Tetangga yang Runyam

Kehidupan rumah tangga Anda yang damai dan sentosa terganggu gara-gara tetangga yang usil dan mau tahu segala urusan orang. Bagaimana tanggapan Anda dan apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini?

1,951 views   |   0 shares
  • Kehidupan rumah tangga Anda yang damai dan sentosa terganggu gara-gara tetangga yang usil dan mau tahu segala urusan orang. Bagaimana tanggapan Anda dan apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini?

  • Ketika saya dan keluarga saya tinggal di sebuah kota kecil yang aman dan damai, satu-satunya gangguan yang muncul adalah dari tetangga kami, seorang nenek yang usil. Kami maklum dia tinggal seorang diri, walaupun dia rajin berkebun dan mengerjakan kegiatan di komputernya, di usia senjanya dia pasti merasa kesepian dan ingin diperhatikan. Tetapi caranya mencari perhatian sungguh keterlaluan, tidak hanya kami yang terkena ulahnya, namun juga penghuni sebelumnya, bahkan seluruh kota mengenal kebiasaannya. Suatu hari dia mengadu ke polisi bagian kesejahteraan hewan bahwa kami tidak memberi makan anjing kami. Ketika polisi datang ke rumah kami, suami saya menunjukkan sepanci besar bakso kuah yang kami masak (bukan cuma buat anjing kami tentunya). Polisi bertanya apakah kami ingin menuntut balik si nenek, tentu saja kami tidak berbuat itu.

  • Sabar

  • Dalam hal tetangga kami, tidak sulit untuk menunjukkan kesabaran karena kami maklum siapa yang kami hadapi. Tetapi tidak jarang orang hilang sabar terhadap tetangganya dan mengajak ribut atau bahkan baku hantam. Saya pernah membaca sebuah berita tentang seseorang yang tinggal di apartemen dan marah karena tetangganya selalu membanting pintu setiap kali keluar atau masuk. Dia selalu terkejut mendengarnya, lama-lama karena acap kali begitu dia datang ke rumah tetangganya dan menegur soal itu. Tetapi masih saja si tetangga membanting pintu, karena tidak dapat menahan amarahnya dia keluar dan menembak mati tetangganya.

  • Pengertian

  • Kesabaran datang dari pengertian. Kami mengerti tetangga kami sudah tua, hampir 100 tahun umurnya, dan dia tinggal seorang diri. Tidak ada gunanya kami ribut dengan dia, salah-salah kami jadi pembunuh, bukan karena menembak mati dia tetapi karena kalau dia marah dan penyakit jantungnya kambuh, dia bisa mendadak sontak mati. Mungkin tetangga Anda mempunyai masalah yang berbeda dan sekedar usil gara-gara ingin menghindar dari masalahnya. Berbelaskasihanlah dan coba mengerti kesulitannya, hindari pertikaian dengan pengertian.

  • Berembuk

  • Anda tidak dapat mengatasi masalah Anda dengan sekedar datang ke rumah tetangga dan memperingatkan dia supaya tidak berbuat usil lagi. Ajaklah bicara secara baik-baik, tanyakan persoalannya dan apakah Anda dapat membantunya. Dijamin Anda akan menjalin hubungan yang lebih baik dan gangguan akan berkurang. Tak kenal maka tak sayang, kata pepatah lama. Ketika nenek usil mengadu ke tata kota karena di halaman kami tumbuh bunga liar selain rumput hijau, saya datang ke rumahnya. Di serambi rumahnya kami duduk dan bercakap-cakap dengan santai. Saya jelaskan bahwa saya menyukai bunga apa saja, bahkan yang liar. Saya tunjukkan juga rumput hijau di halaman rumahnya yang bebas dari bunga liar karena disemprot anti hama. Saya tanyakan keberatannya, karena jelas bunga liar di halaman kami tidak mengganggu halamannya. Saya anjurkan supaya dia lebih memperhatikan cucu-cucunya daripada segala yang terjadi di rumah kami. Saya senang saya tidak marah-marah kepadanya karena tidak lama kemudian dia meninggalkan dunia fana ini.

  • Advertisement
  • Berteman

  • Tetangga (atau teman) dekat kadang-kadang melebihi saudara yang tinggal jauh, mereka dapat menolong dalam keadaan genting. Siapa yang akan Anda panggil bila istri Anda akan melahirkan sedangkan Anda sendiri sedang di kantor dan saudara Anda tinggal ratusan km dari rumah Anda? Sebaiknya antarkan sepiring kue kecil bila Anda melihat sebuah keluarga pindah ke rumah sebelah. Dari awal pupuklah hubungan yang baik dan sejahtera dengan tetangga Anda. Saling menghormati dan saling memperhatikan pada saat diperlukan, itulah hubungan antar tetangga yang sehat. Tetapi jagalah juga jarak supaya masih ada batas yang seharusnya. Janganlah berada di rumah tetangga siang malam, bergunjing tentang seluruh penghuni kompleks perumahan Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Tetangga yang Runyam

Kehidupan rumah tangga Anda yang damai dan sentosa terganggu gara-gara tetangga yang usil dan mau tahu segala urusan orang. Bagaimana tanggapan Anda dan apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr