Berterima Kasih: Kebiasaan Sederhana Penuh Makna

Mungkin terdengar sederhana, tetapi sebuah ucapan terima kasih bisa menjadi begitu berarti. Itu menandakan kepedulian, rasa syukur, bahkan sopan santun.

6,255 views   |   21 shares
  • Ada suatu kejadian di bulan Januari tahun ini yang membekas dalam ingatan saya. Kejadian sederhana, tetapi dalam maknanya karena kejadian sederhana ini semakin jarang saya temukan sejak saya hidup di kota-kota besar seperti Bekasi, yang katanya budayanya hampir semaju Jakarta. Suatu hari saya dan suami membagikan sesuatu kepada beberapa anak- anak kecil. Dan dari beberapa anak yang menerima pemberian kami, hanya satu anak yang mendatangi suami saya dan dengan malu-malu berkata " Makasih ya om Ronald". Suami saya kaget sekaligus kagum. Bocah ini masih kelas satu SD. Anak-anak yang lain tidak ada yang memiliki inisiatif untuk mendatangi suami saya, rata-rata dari mereka mengucapkan terima kasih kepada saya karena kebetulan sayalah yang membagikan, suami saya hanya melihat dari tempat duduknya. Apa yang kami bagi bukanlah sesuatu yang mewah, bukan pula hal yang besar. Dan kami berdua juga tidak mempermasalahkan adanya ucapan terima kasih ataupun tidak. Apalagi dengan pengalaman suami saya yang sudah lama tinggal di Jakarta dan sekitarnya, di mana ucapan terima kasih adalah hal yang langka dan semakin langka diucapkan oleh seorang anak kecil. Suami saya terkesan dengan tindakan spontan yang sederhana dari anak kecil ini.

  • Kejadian itu cukup membekas di benak saya, karena semenjak saya tinggal di kota besar yang dekat ibukota ini, saya juga semakin jarang mendengar ucapan terima kasih dari mulut anak-anak kecil. Dan kalaupun ada, itu karena orang tuanya, entah ayah atau ibu, memaksa si anak untuk mengucapkan dua kata itu. Sering sekali saya mendengar orang tua memaksa anaknya mengucapkan terima kasih kepada saya di depan saya, dan lebih tidak nyaman lagi ketika si anak ngotot tidak mau melakukan dan si ibu pun marah. Tinggalah saya yang merasa tidak nyaman, seakan saya begitu hausnya ucapan terima kasih sampai membuat pertengkaran antara ibu dan anak.

  • Keadan ini sungguh berbeda dengan masa kecil saya dulu. Ayah saya sebagai orang tua tunggal dengan 4 anak, mendidik kami dan membiasakan kami anak-anaknya untuk mengucapkan terima kasih. Itu mengapa sampai sekarang saya terbiasa bahkan mengucapkan terima kasih pada sopir angkot yang saya tumpangi saat saya membayar ongkos angkot. Ayah saya mendidik saya untuk terbiasa berterima kasih, saya mendidik adik-adik saya melakukan hal sama. Ingat sekali dulu setiap kali kami, saya dan adik perempuan saya, selesai membantu kedua adik laki-laki saya yang lebih kecil, atau memberi mereka sesuatu, kami akan bertanya kepada mereka "Ayo, bilang apa?" Itu kami lakukan sejak mereka masih kecil hingga mereka terbiasa mengucapkan terima kasih. Berikut ini ada beberapa langkah sederhana untuk membiasakan anak Anda mengucapkan terima kasih.

  • Advertisement
    1. Sebenarnya mengajarkan anak untuk menjadi anak yang tahu mengucapkan terima kasih bukanlah hal yang susah. Hanya saja hal ini harus dimulai sejak dini, dan terus dilakukan secara konsisten. Setiap kali anak kita menerima sesuatu, atau mendapatkan suatu bantuan, biasakan dia untuk mengucapakan terima kasih.

    2. Saat memiliki waktu bercengkerama bersama anak Anda adalah waktu yang baik untuk mengajarkan mereka tentang nilai-nilai hidup yang baik, termasuk bersyukur dan salah satu caranya adalah mengucapkan terima kasih. Percakapan sebelum tidur atau dongeng sebelum tidur juga menjadi waktu yang pas untuk menyelipkan pelajaran tentang hal itu.

    3. Selalu, tindakan lebih nyaring terdengar daripada kata-kata. Berikan teladan kepada anak kita dengan memulai kebiasaan itu dari diri kita. Bahkan jangan ragu-ragu untuk mengucapkan terima kasih kepada anak kita ketika bahkan mereka memberikan bantuan sederhana seperti membantu mengambilkan sebuah barang untuk kita. Terkadang orang tua lupa melakukan hal yang mereka minta kepada anak untuk dilakukan.

    4. Menurut saya adalah tidak bijaksana untuk memaksa anak apalagi membentaknya untuk mengucapkan terima kasih kepada seseorang di depan orang yang bersangkutan. Selain itu tidak efektif, seperti saya sudah jelaskan di awal tadi, hal tersebut membuat si penerima terima kasih yang diberikan secara terpaksa itu akan merasa tidak nyaman. Saya adalah salah satu orang yang percaya bahwa kebiasaan baik tidak akan pernah bisa dihasilkan dari paksaan. Itu tumbuh dari kebiasaan yang dibangun melalui teladan dan pengertian.

    5. Jangan lupa untuk memberi pujian bahkan ucapan terima kasih ketika di awal-awal proses membiasakan diri tersebut putra putri kita mengucapkan terima kasih kepada orang lain. Jangan berhenti untuk terus memberi teladan dan pengertian pada anak-anak kita. Jangan sampai kita akan menyesal karena ketika anak-anak kita tumbuh menjadi remaja apalagi dewasa, mereka akan semakin sulit untuk diarahkan. Didik dan ajari serta tanamkan kebiasaan-kebiasaan baik kepada anak kita sedari dini.

  • Percayalah, ketika itu dilakukan dengan landasan kasih dan secara konsisten, itu akan terus diingat oleh anak-anak kita, dan percayalah itu sangat berpengaruh pada pembentukan karakter mereka. Saya adalah contoh hidup teori tersebut. Banyak didikan, ajaran, serta kebiasaan baik yang dibentuk oleh Ayah saya sedari saya kecil masih saya terapkan sampai sekarang. Mungkin terdengar sederhana, tetapi sebuah ucapan terima kasih bisa menjadi begitu berarti. Itu menandakan kepedulian, rasa syukur, bahkan sopan santun. Dan menurut saya, di zaman seperti sekarang, hal sederhana tersebut sungguhlah penuh makna.

  • Advertisement
Bagikan pada teman dan keluarga..

It is my sincere desire and hope that my writing will positively influence readers, and help them be better and happier.

Berterima Kasih: Kebiasaan Sederhana Penuh Makna

Mungkin terdengar sederhana, tetapi sebuah ucapan terima kasih bisa menjadi begitu berarti. Itu menandakan kepedulian, rasa syukur, bahkan sopan santun.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr