Mengapa Banyak Orang Di Awal Tahun Membuat Komitmen Untuk Berolahraga Secara Teratur Tetapi Gagal Di Tengah Jalan?

Kalau tidak ingin gagal berolahraga secara teratur, kita wajib memahami tujuan sejati olahraga. Tubuh kita diciptakan untuk berburu, tetapi kehidupan modern tidak memungkinkannya, maka diganti olahraga.

697 views   |   shares
  • Ya, mengapa?

  • Yang perlu diingat adalah bahwa tubuh kita diciptakan untuk mempertahankan hidup, atau dalam hal berolahraga adalah untuk 'berburu'. Sebelum manusia menciptakan pasar untuk kegiatan berbelanja, leluhur kita di zaman prasejarah harus memburu (atau kadang-kadang diburu) binatang sebelum mendapatkan makanan mereka. Oleh karena itu tubuh kita dibekali oleh kelenjar adrenalin untuk membuat otot kita mengencang, jendela mata kita terbuka lebar, pori-pori kulit tubuh terbuka siap berkeringat dan sebagainya, agar kita siap melawan atau lari. Kalau adrenalin kita mengalir deras, tetapi kita tidak dapat melawan atau lari (kecuali Anda siap dipecat), misalnya sedang dibentak-bentak oleh bos, maka akan berakibat buruk bagi kesehatan kita.

  • Bila adrenalin terus menerus dipompa dengan deras dalam tubuh kita namun tubuh kita tidak memanfaatkannya, lama kelamaan kita akan mengalami kemunduran fungsi tubuh dan menderita sakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan jantung yang berdebar-debar tidak normal (palpitation) dan kecemasan yang berlebihan.

  • Untuk berburu seseorang harus menggunakan otot padahal sejak bangun tidur kita sudah tidak 'berburu' lagi. Kita sarapan tinggal membuka lemari es untuk mencari makanan beku siap saji atau lemari dapur untuk mengambil sereal atau mie instant. Ke kantor atau tempat kita bekerja pun kita tidak berjalan atau lari, tetapi naik kendaraan umum atau pribadi. Meskipun kita tidak menggunakan otot lagi selama perjalanan, tetapi stres karena kemacetan atau berdesak-desakan dalam kendaraan umum ikut memicu makin buruknya kesehatan kita, belum lagi polusi udara yang kita hirup. Selama di kantor kita pun hanya duduk di depan monitor komputer selama 8 jam atau menggunakan otot yang sangat terbatas. Betapa pun majunya budaya atau peradaban seseorang tubuh kita masih tetap primitif. Itulah sebabnya kita harus berolahraga sebagai ganti 'berburu' untuk memanfaatkan membanjirnya adrenalin dan mengeluarkan toksin polusi lewat pori-pori kulit kita.

  • Dengan memiliki kesadaran inilah maka kita meletakkan hasrat kita untuk berolahraga. Sebenarnya bentuk olahraga juga hanya dua macam, olahraga yang melawan sesuatu atau lari. Olahraga yang melawan sesuatu ini dapat berbentuk ilmu bela diri, seperti tinju, karate, gulat atau kebugaran (melawan gravitasi), yang baru-baru ini ramai dilakukan banyak orang adalah crossfit. Yang lain adalah lari, jogging, lompat tali, lari marathon, termasuk berjalan kaki cepat. Untuk mereka yang berusia lanjut, dianjurkan menaiki tangga sebagai ganti menggunakan lift, memarkir kendaraan agak jauh dari toko serba ada sehingga memaksa seseorang berjalan kaki. Karena tubuh yang aktif akan tetap aktif demikian pemeonya.

  • Advertisement
  • Biasanya kita menyaksikan bintang olahraga kesayangan kita atau kebugaran seperti Arnold Schwarzenegger, atau Kobe Bryant (pemain bola basket) dan lain-lain, lalu kita berangan-angan menjadi seperti mereka. Dari situlah kita memutuskan olahraga apa yang ingin kita tekuni. Tetapi, setelah berusaha beberapa bulan, dan beberapa jam setiap kali berolah raga, setelah merasakan sakitnya, setelah gairah kita diganti dengan pikiran logis kita, kita mulai ragu-ragu kalau kita dapat menjadi seperti mereka. Ditambah lagi dengan tantangan mengurusi pekerjaan, jadwal yang ketat, terjebak kemacetan jalan, terlambat pulang, keluhan anak-anak di rumah dan berbagai tantangan, maka gelembung mimpi kita menjadi seperti tokoh impian kita tiba-tiba meletus dan berantakanlah rencana kita.

  • Memilih Arnold atau Kobe boleh-boleh saja, tetapi hanya sebatas kepada pilihan jenis olahraganya. Kita tahu Arnold adalah atlit kebugaran, jadi pilihannya adalah angkat beban, sedangkan Kobe adalah atlit bola basket, jadi pilihannya adalah bermain bola basket. Setelah itu, kalau memang kita tidak ingin merubah profesi kita menjadi binaragawan atau pemain bola basket profesional, maka sebaiknya kembali kepada ide awal, bahwa tubuh kita diciptakan untuk 'berburu'. Karena kita tidak berburu lagi untuk mempertahankan hidup, maka untuk menjaga kebugaran mesin berburu tersebut, kita sekarang memburu bola atau melawan gravitasi dengan mengangkat beban. Tubuh 'primitif' kita tidak akan membedakan apakah itu berburu beneran atau bukan, karena tubuh kita demikian primirifnya sehingga sebenarnya dia itu bisu (tidak berbicara seperti kita), tuli (tidak dapat diberi tahu), buta (tidak melihat keadaan), yang dimilikinya hanyalah perasaan. Bila otot kita dibebani oleh sesuatu, dia merasa ada 'ancaman', sehingga otot yang paling banyak menerima 'ancaman' tersebut dan otot penunjang lainnya memperkuat diri dengan memanfaatkan adrenalin yang mengalir deras akibat stres dipekerjaan.

  • Mengapa seringkali kita gagal di tengah jalan? Karena tujuan kita tidak masuk akal dan kita tidak tahu alasan sesungguhnya mengapa kita berolahraga. Kalau Anda tidak ingin menjadi atlit profesional, tetapi ingin tetap mempertahankan pekerjaan yang Anda cintai sekarang, maka tujuan berolahraga hendaknya adalah membuat tubuh 'primitif' Anda tetap berfungsi luar dalam seperti dia diciptakan untuk Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Mengapa Banyak Orang Di Awal Tahun Membuat Komitmen Untuk Berolahraga Secara Teratur Tetapi Gagal Di Tengah Jalan?

Kalau tidak ingin gagal berolahraga secara teratur, kita wajib memahami tujuan sejati olahraga. Tubuh kita diciptakan untuk berburu, tetapi kehidupan modern tidak memungkinkannya, maka diganti olahraga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr