Memacu Kreativitas

Ada beberapa cara untuk memacu kreativitas supaya hidup Anda lebih berkembang. Salah satunya ialah dengan melakukan sesuatu yang tidak biasa Anda lakukan. Jangan takut akan perubahan.

2,226 views   |   shares
  • Ada beberapa cara untuk memacu kreativitas supaya hidup Anda lebih berkembang. Salah satunya ialah dengan melakukan sesuatu yang tidak biasa Anda lakukan. Jangan takut akan perubahan. Sesungguhnya perubahan adalah inti dari kreativitas, tidak ada kreativitas tanpa perubahan. Bila para penemu di abad modern ini tidak kreatif, Anda tidak akan mengenal komputer, media sosial, internet, ponsel dan sebagainya. Semua perangkat itu telah mengubah dunia kita menjadi seperti sekarang ini. Mungkin Anda tidak akan menemukan sebuah perangkat teknologi yang baru, namun apa saja yang dapat Anda lakukan untuk menjadi kreatif dalam hidup Anda?

  • Kreatif dalam memasak

  • Sebagai seorang ibu atau bapak rumah tangga Anda pasti pernah bingung apa yang akan Anda hidangkan hari ini untuk makan malam keluarga Anda. Kemarin sudah masak rendang, dua hari lalu masak ayam goreng dan sayur asem, sebelumnya telur balado, ketika sedang tongpes nasi goreng, apa lagi yang mesti diolah? Di sini diperlukan kreativitas untuk membangkitkan selera makan keluarga Anda tanpa harus menggunakan anggaran besar. Banyak resep online yang dapat Anda ikuti, cobalah sesuatu yang belum pernah Anda sekeluarga nikmati. Jangan yang terlalu aneh-aneh sampai tidak ada yang menyentuh hidangan itu. Cobalah memasak sesuatu yang agak berbeda namun tidak menyulitkan Anda dalam mencari bahan-bahannya.

  • Kreatif dalam bekerja

  • Di tempat kerja mana pun kreativitas akan sangat dihargai. Bila Anda mempunyai gagasan dan wawasan baru yang dapat Anda bagikan kepada atasan Anda, dan dia menyukai gagasan itu, ada kemungkinan Anda akan menjadi orang kepercayaannya. Carilah cara baru yang membuat pekerjaan Anda lebih cepat selesai atau cara yang dapat meningkatkan penjualan di kantor Anda. Jika Anda bergerak di bidang teknologi siapa tahu Anda dapat menemukan program perangkat lunak komputer yang baru dengan kreativitas Anda.

  • Kreatif dalam berkebun

  • Jika Anda suka bercocok tanam cobalah cara-cara baru yang mungkin akan menghasilkan lebih banyak produksi. Selain di lahan yang biasa, belakangan ini banyak diperkenalkan cara bercocok tanam dengan hidroponik. Cara ini konon menghemat lahan dan memproduksi lebih banyak. Beberapa jenis tanaman baru yang cocok untuk iklim dan lahan yang ada dapat dibudidayakan.

  • Kreatif dalam mengajar

  • Baik Anda mengajar sebagai guru atau mengajar anak-anak Anda sendiri di rumah Anda dapat menerapkan metode belajar yang baru untuk membantu anak-anak supaya lebih memahami pelajarannya. Begitu pula dalam mendidik anak-anak lakukanlah sesuatu yang baru untuk menerapkan disiplin.

  • Advertisement
  • Kreatif dalam mengatur anggaran

  • Walau tidak banyak yang dapat Anda tabung tetapi Anda dapat menemukan cara baru untuk mengatur anggaran belanja rumah tangga. Mungkin Anda dapat lebih berhemat dengan cara mengurangi belanja ke pasar swalayan. Dengan belanja ke pasar biasa Anda mungkin dapat membeli apa saja yang diperlukan dan dengan harga sedikit lebih murah. Di pasar swalayan Anda melihat banyak barang makanan kaleng yang menarik dan Anda cenderung membelinya. Pokoknya cobalah mengubah cara hidup Anda sedemikian rupa sehingga Anda dapat menabung lebih banyak.

  • Untuk menjadi kreatif Anda harus memiliki pikiran yang terbuka dalam menerima gagasan baru dan selalu mau mencoba sesuatu yang baru. Anda dapat melatih kreativitas misalnya dengan mencari jalan baru untuk pergi ke tempat kerja bila Anda mengendarai mobil atau motor sendiri. Dengan begitu Anda terlatih untuk melakukan sesuatu yang lain dari yang biasa Anda lakukan. Saya memiliki pekerjaan yang mapan ketika saya mengambil keputusan untuk mengubah kehidupan saya. Pada usia senja saya kembali ke bangku sekolah untuk belajar sesuatu yang baru. Tantanglah diri Anda untuk menjadi kreatif dengan melakukan sesuatu yang tidak biasa Anda lakukan. Youtube banyak mempunyai video yang dapat mengajarkan sesuatu yang baru, misalnya menjahit, prakarya, pertukangan, latihan suara, tata rias wajah, dan lain-lain.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Memacu Kreativitas

Ada beberapa cara untuk memacu kreativitas supaya hidup Anda lebih berkembang. Salah satunya ialah dengan melakukan sesuatu yang tidak biasa Anda lakukan. Jangan takut akan perubahan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr