5 Cara untuk Menjadi Bahagia

Saya memutuskan sejak lama bahwa menggerutu tidaklah menyenangkan dan hanya akan mematahkan semangat saya. Sejak saat itu, saya membuat pilihan dan melalui proses penemuan diri, saya menemukan lima cara untuk menjadi bahagia.

6,436 views   |   shares
  • Sebagian besar dari kita akrab dengan “pola cuaca” pribadi masing-masing. Ada saat ketika hujan deras tiba-tiba datang dan mengancam merusak hari kita. Ketika ini terjadi, kita biasanya punya 2 pilihan: pakai jas hujan dan melanjutkan kegiatan, atau kehujanan. Bagaimana jika Anda tidak punya jas hujan, apa yang akan Anda lakukan? Saya mandi hujan – dan saya menikmatinya!

  • Saya benar-benar kehujanan pada suatu kesempatan. Waktu itu adalah musim panas terkering dan orang-orang tidak menyangka akan ada hujan deras secepat itu. Ada saat-saat lain ketika saya juga kehujanan, triknya adalah apakah Anda membiarkan hujan mematahkan semangat Anda – atau tidak. Saya memutuskan sejak lama bahwa menggerutu tidaklah menyenangkan dan hanya akan mematahkan semangat saya. Sejak saat itu, saya membuat pilihan dan melalui proses penemuan jati diri, saya menemukan lima cara untuk menjadi bahagia.

  • 1. Pilihlah untuk menjadi bahagia

  • Terkadang pilihan harfiah harus Anda buat secara batiniah. Ini adalah gambaran dalam benak Anda tentang persimpangan jalan dimana satu jalan menuju kebahagiaan dan satu jalan menuju kesedihan. Saya suka menggunakan analogi berselancar: seringkali, cara Anda melihat menentukan arah yang Anda tuju. Jika Anda merasa bahagia dan melihat ke atas, Anda akan menuju ke atas.

  • 2. Gantilah pikiran buruk dengan pikiran yang menyenangkan

  • Dalam kelas psikologi olahraga, saya diajarkan contoh nyata para atlet yang menggambarkan rambu tanda berhenti dalam pikiran mereka setiap kali pikiran yang mengecilkan hati muncul. Rambu tanda berhenti itu menandakan bahwa mereka harus berhenti berkecil hati dan berubah. Setiap kali Anda mempunyai pikiran yang mengecilkan hati, gantilah dengan pikiran yang menyenangkan.

  • 3. Beristirahatlah

  • Tidak banyak dari kita mampu membuat keputusan paling rasional ketika sedang marah. Beristirahatlah, pulihkan diri Anda, dan kembalilah ketika Anda punya gambaran lebih jelas tentang apa yang harus dilakukan. Menjadi marah tidak menghasilkan tindakan produktif.

  • 4. Lakukan sesuatu yang menyenangkan

  • Mudah-mudahan ketika memilih untuk bersenang-senang, kita memilih untuk melakukan sesuatu yang konstruktif yang akan menolong kita dalam jangka panjang. Misalnya, sesuatu yang menyenangkan bisa saja berbicara di telepon dengan seorang teman, berolahraga atau mengerjakan hobi tertentu. Saya sangat suka coklat, tetapi makan coklat tidak selalu merupakan pilihan yang bijaksana.

  • 5. Hitunglah berkatmu

  • Advertisement
  • Terlepas dari keadaan Anda, akan selalu ada hal-hal yang patut Anda syukuri. Satu kali saya sedang menyekop batu-batu dengan teman sekamar saya dan dia mulai berkomentar bahwa sangat menyenangkan melakukan ini bersama dan bahwa ini adalah hari yang cerah. Kami bersenang-senang hari itu.

  • Pilihlah untuk menjadi bahagia, dan lakukanlah hari ini. Ya, ada waktu untuk bersedih, tetapi cepat gantikan dengan kebahagiaan. Ini baik bagi kesehatan, ini meningkatkan pandangan Anda terhadap kehidupan dan saya juga percaya ini menular. Bagaimana Anda akan menyebarkan kebahagiaan hari ini?

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "5 ways to be happy" karya Gina Baker.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Gina is a nurse, mom, entrepreneur, photographer, artist in training, athlete and more. She graduated with a masters degree in nursing informatics.

Situs: http://chocolatepeaces.com

5 Cara untuk Menjadi Bahagia

Saya memutuskan sejak lama bahwa menggerutu tidaklah menyenangkan dan hanya akan mematahkan semangat saya. Sejak saat itu, saya membuat pilihan dan melalui proses penemuan diri, saya menemukan lima cara untuk menjadi bahagia.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr