Jangan Mencuri

Anda pasti setuju dengan judul di atas, mencuri itu melanggar hukum Allah dan juga hukum negara jadi kita semua berusaha keras menghindari pelanggaran hukum ini.

3,269 views   |   shares
  • Anda pasti setuju dengan judul di atas, mencuri itu melanggar hukum Allah dan juga hukum negara jadi kita semua berusaha keras menghindari pelanggaran hukum ini. Ada sebuah iklan yang sering diputar sebelum film (DVD) dimulai. Intinya mengatakan Anda tidak akan menjambret tas atau mencuri DVD di toko, tetapi bila Anda membajak film berarti Anda mencuri dan ada orang yang dirugikan karena pembajakan itu. Iklan ini bertujuan menyadarkan bahwa sesuatu yang kita anggap tidak melanggar hukum sesungguhnya sama dengan mencuri. Dalam kehidupan sehari-hari kita juga sering melakukan pencurian tanpa kita sadari, cobalah lihat contoh di bawah ini.

  • Mencuri waktu

  • Betapa seringnya kita mencuri waktu dan tidak menyadari bahwa ini adalah kejahatan. Banyak kali kita mengobrol bersama teman sekerja karena jenuh dengan pekerjaan kita. Atau memperpanjang jam istirahat yang seharusnya hanya limabelas menit menjadi dua puluh atau bahkan tiga puluh menit. Ada pula orang yang sering-sering pergi ke kamar kecil hanya untuk duduk berlama-lama di situ karena malas bekerja.

  • Mencuri benda kecil

  • Kita merasa tidak bersalah karena benda yang kita curi hanyalah benda yang tidak berharga mahal seperti sebatang bolpen atau selembar kertas atau sebuah amplop surat. Namun kalau itu dilakukan banyak orang sekali seminggu misalnya tentu saja jumlahnya akan menjadi berarti. Di AS pada setiap amplop surat departemen negara tertera peringatan bahwa bila orang menyalahgunakan amplop itu akan dikenakan denda sebesar $500.00

  • Mencuri dari orang tua

  • Semasa kecil kita mungkin pernah mengambil uang dari dompet ibu atau ayah dan berharap mereka tidak menyadari kehilangan itu. Jangan mungkir, terus terang saja, Anda tidak akan masuk penjara karena ini, tetapi Anda tahu bagaimana pun Anda mencoba merasionalisasi perbuatan buruk ini (ah, mereka kan ortu sendiri, tak apa-apa sesekali minta uang tanpa bilang-bilang). Anda tetap mencuri.

  • Mencuri dari restoran

  • Anda pergi ke sebuah restoran di mana Anda membayar harga tertentu dan Anda boleh makan sepuasnya (di situ). Namun Anda membawa sebuah tas belanja atau kantong plastik yang kemudian Anda isi dengan "sisa" makanan Anda. Menurut Anda itu boleh-boleh saja karena sayang sekali kalau makanan itu harus dibuang padahal Anda masih ingin menikmatinya di rumah karena saat itu perut Anda sudah terlalu kenyang. Lebih parah lagi kalau Anda mengambil makanan sebanyak mungkin dan tahu bahwa Anda tidak mungkin menyantap semua itu, tujuan Anda yang sebenarnya ialah membawanya pulang.

  • Advertisement
  • Mencuri ide

  • Yang ini kadang-kadang sulit dilacak karena manusia bisa saja mempunyai ide yang sama pada saat yang berlainan. Kadang-kadang saya mendengar sebuah lagu dan menyadari bahwa di negeri kita lagu itu sudah lama populer dan tentu saja dalam bahasa Indonesia. Jadi siapa yang menyontek iramanya ya? Pencurian ide disebut plagiarisme dan bisa saja terjadi di dunia seni, karya tulis, dan banyak karya lainnya.

  • Mencuri hak cipta

  • Dulu waktu di Indonesia penghargaan terhadap hak cipta belum begitu dihargai, banyak dijual pita-pita kaset yang berisi lagu-lagu Barat. Pita-pita kaset itu diperbanyak tanpa membayar hak cipta kepada si pemilik lagunya. Betapa banyak mereka dirugikan karena hal ini. Akhirnya seorang produser di AS mengontak sebuah perusahaan pita kaset terbesar dari Indonesia. Dengan dalih ingin mengadakan kerja sama si produser mengundang pemilik perusahaan pita kaset ke AS. Sesampainya di AS ternyata undangan itu hanyalah untuk menjebak dan menggiring pemilik perusahaan pita kaset ke pengadilan. Dia akan dijebloskan ke penjara jika tidak membayar ganti rugi yang ditetapkan oleh hakim. Mau tidak mau si pemilik perusahaan pita kaset membayar denda itu karena dia tidak ingin menikmati hotel prodeo Paman Sam betapa pun nyamannya tempat itu di negara yang makmur ini.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Jangan Mencuri

Anda pasti setuju dengan judul di atas, mencuri itu melanggar hukum Allah dan juga hukum negara jadi kita semua berusaha keras menghindari pelanggaran hukum ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr