Tips Menjadi Orang Tua yang Bahagia

Seseorang yang dalam kesehariannya mampu untuk berpikir secara positif, maka ia akan dapat mengatasi setiap persoalan hidup dengan kesabaran, tidak mudah terhasut dan bijaksana.

4,845 views   |   shares
  • Impian untuk bisa memiliki sebuah keluarga yang bahagia pastilah dambaan setiap orang, dalam hal ini orang tua yang notabene sebagai pemimpin sebuah keluarga harus mampu mewujudkan impian tersebut. Orang tua yang bahagia akan mampu menentukan tingkat kebahagiaan keluarganya, oleh karena itu sebelum orang tua bisa menciptakan kebahagiaan di dalam keluarganya ada baiknya mereka merasa bahagia terlebih dahulu secara pribadi. Simaklah tips berikut ini bagaimana cara agar dapat menjadi orang tua yang bahagia:

  • 1. Percaya diri

  • Untuk bisa merasa bahagia seseorang harus terlebih dahulu memiliki kepercayaan diri yang baik. Kepercayaan diri adalah modal utama bagi seseorang untuk dapat melakukan aktifitas sehari-harinya baik dalam dunia pekerjaan atau pun dalam pergaulan dengan masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggal. Jika saat ini Anda masih memiliki rasa minder atau rendah diri lawanlah perasaan itu karena jika Anda menyerah, maka hal itu justru dapat menjerumuskan Anda ke dalam lubang ketidakbahagiaan.

  • 2. Mampu berpikir positif

  • Seseorang yang dalam kesehariannya mampu untuk berpikir secara positif, maka ia akan dapat mengatasi setiap persoalan hidup dengan kesabaran, tidak mudah terhasut dan bijaksana. Oleh karena itu, untuk bisa selalu merasakan kebahagiaan setiap orang tua harus melatih serta membiasakan dirinya untuk mampu berpikir secara positif dalam menyikapi setiap permasalahan.

  • 3. Mampu mengatasi emosi serta kemarahan

  • Seseorang yang temperamen sudah dapat dipastikan dia tidak pernah bisa merasakan kebahagiaan dalam hidupnya, segala permasalahan yang sedang dihadapi baik besar maupun kecil selalu ditanggapinya dengan emosi serta kemarahan. Oleh karena itu, bila Anda ingin bisa merasakan kebahagiaan dalam kehidupan pribadi serta keluarga Anda, maka Anda terlebih dahulu harus mampu mengalahkan emosi serta kemarahan Anda. Olahraga, meditasi, yoga serta sebisa mungkin menghindari pemicu permasalahan adalah cara-cara sederhana yang bisa dilakukan guna meminimalkan keinginan Anda untuk marah.

  • 4. Tidak tersangkut masalah

  • Sedapat mungkin jauhilah masalah serta jangan mencari-cari masalah karena setiap permasalahan yang sedang dihadapi oleh seseorang dapat secara langsung mempengaruhi tingkat kebahagiaannya. Hindarilah berhutang bila Anda merasa tidak memiliki cara bagaimana untuk melunasinya, menggunakan dengan bijaksana kartu kredit Anda, jujurlah selalu dalam pekerjaan, hindarilah berbohong, dan sebagainya.

  • Advertisement
  • 5. Menciptakan keharmonisan dengan pasangan

  • Pasangan Anda adalah rekan serta penolong Anda, dengan dirinya Anda akan menghabiskan sisa hidup bersama. Seseorang yang dalam kehidupan pernikahan bersama pasangannya tidak bisa menciptakan keharmonisan dalam rumah tangganya niscaya mereka tidak akan pernah merasakan kebahagiaan. Hormatilah selalu pasangan Anda, jagalah kejujuran, serta kasihilah dia dengan sepenuh hati Anda, dengan cara demikian Anda akan bisa merasakan kedamaian serta kebahagiaan dalam diri Anda.

  • 6. Memiliki hobi yang sehat

  • Rutinitas dalam pekerjaan yang menjemukan dapat menguras tenaga, pikiran serta kesabaran Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengimbanginya dengan melakukan kegiatan yang sehat. Kembangkanlah sebuah kebiasaan atau Anda dapat melakukan hobi Anda. Memancing, olahraga, berekreasi, dan sebagainya adalah cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat kehidupan Anda rileks sejenak.

  • 7. Menjaga kesehatan

  • Supaya tetap bisa melakukan kegiatan sehari-hari seseorang haruslah memiliki tubuh yang sehat. Mensana En Coperosano = Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, penyakit yang diderita oleh seseorang dapat mengikis kebahagiaan seseorang, tidak hanya kebahagiaan orang itu tetapi juga kebahagiaan anggota keluarga yang lain. Oleh karena itu, jika Anda ingin selalu bahagia dan terlebih ingin selalu membahagiakan keluarga Anda, maka Anda harus bisa menjaga tubuh Anda agar selalu senantiasa sehat. Jauhilan rokok, alkohol, narkoba, dan makanlah makanan secara bijak, hindari memakan makanan yang dapat memicu datangnya berbagai macam penyakit.

  • 8. Mengadakan malam keluarga

  • Luangkanlah waktu sedikitnya 1 jam sehari untuk bisa berkumpul serta berkomunikasi satu sama lain sebagai keluarga. Sesibuk apa pun Anda jangan pernah melupakan keluarga Anda karena keluarga Anda jauh lebih penting dari harta apa pun di dunia ini, melihat anak-anak tumbuh dan memperhatikan tingkah laku mereka dapat mengurangi beban pikiran Anda, membuat Anda mampu untuk tersenyum dan menikmati kehidupan ini.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Tips Menjadi Orang Tua yang Bahagia

Seseorang yang dalam kesehariannya mampu untuk berpikir secara positif, maka ia akan dapat mengatasi setiap persoalan hidup dengan kesabaran, tidak mudah terhasut dan bijaksana.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr