Kiat agar Uang Tidak Menjadi Tuan dalam Kehidupan Kita

Barangsiapa mencintai uang ia tidak akan pernah puas dengan uangnya, dan barang siapa mencintai kekayaan duniawi, maka ia tidak akan pernah puas dengan apa yang telah dimilikinya.

15,619 views   |   13 shares
  • Kebutuhan manusia terhadap uang sebagai alat pembayaran yang sah telah membuat fungsi uang menjadi segala-galanya dalam kehidupan ini. Memang benar dengan uang seseorang bisa membeli berbagai hal yang diinginkannya dan dengan uang pula seseorang bisa dihormati, namun ketahuilah bahwa kebahagiaan sejati tidak hanya bisa kita peroleh melalui kepemilikan uang semata.

  • Sah-sah saja bila tujuan kita bekerja keras untuk mencari uang adalah demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik, namun dalam mencari kebahagiaan dan kehidupan yang lebih baik tak sedikit orang yang terjerumus dan akhirnya menjadi hamba uang. Seorang penulis besar pernah mengatakan, "Akar segala kejahatan adalah cinta uang." Uang merupakan godaan terbesar manusia untuk melupakan Tuhan, karena seseorang yang telah menjadi hamba uang mereka cenderung untuk menjadi angkuh, meremehkan orang lain dan mau menangnya sendiri.

  • Cukupilah diri kita dengan apa yang ada pada kita, hal ini bukan bertujuan untuk mengajak kita agar hidup sengsara, melainkan mengajak untuk menerapkan pola hidup sederhana. Barangsiapa mencintai uang ia tidak akan pernah puas dengan uangnya, dan barang siapa mencintai kekayaan duniawi, maka ia tidak akan pernah puas dengan apa yang telah dimilikinya.

  • Karena sifat dari uang yang hanya membawa "kehampaan", cara Anda dalam memanfaatkan uang yang Anda miliki bisa menentukan tingkat kebahagiaan Anda. Agar tidak sampai menjadi hamba uang, berikut cara yang bisa kita lakukan agar uang yang kita miliki tidak sampai menjadi "tuan" dalam kehidupan kita:

  • 1. Meluangkan waktu bersama keluarga

  • Prioritaskan waktu bersama dengan keluarga kita sebagai hal yang utama. Hindarilah menjadi seseorang yang gila kerja, waktu terus berjalan dan tidak akan pernah kembali, kebersamaan Anda dan keluarga Anda tidak akan bertahan selamanya, akan tiba masanya anggota keluarga Anda masing-masing akan berpisah satu dengan yang lain, jangan sampai Anda menyesalinya kelak di kemudian hari.

  • 2. Beramal

  • Keberhasilan kita dalam karir atau dalam usaha kita, belum tentu juga dialami oleh orang lain. Ada begitu banyak saudara kita yang tidak seberuntung kita di luar sana, Tuhan berfirman bahwa sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang yang memiliki kelebihan hendaknya membantu saudaranya yang kekurangan. Ada banyak contoh orang-orang yang telah sukses menjadi jauh lebih sukses karena mereka beramal dengan murah hati, dan jika kita merasa belum mencapai kesuksesan dalam karir atau usaha janganlah pernah berpikir untuk menunda beramal. Janganlah kuatir dengan apa dan seberapa banyak yang akan kita sumbangkan, kita tidak akan jatuh miskin sewaktu memiliki keinginan yang tulus untuk menolong orang lain, karena Tuhan melihat dan menilai ketulusan hati kita bukan dari seberapa banyak jumlah yang kita sumbangkan.

  • Advertisement
  • 3. Pendidikan

  • Pendidikan adalah ilmu yang tidak akan pernah lekang oleh waktu, oleh karena itu keberhasilan seseorang tidak akan maksimal bila tidak dibarengi dengan pendidikan yang baik. Hendaknya kita tidak mengesampingkan pentingnya pendidikan, uang yang kita miliki suatu saat bisa habis, namun ilmu pengetahuan yang kita miliki bersifat kekal.

  • 4. Kerohanian

  • Kebutuhan duniawi serta rohani dalam kehidupan ini haruslah seimbang, seseorang yang lebih mementingkan kebutuhan duniawi di atas segala-galanya dapat dipastikan bahwa orang tersebut tidak akan pernah merasakan kebahagiaan. Janganlah kita sampai dibutakan oleh hal-hal duniawi (uang) dengan mengesampingkan kebahagiaan sejati yang hanya bisa kita peroleh melalui kerohanian yang baik.

  • 5. Tidak bergaya hidup mewah

  • Batasilah keinginan untuk membeli barang-barang mewah, hal ini bukan bertujuan untuk melarang kita memilikinya, namun ketika kita berusaha menekan hawa nafsu kita akan keinginan untuk memiliki barang-barang mewah, maka kita akan bisa memanfaatkan uang yang kita miliki untuk bisa dimanfaatkan guna keperluan lain yang lebih bermanfaat.

  • 6. Hindarilah hutang

  • Hutang yang kita miliki akan memaksa kita untuk bekerja keras demi melunasinya, oleh karena itu berusahalah sebisa mungkin untuk menghindari hutang, kehidupan kita akan terasa tenang dan kita tidak akan sampai diperbudak oleh uang bila kita bisa menghindari hutang dalam kehidupan sehari-hari kita.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Kiat agar Uang Tidak Menjadi Tuan dalam Kehidupan Kita

Barangsiapa mencintai uang ia tidak akan pernah puas dengan uangnya, dan barang siapa mencintai kekayaan duniawi, maka ia tidak akan pernah puas dengan apa yang telah dimilikinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr