Renang Sangat Menyenangkan

Jika Anda belum merasa yakin bahwa renang adalah solusi aktivitas luar ruangan yang tepat bagi Anda dan anak-anak, berikut adalah beberapa manfaat dari renang.

963 views   |   shares
  • Musim panas bisa menjadi sangat menyiksa bagi Anda sekeluarga. Sinar matahari yang terik dan panas ditambah polusi kendaraan di mana-mana menjadikan Anda malas keluar rumah dan bersenang-senang dengan keluarga. Tidak terpikir lelahnya jika harus pergi ke taman bermain bersama anak-anak, apalagi pergi ke kebun binatang. Namun, Anda tidak bisa mengurung anak-anak di rumah betapapun menyenangkannya menonton acara TV atau bermain video games di dalam ruangan sejuk ber-AC. Cepat atau lambat anak-anak dan Anda sendiri akan merasa bosan dan ingin pergi ke luar rumah. Kebanyakan orang tua akan mengajak anak-anak ke pusat perbelanjaan jika ingin menghabiskan waktu bersama di luar rumah untuk menghindari panas terik matahari. Lagi-lagi ruangan ber-AC! Lagipula, anak-anak tidak dapat banyak bergerak bebas, apalagi berolahraga, di dalam pusat perbelanjaan.

  • Ada satu solusi lain yang menyenangkan untuk beraktivitas di luar ruangan bersama keluarga. Aktivitas ini sejuk, bebas keringat, menyehatkan dan menyenangkan! Aktivitas ini adalah renang. Jika Anda belum merasa yakin bahwa renang adalah solusi aktivitas luar ruangan yang tepat bagi Anda dan anak-anak, berikut adalah beberapa manfaat dari renang:

  • 1. Anda bisa mengajarkan anak-anak keterampilan bertahan hidup yang berguna

  • Anggaplah memperkenalkan anak-anak pada air dan mengajarkan mereka cara berenang sebagai tindakan bertahan hidup seandainya di masa yang akan datang mereka mungkin menghadapi bencana alam seperti banjir, atau kecelakaan air seperti kapal laut yang tenggelam. Mereka akan tahu cara menyelamatkan diri dengan berenang ke tepian.

  • 2. Renang adalah olahraga low-impact yang membakar banyak kalori

  • Berenang membakar kalori hampir sebanyak berlari dengan resiko membahayakan tulang dan otot tubuh Anda. Mengapa begitu? Karena ketika kita berendam di dalam air, berat badan kita yang harus kita topang akan berkurang secara otomatis. Airlah yang akan menopang sebagian besar berat badan Anda, menjadikan renang sebagai olahraga yang aman dan menyehatkan bagi tubuh Anda, apalagi jika Anda kelebihan berat badan, menderita arthritis atau asma, atau pernah mengalami cedera tulang atau otot.

  • 3. Renang adalah aktivitas yang mengolahragakan seluruh tubuh Anda

  • Hampir semua otot tubuh Anda dari kepala sampai kaki digunakan ketika Anda sedang berenang, bahkan organ dalam Anda seperti jantung dan paru-paru, juga turut merasakan manfaatnya. Renang juga menjadikan tubuh Anda lebih lentur dan kuat.

  • Advertisement
  • 4. Renang adalah olahraga yang dapat dilakukan seumur hidup

  • Maksudnya, renang dapat dilakukan dan bahkan dianjurkan bagi siapa pun: dari bayi, anak kecil, remaja, orang dewasa, maupun orang lanjut usia. Tidak seperti banyak kegemaran lainnya yang tidak dapat Anda lakukan ketika Anda semakin bertambah tua, renang dapat menjadi hobi seumur hidup Anda. Jika Anda gemar berenang ketika kanak-kanak, Anda masih dapat melakukannya ketika Anda dewasa sekarang dan tua kelak.

  • 5. Renang menghilangkan stres dan menjadikan Anda lebih bahagia

  • Mengapa demikian? Renang terbukti dapat menghilangkan stres karena seperti aktivitas olahraga lainnya, tubuh Anda mengeluarkan "hormon bahagia" yaitu endorfin ketika Anda berenang. Anda akan merasa lebih santai dan bahagia. Selain itu, gerakan peregangan tubuh dan pernafasan yang teratur hampir sama seperti bermeditasi sehingga menenangkan tubuh dan pikiran Anda pada saat yang bersamaan. Suara air serta tarikan dan hembusan nafas Anda menjadi seperti mantera, membantu Anda berfokus dan menenggelamkan suara-suara mengganggu dalam pikiran Anda.

  • 6. Renang memperbanyak teman dan kenalan

  • Renang juga dapat menjadi sarana di mana Anda dan anak-anak dapat bertemu orang-orang baru yang peduli kesehatan dan menjalin pertemanan dengan mereka. Anda dapat mengajak anak-anak Anda untuk berenang di kolam renang umum, taman bermain air (waterpark), danau, dan pantai.

  • Apakah Anda sudah diyakinkan tentang manfaat renang bagi kesehatan dan kesenangan keluarga? Namun, sebelum Anda pergi renang bersama keluarga, pastikan terlebih dahulu bahwa lingkungan dan cuaca tempat renang Anda aman bagi keluarga, misalnya ada ban apung untuk anak kecil, ada penjaga pantai, atau jika Anda berenang di kolam renang, kolam itu mengandung klorin dengan PH air yang tepat. Juga pastikan Anda sekeluarga melakukan pemanasan sebelum berenang dan pendinginan setelahnya. Bawa banyak air putih dan selamat bersenang-senang!

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Renang Sangat Menyenangkan

Jika Anda belum merasa yakin bahwa renang adalah solusi aktivitas luar ruangan yang tepat bagi Anda dan anak-anak, berikut adalah beberapa manfaat dari renang.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr