5 Cara Membantu si Gila Kerja

Jangan pertaruhkan kesehatan Anda demi memenuhi ambisi untuk mencapai hal-hal yang Anda inginkan, jika tubuh Anda sakit, maka segala sesuatu yang telah Anda dapatkan akan terasa sia-sia karena Anda tidak dapat menikmati jerih payah Anda.

3,868 views   |   4 shares
  • Sebagai seorang manusia kita bukanlah robot yang dapat bekerja 24 jam 7 hari seminggu, ada batasan-batasan tertentu yang membedakan kita dengan mesin. Bekerja keras untuk meraih sesuatu yang diimpikan adalah sah-sah saja, namun bila akhirnya mengorbankan kesehatan diri sendiri dan perhatian yang seharusnya dicurahkan kepada keluaraga, maka hal tersebut sudah tidak benar.

  • Gila kerja atau dalam bahasa Inggrisnya sering disebut sebagai workaholic,merupakan sebuah dorongan dalam diri yang begitu kuat untuk mengembangkan suatu usaha atau bisnis, selalu berambisi ingin maju tanpa mengenal waktu, memiliki komitmen tinggi dalam pekerjaan dan perfeksionis. Seseorang yang gila kerja terkadang tidak menyadari bahwa dirinya telah melakukannya, mereka perlu bantuan dan pengertian dari orang-orang terdekatnya untuk mengingatkan agar merubah kebiasaannya tersebut. Menghilangkan kebiasaan gila kerja tidak akan mengurangi produktivitas seseorang asal dilakukan dengan alasan yang tepat dan dengan cara yang tepat. Berikut ini ada 5 cara yang dapat digunakan untuk membantu seseorang mengurangi kebiasaan gila kerjanya, dimulai dengan:

  • 1. Mengenali situasi dan kondisi

  • Sebelum Anda memvonis seseorang mengalami gila kerja ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu situasi dan kondisi yang saat ini dia sedang alami. Sebagai contoh, bila tiba-tiba saja suami Anda bekerja secara rutin dan dalam jangka waktu yang lama melebihi kebiasaan dia sebelumnya, maka carilah tahu apakah dia sedang mengejar target sesuatu, apakah dia sedang mendapat tawaran promosi jabatan, atau sedang menangani suatu proyek yang memang membutuhkan usaha ektra. Dengan terlebih dahulu mengenali situasi dan kondisinya maka Anda akan bisa mencari cara yang tepat bagaimana membantu dia untuk mengubah kebiasannya tersebut.

  • 2. Memperbaiki hubungan pribadi dengan pasangan

  • Ada beberapa kasus tertentu yang secara tiba-tiba membuat seseorang memiliki kebiasaan gila kerja, salah satunya adalah hubungan pernikahan yang tidak harmonis. Seseorang yang gila kerja bisa saja mencari pelarian dari masalah yang saat ini dia sedang hadapi dengan pasangannya, bila di rumah seseorang merasa tidak kerasan maka daripada melampiasakannya ke hal-hal yang negatif seseorang akhirnya melampiasakannya dalam pekerjaannya, dengan bekerja pikiran seseorang dapat teralihkan dari masalah rumit yang sedang dialaminya. Oleh karena itu, jika masalah utama dalam menghadapi seseorang yang gila kerja adalah hubungan yang tidak harmonis dengan pasangannya, satu-satunya jalan keluar untuk mengatasinya adalah dengan memperbaiki hubungan tersebut. Mintalah bantuan dari orang lain dan segeralah perbaiki hubungan Anda agar dapat kembali harmonis sehingga dia dapat segera kembali ke rutinitas pekerjaannya yang normal.

  • Advertisement
  • 3. Membantu mengerjakan tugas-tugasnya

  • Adakalanya tugas berat yang sedang diemban oleh seseorang dalam pekerjaan memaksa dia harus bekerja secara ekstra untuk dapat menyelesaikannya. Tawarkanlah bantuan Anda bila tugas yang sedang dia berusaha untuk selesaikan sampai mengharuskannya membawanya ke rumah. Dengan membantunya menyelesaikan tugas-tugasnya maka beban pekerjaan dia akan sedikit lebih ringan dan bisa lebih cepat untuk diselesaikan.

  • 4. Memberi pengertian bahwa keluarga lebih penting dari pekerjaan

  • Memberi pengertian kepada seseorang yang memiliki kegilaan dalam bekerja memerlukan kesabaran sehingga dia dengan sendirinya dapat menyadarinya tanpa perlu Anda memaksa. Berilah pengertian bahwa ada hal-hal yang hilang selama dia berkecimpung larut dalam kegilaannya dalam bekerja. Ada hal-hal yang telah dia lewatkan, seperti pertumbuhan anak-anaknya dan kurangnya perhatian serta kasih sayang dia kepada Anda. Mungkin dia akan beralasan bahwa dia bekerja keras demi Anda dan anak-anak, namun berilah pengertian bahwa perhatian serta kasih sayang dia lebih berharga daripada materi. Berilah pengertian bahwa anak-anak terus tumbuh menjadi dewasa dan pada akhirnya nanti siap untuk menikah, jangan sampai dia menyesali telah melewatkan masa-masa menyenangkan ketika anak-anaknya masih kecil.

  • 5. Faktor kesehatan

  • Gila kerja selalu memiliki dampak negatif terhadap seseorang, selain bisa mengakibatkan hubungan yang rengang dengan anggota keluarga juga dapat mengakibatkan kesehatan seseorang menurun. Jangan pertaruhkan kesehatan Anda demi memenuhi ambisi untuk mencapai hal-hal yang Anda inginkan. Jika tubuh Anda sakit maka segala sesuatu yang telah Anda dapatkan akan terasa sia-sia karena Anda tidak dapat menikmati jerih payah Anda. Bantu sanak saudara Anda, pasangan Anda, atau anak-anak Anda untuk bisa membagi waktu bekerja dan beristirahat. Bekerja keras sah-sah saja tapi bila sudah melebihi jam istirahat yang sangat diperlukan oleh tubuh maka kepedulian Anda untuk mengingatkannya sangat diharapkan.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

5 Cara Membantu si Gila Kerja

Jangan pertaruhkan kesehatan Anda demi memenuhi ambisi untuk mencapai hal-hal yang Anda inginkan, jika tubuh Anda sakit, maka segala sesuatu yang telah Anda dapatkan akan terasa sia-sia karena Anda tidak dapat menikmati jerih payah Anda.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr