Jika Kehidupan Anda Penuh dengan Masalah, Solusinya Mencoba Menjadi Seperti Anak Kecil

Semua manusia terlahir sama, semuanya dilahirkan dengan potensi masing-masing yang luar biasa, keseragaman manusia bisa dilihat ketika mereka masih kanak-kanak, baru setelah tumbuh menjadi dewasa akhirnya jadi berbeda.

10,719 views   |   201 shares
  • Berbagai macam tantangan serta kesulitan dalam hidup ini memang ditujukan untuk menempa diri kita, agar bisa mencapai keberhasilan kita diminta agar menjadi kuat menghadapinya. Namun sayangnya, terkadang di bawah berbagai macam tekanan dan tantangan serta kesulitan hidup yang setiap saat datang bertubi-tubi membuat kita kehilangan rasa kasih, kepedulian dan kerendahan hati kepada sesama. Sebuah ungkapan kesombongan akhirnya menyeruak "God only helps those who help themselves", mengabaikan hati nurani, digantikan dengan keangkuhan, iri hati, kedengkian, amarah dan dendam.

  • Sejalan dengan bertambahnya usia manusia menuju kedewasaan, sikap kerendahan hati serta kesabaran yang dahulu pernah kita miliki sewaktu kanak-kanak perlahan-lahan mengalami erosi. Lihatlah kembali anak-anak kecil, perhatikan setiap tingkah lakunya, betapa luar biasanya mereka, bukankah kepolosan yang mereka miliki meneladankan kepada kita tentang kebaikan hati, persahabatan, ketulusan serta kasih?

  • Kemanakah perginya sikap-sikap mulia yang dahulu pernah kita miliki sewaktu masih kanak-kanak, mengapa kita tidak bisa lagi merasakan kedamaiannya sekarang? Seharusnya meskipun telah beranjak dewasa dalam usia kita tidak melupakan hal-hal mulia tersebut, seharusnya kita tetap bisa mengasihi orang lain meskipun kesulitan setiap saat datang menerpa, seharusnya kita tetap memiliki kemampuan untuk bersukacita daripada jatuh ke dalam kesedihan karena beban hidup.

  • Salah seorang kawan pernah berkata, saat kita kecil dulu begitu mudahnya kita tertawa dan merasa bahagia tapi mengapa sekarang kita tidak bisa melakukannya lagi, bahkan dia berpikir ingin rasanya untuk kembali menjadi seperti anak-anak yang tanpa beban. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata anak kecil tertawa sebanyak 300 kali setiap hari, orang dewasa hanya 3 kali sehari, terkadang bahkan tidak sama sekali. Lalu apa yang menyebabkan perubahan tersebut bisa terjadi, siapa yang patut dipersalahkan, apakah kehidupan ini? Jangan pernah berpikir untuk bisa membalik waktu ke masa lalu, hal tersebut tidak akan pernah terjadi. Kemajuan yang dicapai oleh seseorang bukan dengan cara mundur ke belakang, tapi harus mampu untuk bertahan dalam segala situasi dengan tetap terus maju ke depan, melewati serta menghadapi setiap rintangan dengan penuh ketabahan.

  • Lalu apa yang harus kita lakukan untuk bisa mendapatkan kembali kebahagiaan kita? Setiap orang memiliki hak pilihan bebas untuk memutuskan apakah dia akan memilih bahagia atau tidak, jadi dapat dikatakan kitalah yang bertanggung jawab secara penuh terhadap kebahagian kita masing-masing, bukan orang lain. Caranya adalah dengan "Jadilah seperti anak kecil", ya menjadi kembali seperti anak kecil. Pastinya ada yang bertanya-tanya, bagaimana mungkin kita bisa menjadi seperti anak kecil, sedangkan kita telah tumbuh menjadi dewasa, anak-anak kecil tidak memiliki beban karena mereka tidak memiliki masalah, sehingga mereka tetap bisa merasakan sukacita dalam kondisi apa pun.

  • Advertisement
  • Orang dewasa cenderung mengangkat-angkat beban masalah, padahal seharusnya beban tersebut jangan diangkat-angkat, karena malah akan semakin berat. Sifat anak kecil selalu bisa melihat hal-hal positif di balik hal yang negatif. Semua manusia terlahir sama, semuanya dilahirkan dengan potensi masing-masing yang luar biasa, keseragaman manusia bisa dilihat ketika mereka masih kanak-kanak, baru setelah tumbuh menjadi dewasa akhirnya jadi berbeda.

  • Setiap manusia ibarat sebuah komputer, komputer tercanggih yang pernah diciptakan. Namun yang membedakan masing-masing dari "komputer" tersebut adalah program-program yang ditanamkan ke dalamnya, jika sampai salah dalam memasukkan program, maka yang terjadi terhadap "komputer" tersebut adalah lemot bahkan hingga terjadi hang. Demikian pula kehidupan manusia, jika dalam kehidupan kita sering terjadi masalah sepertinya kita perlu untuk memprogram ulang kehidupan kita agar bisa kembali seperti baru.

  • Sifat anak-anak yang selalu berpikir positif, penuh dengan imajinasi, sabar, tulus, pemaaf, jujur, setia kawan dan apa adanya, sepertinya adalah program-program baru yang harus kita tanamkan kembali ke dalam kehidupan kita. Hapuslah segera program-program lama yang selama ini kita miliki yang membuat kehidupan kita penuh dengan masalah, karena jika bukan diri kita yang ingin sebuah perubahan lalu siapa lagi?

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Jika Kehidupan Anda Penuh dengan Masalah, Solusinya Mencoba Menjadi Seperti Anak Kecil

Semua manusia terlahir sama, semuanya dilahirkan dengan potensi masing-masing yang luar biasa, keseragaman manusia bisa dilihat ketika mereka masih kanak-kanak, baru setelah tumbuh menjadi dewasa akhirnya jadi berbeda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr