Cara Menyatakan Kasih dalam Keluarga

Kita dapat menyatakan kasih dalam keluarga tidak saja dengan perkataan tetapi juga dengan perbuatan. Banyak orang yang tidak pandai mengutarakan isi hatinya dalam kata-kata dan sebagai gantinya mereka menunjukkan melalui tindakannya.

2,705 views   |   1 shares
  • Kita dapat menyatakan kasih dalam keluarga tidak saja dengan perkataan tetapi juga dengan perbuatan. Banyak orang yang tidak pandai mengutarakan isi hatinya dalam kata-kata dan sebagai gantinya mereka menunjukkan melalui tindakannya. Bagaimana kita mengenali pernyataan kasih ini dan bersyukur untuk itu? Di bawah ini tertera beberapa contoh yang dapat Anda lihat sehari-hari.

  • Memasak

  • Janganlah menganggap bahwa sudah seharusnya ibu atau ayah memasak untuk keluarga di rumah, bahwa itu tugas mereka. Bila orang tua menyediakan makanan bagi anak-anaknya, itu karena mereka memikirkan kesehatan dan kesejahteraan anak-anaknya. Orang tua menunjukkan kasih sayangnya dengan jungkir balik di dapur mengolah makanan dan cemilan untuk membahagiakan anak-anaknya.

  • Bekerja

  • Bila seorang ayah atau ibu mempunyai dua atau tiga pekerjaan atau bekerja lembur sampai malam bukan berarti dia kecanduan kerja. Dia bekerja mati-matian untuk mencukupi kehidupan keluarganya, untuk biaya sekolah anak-anaknya, untuk membayar sewa rumah, rekening listrik dan membeli makanan. Jangan menganggap bahwa dia tidak betah di rumah dan senang bekerja sampai lupa waktu. Dia mengorbankan kegemarannya nonton teve dan mengajar anak lelakinya bermain bola demi kesejahteraan rumah tangganya.

  • Menjadi sopir keluarga

  • Bukan karena ibu senang menyetir sehingga dia rajin mengantar anak-anak ke sekolah, ke kursus renang, ke gimnastik, ke latihan main bola. Ayah atau ibu melakukan semua itu karena ingin membuat anak-anak nyaman, sampai ke tempat tujuan dengan selamat tanpa harus lari-lari mengejar bus atau kepanasan dan bergelantungan di bus kota.

  • Mengurus cucian

  • Ibu tahu bahwa ayah dan anak-anak sibuk dengan pekerjaan dan sekolah karena itu dialah yang mengerjakan tugas-tugas rumah tangga, antara lain mengurus cucian, entah dengan mesin cuci atau bahkan mengerjakannya dengan tenaga sendiri. Tidak saja menyuci tetapi juga menjemur serta menyeterika baju-baju. Ibu tidak ingin melihat ayah pergi bekerja dengan baju atau celana yang kotor dan kusut. Ibu juga memastikan agar seragam sekolah anak-anak terlihat rapi dan bersih.

  • Membersihkan rumah

  • Sering kali ibulah yang bertugas membersihkan rumah. Bayangkan kalau ibu menelantarkan rumah. Pulang kerja ayah menemukan rumah yang berantakan, meja berdebu, piring mangkok belum dicuci, tentu kepalanya tambah pusing dan perutnya yang semula keroncongan jadi kehilangan selera makan.

  • Memberi hadiah

  • Advertisement
  • Hal ini yang paling tidak dianjurkan sebagai cara untuk menyatakan kasih dalam keluarga. Memang anak-anak mengharapkan hadiah di hari-hari istimewa seperti ulang tahun, lebaran, natal atau kenaikan kelas, tetapi janganlah hal itu menjadi patokan untuk menunjukkan kasih sayang Anda. Banyak contoh yang menunjukkan bahwa melimpahi anak-anak dengan kemewahan tidaklah menjamin kebahagiaan mereka bila mereka ditelantarkan dalam hal perhatian serta kasih sayang. Sesuaikanlah hadiah dengan penghasilan Anda dan seandainya Anda mampu memberinya hadiah yang mahal-mahal tetap berikanlah hadiah secara tidak berlebihan. Dengan demikian mereka akan lebih menghargai pemberian Anda.

  • Pelukan

  • Ucapan terima kasih dan tentunya ungkapan kasih sayang dalam bentuk perkataan serta pelukan juga sangat penting untuk menyampaikan perasaan kasih Anda kepada mereka. Anak-anak yang yakin akan kasih sayang orang tuanya akan tumbuh menjadi orang yang percaya diri. Selain itu mereka juga akan menunjukkan kasih mereka kepada keluarganya sendiri kelak.

  • Kasih sayang dan kebahagiaan lebih mudah diciptakan dalam keluarga yang mempunyai hubungan yang erat. Berilah anak-anak pengertian bahwa banyak tugas dan kewajiban yang harus dijalankan agar rumah tangga berjalan lancar. Ajarkan juga supaya anak-anak menghargai jerih payah itu serta memahami bahwa semua itu dikerjakan karena kasih orang tua kepada mereka. Bila mereka sudah cukup besar didiklah mereka untuk membantu menyelesaikan tugas rumah tangga. Bahkan anak-anak yang masih kecil dapat membantu menjalankan tugas yang sesuai dengan kemampuan mereka. Beri tahu mereka bahwa dengan membantu meringankan beban ayah dan ibu, mereka menunjukkan kasih kepada orang tuanya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Cara Menyatakan Kasih dalam Keluarga

Kita dapat menyatakan kasih dalam keluarga tidak saja dengan perkataan tetapi juga dengan perbuatan. Banyak orang yang tidak pandai mengutarakan isi hatinya dalam kata-kata dan sebagai gantinya mereka menunjukkan melalui tindakannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr