Orang Tua Macam Apa Anda

Ada banyak macam orang tua di dunia ini, ada yang terlalu memanjakan anak, ada yang terlalu keras dalam mendidik anak.

5,819 views   |   2 shares
  • Ada banyak macam orang tua di dunia ini, ada yang terlalu memanjakan anak, ada yang terlalu keras dalam mendidik anak. Dengan memperhatikan bermacam-macam cara orang tua membesarkan anak, mungkin Anda dapat menemukan cara yang paling tepat bagi keluarga Anda.

  • Orang tua sok cool

  • Orang tua yang begini biasanya mempunyai anak-anak remaja dan ingin dianggap cool oleh teman-teman anaknya. Dari cara berpakaian yang bergaya anak muda sampai cara berbicara semua mereka comot dari anak-anaknya. Orang tua yang seperti ini sering membuat malu anak-anak mereka.

  • Orang tua kurang akrab

  • Mereka menganggap anak-anaknya seperti orang lain yang menumpang di rumahnya. Tugas mereka hanyalah menyediakan tempat bernaung dan makanan. Tidak ada ikatan batin yang kuat di antara mereka dan anak-anaknya. Mereka lega bila anak-anaknya sudah lulus sekolah dan masuk ke perguruan tinggi di luar kota.

  • Orang tua perundung

  • Kita patut mengasihani anak-anak yang memiliki orang tua perundung. Entah karena pemabukan atau kecanduan obat bius atau bisa juga sakit jiwa karena dirinya waktu kecil sering disakiti, mereka suka memukul anak. Anak kecil yang seharusnya dilindungi malah menjadi sasaran kekesalan orang tua. Orang tua seperti ini tidak pantas menjadi orang tua. Di AS negara akan ikut campur bila diketahui ada orang tua perundung. Guru-guru di sekolah terlatih untuk mengenali anak-anak yang menjadi korban perundungan. Misalnya anak-anak yang selalu mengenakan baju lengan panjang bahkan di musim panas, mungkin orang tuanya mencoba menyembunyikan memar-memar di badan si anak. Atas pengaduan guru, tetangga atau anak-anak itu sendiri, mereka akan diambil petugas sosial dan perawatannya akan diserahkan ke keluarga lain sedangkan orang tuanya masuk penjara.

  • Orang tua tidak bertanggung jawab

  • Mereka bukannya tidak mengasihi anak-anaknya, tetapi kurang telaten mengurusnya. Bila pergi ke toko atau taman, anak-anak itu akan dilepas begitu saja tanpa pengawasan. Bahkan bila anak-anak itu mengacak-acak barang di toko atau mencabuti tanaman di taman, mereka tidak melarangnya. Saya sering melihat anak-anak kecil berenang tanpa orang tua mereka, padahal sudah jelas-jelas tertera peringatan di kolam renang bahwa anak-anak di bawah umur 14 tahun harus berenang di bawah pengawasan orang dewasa.

  • Orang tua penuh kekhawatiran

  • Mereka selalu membayangkan hal-hal buruk yang mungkin terjadi terhadap anak-anaknya. Karena itu mereka agak mengekang kehidupan anak-anaknya. Kalau boleh mereka akan mengurung anak-anaknya di rumah terus. Jangankan pergi memanjat gunung, bila anaknya bermain bola di lapangan saja orang tua seperti ini sudah khawatir anaknya nanti patah kakinya.

  • Advertisement
  • Orang tua otoriter

  • Bila si ayah seorang militer bisa jadi kehidupan militernya mempengaruhi caranya mendidik anak. Dia ingin anak-anaknya mengikuti disiplin yang ketat dalam hal belajar, bekerja maupun bermain. Jadwal untuk semua itu juga ditetapkan menurut daftar yang dipasang di kulkas. Jangan harap anak-anak dapat menonton bioskop di hari sekolah. Tidak ada anak yang boleh tertawa terbahak-bahak di dalam rumah. Uang saku juga harus dipakai dengan sangat hemat, dan tidak boleh dibelanjakan sampai habis, harus ada sisa untuk ditabung.

  • Orang tua santai

  • Yang ini kebalikan dari yang di atas. Orang tua seperti ini tidak peduli anaknya berbuat apa pun, selama anaknya masih hidup mereka tenang saja. Tidak ada larangan ini dan itu. Apalagi kalau orang tua ini dari golongan berada, mereka memberi anak-anaknya uang dengan leluasa. Anaknya tidak dibiarkan kekurangan dalam hal materi, walaupun mereka kurang memberi perhatian. Seakan-akan dengan memenuhi kebutuhan materi anak-anaknya mereka berharap dapat menggantikan kurangnya kasih sayang.

  • Orang tua bijak

  • Tentu saja kita semua berharap menjadi orang tua seperti ini. Biasanya orang tua yang bijak memakai cara mendidik anak di tengah-tengah, tidak otoriter, tidak pula santai. Mereka menerapkan disiplin walau tidak secara militer. Mereka mempunyai patokan dasar yang menjadi penuntun bagi kehidupan anak-anaknya. Mereka mencurahkan perhatian besar dan kasih sayang, bukan hanya materi, kepada anak-anaknya.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Orang Tua Macam Apa Anda

Ada banyak macam orang tua di dunia ini, ada yang terlalu memanjakan anak, ada yang terlalu keras dalam mendidik anak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr