6 Kegiatan yang Dapat Merekatkan Kembali Hubungan Keluarga

Saudara-saudara yang kita miliki adalah sangat berharga, meskipun kini kita telah tumbuh menjadi dewasa dan masing-masing telah disibukkan oleh urusan keluarga serta pekerjaan jangan biarkan hal tersebut mengurangi kedekatan kita.

9,207 views   |   1 shares
  • Mengingat kembali ke masa sekitar 17 tahun yang lalu adalah saat-saat yang paling menyenangkan dalam kehidupan kami. Sebagai anak kedua dari 5 bersaudara kami sering menghabiskan waktu dengan bermain bersama setelah pulang dari sekolah, hari-hari kami dipenuh dengan kegembiraan, sehingga kami tidak pernah berpikir bahwa suatu hari nanti kami akan tumbuh menjadi dewasa.

  • Kini 17 tahun telah berlalu, kami sudah tidak bisa kumpul bersama dan bermain seperti dulu lagi, karena tuntutan pekerjaan dan keluarga kami masing-masing memaksa kami harus tinggal terpisah berjauhan satu sama lain. Lima tahun terakhir kami merasakan bahwa hubungan kami sebagai saudara semakin renggang, kami hanya bisa meluangkan waktu sedikitnya satu tahun sekali untuk bisa berkumpul bersama sekaligus mengunjungi kedua orang tua kami, kakak tertua kamilah yang memiliki gagasan bahwa hal ini tidak boleh dibiarkan terus-menerus terjadi. Melalui sebuah acara malam keluarga kami bersama memutuskan untuk mulai memperbanyak intensitas ketemuan kami, meluangkan kembali waktu bersama sebagai saudara, berusaha untuk tidak membiarkan kesibukan masing-masing dari kami mengambil alih kedekatan kami sebagai saudara. Sekarang kami telah memiliki waktu yang lebih banyak untuk dapat berkumpul kembali sebagai saudara, malahan kami sekarang bisa 3 kali setahun melakukan reuni keluarga, kami tidak pernah merasa bosan melakukan hal ini, justru hubungan kami semakin erat dan setiap ada permasalahan yang sedang dihadapi oleh salah satu dari kami saudara-saudara yang lain siap untuk membantu kami.

  • Bagi kita yang memiliki saudara banyak boleh merasa bersyukur, namun bagi Anda yang dilahirkan sebagai seorang anak tunggal janganlah merasa kecil hati. Saudara-saudara yang kita miliki adalah sangat berharga, meskipun kini kita telah tumbuh menjadi dewasa dan masing-masing telah disibukkan oleh urusan keluarga serta pekerjaan jangan biarkan hal tersebut mengurangi kedekatan kita. Berbagai macam kegiatan untuk mengisi waktu berkumpul bersama kami lakukan, jenis kegiatan-kegiatan yang kami lakukan bermacam-macam bisa di dalam rumah atau di luar rumah. Berikut ini beberapa kegiatan yang pernah kami lakukan untuk mengisi kegiatan bersama kami, semoga Anda juga dapat melakukan hal yang serupa dengan saudara-saudara Anda:

  • 1. Malam keluarga

  • Malam keluarga bisa Anda lakukan di salah satu rumah saudara Anda atau di rumah orang tua Anda. Malam keluarga bisa diisi dengan kegiatan menyanyi bersama, menonton film, memasak makanan, bermain game, dan sebagainya.

  • Advertisement
  • 2. Membersihkan rumah

  • Salah satu saudara kami rumahnya pernah hampir ambruk karena gempa, saudara-saudara yang lain berinisiatif untuk segera membantunya, maka kami tetapkan hari untuk datang bersama-sama mengunjunginya dan patungan membeli berbagai macam material untuk memperbaiki dinding rumahnya yang retak. Kegiatan memperbaiki atau bersih-bersih rumah bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengisi kegiatan berkumpul Anda.

  • 3. Memancing

  • Kami berlima memiliki hobi memancing Suatu hari kami pernah memutuskan untuk pergi ke tempat kolam pemancingan, istri dan anak-anak kami sangat menyukai kegiatan ini dan hasil ikan yang kami dapatkan bisa langsung kami olah di tempat. Benar-benar kegiatan yang sangat menyenangkan, kami jadi bisa bercanda lagi dan anak-anak kami bisa lebih mengenal satu sama lain dan dalam waktu dekat ini kami akan merencanakan kembali kegiatan ini.

  • 4. Berkemah

  • Kegiatan berkemah pernah kami lakukan di sebuah tempat perkemahan di kebun raya di daerah Jawa Timur. Kegiatan berkemah sedikit membutuhkan persiapan yang matang dan perlengkapan yang tidak sedikit namun tetap menyenangkan. Jika Anda dan saudara-saudara Anda menginginkan kegiatan menantang di luar rumah, maka Anda bisa melakukan kegiatan ini. Pastikan bahwa saudara-saudara Anda memiliki minat yang sama serta memiliki perlengkapan berkemah yang cukup untuk kegiatan ini.

  • 5. Rekreasi ke pantai

  • Banyak orang menyukai pantai begitu juga dengan kami, kegiatan rekreasi ke pantai jika dilakukan bersama-sama dengan keluarga sangat menyenangkan serta memiliki kesan tersendiri bagi kami. Dari koleksi foto-foto yang kami miliki ketika liburan di pantai memperlihatkan kebahagiaan masing-masing dari kami, kami tidak pernah bosan pergi ke pantai, ada banyak hal yang dapat kami pelajari serta nikmati ketika berlibur di pantai.

  • 6. Rekreasi ke gunung

  • Salah satu tujuan wisata alam yang pernah kami kunjungi bersama adalah salah satu gunung terkenal di kawasan Jawa Timur yaitu gunung Bromo. Pergi ke gunung memiliki keunikannya sendiri dan dengan baju hangat, tebal serta perjalanan malam yang harus kami tempuh benar-benar memiliki kesan tersendiri bagi kami. Ada banyak hal yang kami bisa pelajari dari liburan di gunung, disamping menikmati keindahan alamnya anak-anak kami juga dapat mempelajari berbagai macam vegetasi yang hidup di sekitar kawasan pegunungan.

  • Ada banyak hal lain yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan hubungan sebagai saudara selain keenam kegiatan di atas. Semoga jarak, kesibukan dan hal-hal lainnya tidak menjadi penghalang bagi kita untuk tetap bisa menjalin hubungan silaturahmi dengan saudara-saudara kita.

  • Advertisement
Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

6 Kegiatan yang Dapat Merekatkan Kembali Hubungan Keluarga

Saudara-saudara yang kita miliki adalah sangat berharga, meskipun kini kita telah tumbuh menjadi dewasa dan masing-masing telah disibukkan oleh urusan keluarga serta pekerjaan jangan biarkan hal tersebut mengurangi kedekatan kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr