Anak Anda Suka Berdusta

Kebiasaan berdusta sangatlah menjengkelkan, bila anak Anda suka berdusta, apa yang harus Anda lakukan untuk mencegahnya?

3,195 views   |   0 shares
  • Anda bertanya kepada anak Anda apakah pekerjaan rumahnya sudah selesai ketika dia menyalakan televisi untuk menonton tayangan film seri kesayangannya. Dia berkata sudah selesai tetapi ketika Anda periksa ternyata dia belum mengerjakannya. Kebiasaan berdusta akan berdampak buruk, bila anak Anda suka berdusta, apa yang harus Anda lakukan untuk mencegahnya?

  • Teladan

  • Pertama-tama, tentu saja Anda harus mengajarkan bahwa berdusta adalah perbuatan buruk. Camkanlah hal ini sedari kecil dan ajarkan juga melalui teladan. Anda tidak dapat memakai aturan ganda, di satu pihak Anda mengajar anak untuk tidak berdusta, di lain pihak Anda boleh berdusta bila dituntut keadaan. Anak Anda adalah pemerhati yang cermat, melihat Anda berdusta dia akan mempertanyakan ajaran Anda. Yang lebih buruk lagi jika Anda menyuruh dia berdusta demi kepentingan Anda sendiri. Misalnya karena Anda tidak ingin diganggu, ketika ada telepon dari seorang teman, Anda menyuruhnya berkata bahwa Anda tidak di rumah. Juga janganlah menakut-nakuti anak Anda yang masih kecil dengan mengatakan bahwa hidungnya akan panjang seperti Pinokio jika dia berbohong. Dia cukup pandai untuk mengukur hidungnya dan mengetahui bahwa perkataan Anda itu dusta. Hal-hal kecil seperti ini memberi dampak yang besar dalam kepribadian seorang anak. Dia akan belajar bahwa keadaan mengizinkan orang untuk berdusta dan bila sudah dewasa orang boleh berdusta.

  • Hukuman

  • Yang dimaksud di sini bukanlah hukuman badan melainkan hukuman dengan cara menyita hak istimewanya. Misalnya biasanya Anda memperbolehkan anak Anda bermain video game setiap akhir pekan, karena dia berdusta Anda menghukumnya dengan melarang dia bermain video game akhir pekan itu. Dalam film Liar Liar tokoh utamanya yang diperankan Jim Carrey menderita karena setiap kali dia ingin berdusta mulutnya mengatakan yang sebenarnya sehingga dia mengalami masalah besar. Merasa terhukum dia mengubah kebiasaan buruknya.

  • Upah

  • Sebaliknya bila anak Anda melakukan sesuatu yang benar, berterus terang sudah memecahkan pot bunga kesayangan Anda pujilah dia atas kejujurannya. Katakanlah bahwa Anda senang dia tidak menyalahkan kucing tetangga dan mengakui kesalahannya. Berilah dia kepercayaan bahwa jika dia jujur Anda tidak akan marah sehingga lain kali dia tidak akan mencoba berbohong untuk menghindari kemarahan Anda.

  • Beritahu akibat buruknya

  • Dusta tidak saja menimbulkan masalah tetapi juga dapat menimbulkan malapetaka. Seorang anak yang tidak mau mengaku kesalahannya bisa saja menderita rasa takut ketahuan sehingga mengganggu kejiwaannya. Ketika anak saya masih kecil dan jatuh di sekolah dia tidak berani bercerita karena takut ayahnya marah. Saya bujuk perlahan-lahan supaya dia mengaku karena dia muntah-muntah, saya beritahu bahwa orang yang jatuh dapat mengalami akibat sangat buruk bahkan kematian bila tidak ditangani dengan semestinya.

  • Advertisement
  • Periksa

  • Dalam contoh anak yang tidak membuat pekerjaan rumah di atas, orang tuanya menemukan dustanya setelah memeriksa sendiri pekerjaan anak itu. Meskipun Anda tidak perlu bertindak seperti polisi yang selalu melakukan pemeriksaan atas setiap tindakan anak Anda, tetapi Anda perlu waspada. Sesekali adakan pemeriksaan dengan demikian Anda menunjukkan bahwa Anda memperhatikan anak Anda. Bila remaja Anda mengatakan bahwa dia akan pergi ke rumah teman untuk menonton bioskop, pastikan bahwa dia tidak pergi ke tempat lain. Beri dia kepercayaan, ajaklah dia mengobrol secara akrab membicarakan film yang baru ditontonnya.

  • Kepercayaan

  • Terutama bagi anak yang sudah remaja, kepercayaan adalah penting. Jika Anda menunjukkan bahwa Anda selalu curiga mengira dia berdusta, hubungan Anda akan memburuk. Tidak saja dia akan berdusta tetapi juga akan melakukan hal-hal yang Anda larang secara sembunyi-sembunyi. Dalam diri mereka ada keinginan untuk mandiri, bebas dari segala larangan dan hal ini membuat mereka ingin berontak, terutama dari hal-hal yang mereka rasa merupakan belenggu bagi kebebasan mereka. Karena itu berilah mereka kelonggaran dan kepercayaan, jalinlah hubungan yang erat, dijamin mereka akan bercerita sejujurnya tentang segala pengalaman mereka.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Anak Anda Suka Berdusta

Kebiasaan berdusta sangatlah menjengkelkan, bila anak Anda suka berdusta, apa yang harus Anda lakukan untuk mencegahnya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr