Coklat dan Khasiatnya

Kabar baik bagi Anda penggemar coklat. Menurut para ilmuwan flavanol, antioksidan berasal dari biji kakao sangatlah berkhasiat bagi otak, jantung, tekanan darah dan satu lagi, kemampuan misterius untuk meningkatkan metabolisme.

10,693 views   |   3 shares
  • Kabar baik bagi Anda penggemar coklat. Menurut para ilmuwan flavanol, antioksidan berasal dari biji kakao sangatlah berkhasiat bagi otak, jantung, tekanan darah dan satu lagi, kemampuan misterius untuk meningkatkan metabolisme. Karena khasiat-khasiatnya ini para ilmuwan mempertimbangkan untuk membuat pil atau kapsul kakao. Tentu saja ini kabar bagus karena Anda dapat menelannya tanpa tambahan gula, kalori dan lemak, walau sayangnya ini menghilangkan rasa lezatnya yang selangit.

  • Mencegah sakit jantung

  • Para peneliti di Sekolah Medis Harvard baru-baru ini mengumumkan akan mengadakan riset dengan biaya jutaan dolar untuk mengetahui dengan tepat khasiat sesungguhnya flavanol dari kakao bila dikonsumsi dalam bentuk kapsul. Percobaan klinis ini akan menguji apakah flavanol mengurangi resiko serangan jantung, stroke, dan kematian karena sakit jantung pada diri 18.000 pria dan wanita di seluruh AS. Sementara studi awal menunjukkan bahwa flavanol dari kakao memiliki khasiat melindungi jantung (termasuk menurunkan tekanan darah, kolesterol dan membantu produksi insulin di samping memperlebar urat nadi darah), Howard D. Sesso, dosen di Sekolah Medis Harvard, menyatakan bahwa studi itu belum tuntas dan kurang mendalam.

  • Khasiat lain

  • Namun ini bukanlah satu-satunya penelitian yang menyebutkan khasiat coklat. Sebuah penelitian lain menunjukkan bahwa minum coklat panas setiap hari menambah daya ingat dan meningkatkan aliran darah ke otak. Sebuah penelitian di tahun 2009 menemukan bahwa coklat yang mengandung kadar flavanol tinggi membantu melindungi kulit dari sinar ultra violet matahari. Makin banyak penelitian yang juga menyatakan bahwa kandungan flavanol dalam coklat dapat meningkatkan pembentukan insulin dalam tubuh. Bayangkan penderita diabetes dapat menikmati coklat—tentunya yang hitam pekat dan kadar gulanya sedikit.

  • Menurunkan berat badan

  • Kemudian ada satu lagi berita manis bagi para pencinta coklat, mungkin ini berita yang terbaik: makan coklat, terutama yang hitam, dapat membantu Anda menurunkan berat badan! Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas California di San Diego pada tahun 2012 menunjukkan bahwa orang yang sering makan coklat mempunyai BMI (Body Mass Index) lebih rendah dibandingkan mereka yang jarang atau tidak pernah makan coklat. Bahkan orang yang makan coklat seminggu lima kali berat badannya lebih ringan 3kg atau lebih daripada orang yang tidak makan coklat. Sebuah penelitian di Spanyol membuktikan bahwa 1500 remaja pemakan coklat mempunyai perut yang lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak makan coklat.

  • Advertisement
  • Meningkatkan metabolisme

  • Bagaimana dampak metabolisme yang tampaknya bertolak belakang ini dapat dijelaskan? Beatrice A. Golomb, ahli internis yang ikut melakukan penelitian di San Diego mengatakan bahwa antioksidan dan kandungan lain dalam coklat meningkatkan cara Anda menggunakan energi, antara lain dengan membantu aliran darah dan memproduksi urat-urat nadi kecil yang memungkinkan oksigen dan nutrisi dialirkan dengan lebih baik. Hal inilah yang membantu metabolisme. Jadi coklat memang mengandung kalori, tetapi juga mempengaruhi bagaimana tubuh Anda memproses semua kalori.

  • Kalau begitu apakah Anda boleh sesuka hati makan M&M atau Cadburry? Jelasnya: jumlah coklat yang dimakan oleh orang-orang yang berperan serta dalam penelitian di atas sangatlah terbatas, kurang dari satu ons atau satu keping dan coklatnya juga yang bermutu tinggi, makin hitam makin baik. Sejak dulu penelitian menunjukkan bahwa coklat hitam lebih baik daripada coklat susu karena membantu mengurangi keinginan untuk ngemil makanan kecil, baik yang manis, asin atau berlemak. Bila Anda bukan penggemar coklat, Anda dapat menaburkan sedikit bubuk kakao di es jus, mengaduknya dengan yoghurt atau bubur havermot.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Coklat dan Khasiatnya

Kabar baik bagi Anda penggemar coklat. Menurut para ilmuwan flavanol, antioksidan berasal dari biji kakao sangatlah berkhasiat bagi otak, jantung, tekanan darah dan satu lagi, kemampuan misterius untuk meningkatkan metabolisme.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr