • 7. Relakan dia

  • Biarkan dia pergi. Perlahan tapi pasti, hilangkan dia dari pikiran Anda. Doakan yang terbaik bagi masa depannya dan masa depan Anda sendiri. Nikmati kesendirian Anda yang singkat ini. Dan ketika Anda sudah berhasil menyembuhkan patah hati Anda, Anda akan berpikiran lebih jernih dan mungkin akan menyadari bahwa hubungan yang gagal itu bukanlah yang terbaik untuk Anda.

  • Tentu saja, ada banyak gagasan lainnya selain dari yang di atas. Intinya, hilangkan patah hati Anda dengan tawa dan kebahagiaan.Tertawalah bersama teman-teman dan keluarga, lakukan kegiatan menyenangkan dan bagikan kasih sayang Anda kepada mereka yang membutuhkan kasih sayang dan bantuan Anda. Anda dapat memilih untuk menangis tersedu-sedu sendirian di kamar atau Anda dapat menyembuhkan luka hati Anda dengan membahagiakan diri Anda sendiri dan orang-orang di sekitar Anda.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

7 Cara Menyembuhkan Patah Hati

Dalam menjalani kehidupan, hampir semua orang pernah mengalami patah hati karena hubungan percintaan yang gagal. Ada yang mengakhiri hubungan, ada yang terpaksa menerima kenyataan pahit bahwa hubungan yang selama ini dibina telah berakhir.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr