Treadmill atau Elliptical: Manakah yang Lebih Baik?

Bagi Anda yang gemar berolahraga di pusat kebugaran, Anda akan sering melihat dua jenis mesin kardio ini, treadmill dan elliptical.

11,667 views   |   14 shares
  • Bagi Anda yang gemar berolahraga di pusat kebugaran, Anda akan sering melihat dua jenis mesin kardio ini, treadmill dan elliptical. Kedua jenis mesin ini pada dasarnya menawarkan olahraga kardiovaskular untuk membantu Anda membakar kalori dan meningkatkan kapasitas aerobik tubuh Anda. Namun, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Manakah di antara keduanya yang merupakan mesin kardio yang paling baik bagi Anda? Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari treadmill dan elliptical untuk menjadi bahan pertimbangan Anda.

  • Kelebihan Treadmill:

    1. Mesin ini menawarkan beragam program latihan, seperti jalan cepat, jogging, sprint (lari cepat) dan lari tanjakan. Selain itu, ada banyak pengaturan manual kecepatan dan tanjakan yang dapat Anda pilih sesuai dengan target olahraga Anda.

    2. Treadmill secara umum diakui mampu membakar lebih banyak kalori dibanding mesin kardiovaskular lainnya seperti elliptical atau sepeda statis. Hal ini karena ketika Anda menggunakan treadmill, Anda menopang berat badan Anda sendiri sehingga tubuh Anda membakar lebih banyak kalori.

    3. Treadmill adalah mesin kardiovaskular yang paling pertama dan umum digunakan. Kemudahan mengoperasikan dan berolahraga dengan mesin ini menjadikannya mesin kardio yang paling populer.

    4. Gerakan berjalan, berlari dan menanjak ketika menggunakan treadmill adalah mudah dilakukan penggunanya, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman.

  • Kekurangan Treadmill:

    1. Karena Anda menopang seluruh berat badan Anda seperti ketika berlari di luar ruangan, treadmill termasuk mesin dengan high-impact. Ini dapat menimbulkan tekanan yang berlebihan bagi tulang punggung, pinggul, lutut, dan tumit Anda. Jika Anda pernah mengalami cedera pada bagian-bagian tubuh ini, menggunakan treadmill mungkin akan sulit atau berbahaya.

    2. Gerakan yang Anda lakukan ketika menggunakan mesin ini seringkali dianggap terlalu monoton dan membosankan. Ini menyebabkan Anda enggan berolahraga sesering yang seharusnya Anda lakukan.

    3. Bagi pemula, program-program yang ditawarkan treadmill dapat menjadi sangat melelahkan. Misalnya, program lari menanjak akan sangat berbahaya bagi pemula yang belum siap melakukan olahraga ini. Namun, jika Anda sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba lari marathon, treadmill adalah pilihan yang tepat untuk latihan Anda.

  • Kelebihan Elliptical:

    1. Mesin ini menggabungkan latihan untuk tubuh bagian atas dan bagian bawah dengan pedal kaki dan pegangan tangan yang Anda gerakkan maju mundur untuk meningkatkan pembakaran kalori dan menggerakkan seluruh tubuh Anda.

    2. Karena kaki Anda tidak pernah terangkat dari pedal kaki, elliptical termasuk mesin low-impact yang tepat bagi tubuh Anda apalagi jika Anda pernah mengalami cedera pada tulang belakang, pinggul, lutut dan tumit.

    3. Mesin ini memastikan postur tubuh Anda tetap tegak sehingga menguatkan tulang belakang Anda.

    4. Tidak seperti treadmill, kecepatan mesin ini tergantung pada seberapa kuat Anda mengayuh pada pedal kaki dan menggerakkan pegangan tangan. Ini menjadikan elliptical sebagai mesin yang dapat digunakan baik oleh pemula maupun yang sudah berpengalaman.

    5. Selain itu, elliptical juga menawarkan banyak program latihan sesuai dengan kebutuhan latihan Anda. Banyak mesin elliptical yang juga memungkinkan Anda mengayuh mundur untuk melatih otot betis, paha belakang dan bokong Anda.

  • Advertisement
  • Kekurangan Elliptical:

    1. Karena Anda tidak menopang berat badan Anda sendiri, elliptical seringkali memberikan perhitungan pembakaran kalori yang melebihi jumlah pembakaran kalori yang sebenarnya Anda lakukan.

    2. Pengaturan kecepatan dan tanjakan yang ditawarkan elliptical kurang efektif karena walaupun sudah dipilih, dalam penggunaannya pengaturan ini sepenuhnya bergantung pada kekuatan kayuhan Anda sendiri.

    3. Karena Anda menetapkan kecepatan Anda sendiri, akan sangat mudah untuk memperlambat laju Anda senyaman yang Anda inginkan. Hal ini akan mengurangi tantangan bagi latihan Anda.

    4. Kayuhan dan panjang langkah Anda mungkin akan perlu disesuaikan dengan mesin yang Anda gunakan. Bagi Anda yang memiliki langkah kaki yang pendek, Anda mungkin akan mengalami kesulitan dan menghadapi bahaya terlalu merentangkan otot-otot kaki Anda.

  • Jadi, manakah mesin kardio yang paling tepat bagi Anda? Ini tentu saja tergantung pada kebutuhan latihan dan kemampuan tubuh Anda. Jika Anda seorang pemula atau seorang yang pernah mengalami cedera, elliptical mungkin pilihan tepat bagi latihan Anda. Jika Anda seorang yang memiliki gol untuk membakar sejumlah kalori tertentu atau sedang berlatih untuk lomba lari marathon, treadmill mungkin mesin yang tepat bagi Anda.

  • Namun, Anda juga dapat menggunakan kedua jenis mesin ini secara bergantian untuk mendapat manfaat maksimal dari latihan Anda. Ini juga membantu Anda dari kebosanan dan kehilangan motivasi berolahraga serta mengurangi resiko mengalami cedera dari menggunakan mesin yang sama terus-menerus. Selamat berolahraga!

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Treadmill atau Elliptical: Manakah yang Lebih Baik?

Bagi Anda yang gemar berolahraga di pusat kebugaran, Anda akan sering melihat dua jenis mesin kardio ini, treadmill dan elliptical.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr